Friday, November 6

11 Tips Merawat Rambut Untuk Wanita Berhijab (sumber: dokumentasi pribadi indahladya.com)

Rambut adalah mahkota perempuan. Sebagaimana mahkota yang berharga, maka kamu perlu melakukan perawatan terhadap rambutmu agar terhindar dari berbagai kerusakan dan masalah kesehatan rambut lainnya.

Masalah yang paling sering dialami oleh sebagian besar wanita Indonesia adalah rambut rontok, ketombe, dan juga mudah patah. Beberapa masalah ini biasanya merupakan hal yang bakal berputar disitu-situ saja jika kamu tidak melakukan perawatan terhadap rambutmu secara rutin.

Terutama untuk wanita berhijab, biasanya masalah rambut ini seringkali dianggap tidak terlalu penting, katanya sih “kan gak keliatan juga”. Padahal, gak keliatan bukan berarti gak penting kan? Nah, beberapa tips di bawah ini bisa kamu coba untuk merawat rambut versi wanita berhijab.

Tidak Mengikat Rambut Terlalu Kencang

Tidak Mengikat Rambut Terlalu Kencang (sumber: dokumentasi pribadi indahladya.com)

Salah satu kesalahan yang sering dilakukan oleh perempuan berhijab adalah mengikat rambut terlalu kencang. Mungkin memang akan merepotkan jika kamu memiliki ikat rambut yang terlalu longgar saat berhijab sehingga membuatmu harus membenarkan ikatan tersebut berulang kali.

Namun, mengikat rambut terlalu kencang justru akan menjadi tidak baik loh. Mengikat rambut dengan terlalu kencang akan membuat rambutmu tertarik lebih kuat sehingga akan menyebabkan rambut menjadi mudah patah dan rontok.

Menyisir Mulai Dari Ujung Rambut

Menyisir Mulai Dari Ujung Rambut (sumber: dokumentasi pribadi indahladya.com)

Meskipun kegiatan menyisir rambut ini termasuk hal yang sederhana. Namun, tetap ada beberapa aturan yang harus diperhatikan loh. Seperti halnya untuk menyisir mulai dari ujung rambut. Hal ini untuk meminimalisir rambutmu tertarik dengan keras sehingga menyebabkan permasalahan rontok menjadi lebih parah.

Menyisir rambut langsung dari pangkalnya tidak hanya membuat rambutmu mudah rontok, tetapi juga akan membuat proses menyisir ini menjadi lebih menyakitkan bukan? Apalagi jika rambutmu termasuk tipe rambut yang gampang kusut.

Menggunakan Sisir Bergigi Jarang

Menggunakan Sisi Bergigi Jarang (sumber: dokumentasi pribadi indahladya.com)

Secara umum, sisir rambut ini terbagi menjadi dua jenis, yaitu sisir bergigi rapat dan sisir bergigi jarang. Sisir yang bergigi rapat mungkin tidak akan menjadi masalah jika digunakan pada pemilik rambut yang lurus dan mudah diatur. Namun, berbeda ceritanya dengan rambut yang gampang kusut.

Rambut yang gampang kusut ini biasanya dimiliki oleh beberapa wanita dengan tipikal rambut bergelombang hingga keriting. Nah, untuk pemilik rambut seperti ini sebaiknya kamu menggunakan sisir yang bergigi jarang ya!

Penggunaan sisir bergigi jarang akan mengurangi risiko kerontokan pada rambut dan tentunya akan mempermudah prosesmu selama menyisir rambut. Hasilnya, rambut pun akan menjadi lebih diatur.

Jangan Terlalu Sering Menyisir Rambut

Jangan Terlalu Sering Menyisir Rambut (sumber: dokumentasi pribadi indahladya.com)

Sebagian orang beranggapan bahwa kita harus selalu menyisir rambut supaya tidak mudah kusut. Namun, para pakar berpendapat bahwa jarang menyisir rambut justru akan meminimalisir kerusakan dari rambut ini sendiri.

Ketika kamu menyisir rambut, maka kamu telah mentransfer sebum dari kulit kepala ke seluruh bagian rambut. Nah, untuk yang memiliki tipikal rambut berminyak, maka hal ini akan membuat rambutku akan menjadi lebih mudah berminyak.

Oleh karena itu, sebaiknya kurangi frekuensimu dalam menyisir rambut, seperti setiap sebelum dan setelah mandi saja, atau jika memang di beberapa kondisi tertentu yang mengharuskan dirimu untuk menyisir rambut.

Mengeringkan Rambut Sebelum Berhijab

Mengeringkan Rambut Sebelum Berhijab (sumber: dokumentasi pribadi indahladya.com)

Kesalahan yang sering dilakukan oleh beberapa wanita berhijab lainnya adalah kebiasaan menggunakan hijab sebelum memastikan rambut benar-benar kering. Biasanya ketika dalam keadaan mendesak, kamu jadi terburu-buru harus menggunakan hijabmu sesaat setelah kamu keramas.

Hal yang perlu kamu ketahui adalah, rambut yang basah akan cenderung lebih sensitif. Selain lebih rentan terhadap kerusakan rambut rontok, menutup rambut sebelum kering juga akan menimbulkan berbagai masalah seperti ketombe.

Memilih Bahan Dasar Hijab yang Baik

Memilih Bahan Dasar Hijab yang Baik (sumber: dokumentasi pribadi indahladya.com)

Meskipun seringkali diabaikan, tetapi rambut juga butuh bernafas loh! Dengan memilih bahan dasar hijab yang nyaman dan mudah menyerap keringat, maka akan membuat rambutmu terhindar dari berbagai kerusakan rambut.

Sebaiknya gunakan hijab berbahan dasar katun yang dapat menghantarkan udara lebih baik ke kulit kepalamu. Selain itu, penggunaan warna pada hijab pun sebaiknya diperhatikan ya! Karena penggunaan hjiab berwarna hitam saat cuaca panas akan membuat kulit kepalaku menjadi lebih mudah gerah, alhasil rambutmu menjadi lebih gampang berketombe.

Menggerai Rambut Ketika Berada di Rumah

Menggerai Rambut Ketika Berada di Rumah (sumber: dokumentasi pribadi indahladya.com)

Setelah seharian beraktivitas di luar rumah, maka hal yang harus diperhatikan adalah keadaan rambut ketika telah tiba di rumah. Mengikat dan menutup rambutmu seharian pasti telah membuat rambutmu jenuh, sehingga kamu butuh untuk sesekali menggerai rambutmu. Ingat, kulit kepala dan rambutmu pun butuh bernafas loh!

Mencuci Rambut Secara Berkala

Mencuci Rambut Secara Berkala (sumber: dokumentasi pribadi indahladya.com)

Hal yang sering diabaikan oleh sebagian wanita berhijab adalah frekuensi mencuci rambutnya. Dengan dalih terburu-buru sehingga takut menggunakan hijab dengan rambut dalam keadaan basah, maka biasanya kamu cenderung memilih untuk menunda waktu keramasmu.

Sebenarnya hal ini bisa dibenarkan jika saat itu kamu memang dalam keadaan mendesak dan terburu-buru. Namun, jika hal ini sudah sangat sering terjadi, hmm itu mah cuma jadi akal-akalanmu saja karena malas mencuci rambutmu. Sebaiknya kamu mencuci rambutmu paling tidak dua hari sekali. Hal ini bisa membersihkan kulit kepala dan rambutmu dari berbagai debu dan kotoran, alhasil juga akan membuatmu terhindar dari berbagai kerusakan rambut, bukan?

Memotong Ujung Rambut Secara Berkala

Memotong Ujung Rambut Secara Berkala (sumber: dokumentasi pribadi indahladya.com)

Bagian ujung rambut merupakan salah satu bagian yang paling sering bermasalah. Adapun salah satu masalah yang paling sering dihadapi adalah ujung rambut yang bercabang. Meskipun terlihat sepele, sebenarnya ujung rambut yang bercabang ini dapat mengganggu penampilanmu loh. Rambutmu akan terlihat menjadi lebih megar ketika memiliki banyak ujung rambut yang bercabang.

Hal yang sebaiknya dilakukan adalah dengan memotong ujung rambut secara berkala, seperti setiap 3 hingga 6 bulan sekali. Selain untuk mencegah rambut bercabang, hal ini juga akan membuat rambutmu menjadi terlihat rapi dan lebih mudah diatur.

Menggunakan Vitamin Rambut

Menggunakan Vitamin Rambut (sumber: dokumentasi pribadi indahladya.com)

Penggunaan vitamin pada rambut merupakan salah satu senjata utama yang paling ampuh untuk digunakan oleh setiap wanita, bahkan tidak hanya untuk wanita berhijab saja. Ada banyak sekali jenis produk perawatan rambut yang mengandung banyak vitamin untuk membuat rambutmu terhindari dari berbagai jenis kerusakan.

Namun, aku pribadi lebih memilih untuk menggunakan tipe hair serum. Menurutku, penggunaan hair serum ini sangat penting karena akan mem-prepare rambutmu agar menjadi lebih mudah diatur di keesokan harinya. That’s why, produk ini tidak hanya ditujukan untuk wanita berhijab saja.

Kerastase 8H Magic Night Serum (sumber: dokumentasi pribadi indahladya.com)

Salah satu hair serum yang sering aku gunakan adalah K√®rastase 8H Magic Night Serum. Salah satu produk perawatan rambut dari K√®rastase ini merupakan serum rambut yang diformulasikan untuk menutrisi rambut yang kering. Dilengkapi dengan Iris Root extract dan kombinasi 5 macam vitamin yang dapat mengembalikan keseimbangan nutrisi pada rambut.

Menurutku, tekstur yang dihasilkan dari hair serum ini cukup creamy tetapi sangat mudah menyerap setelah diaplikasikan. Selama penggunaan hampir kurang lebih 1 bulan, hasil yang aku dapatkan berupa rambut yang menjadi jauh lebih halus daripada sebelumnya. This is a holy grail if you have a frizzy hair. You have to try that!

Jangan Menjadikan Hijab Sebagai Alasan

Jangan Menjadikan Hijab Sebagai Alasan (sumber: dokumentasi pribadi indahladya.com)

Last but not least, penting bagi kita untuk selalu menjaga kesehatan rambut meskipun bagi wanita berhijab, rambut bukan menjadi salah satu hal yang diperlihatkan. Toh, kalau rambutmu sehat kan kamu juga yang seneng nantinya. Jadi, jangan lupa untuk selalu merawat rambutmu ya!

 

IndahLadya


Baca Juga :

Cara Tepat Mengatasi Telapak Tangan Kering di Tengah Pandemi Covid-19 

Everything About Ladya . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates