Saturday, November 7

8 Etika Berkirim Pesan Online (sumber: dokumentasi pribadi indahladya.com)

Di era digital saat ini, komunikasi merupakan suatu hal yang tidak bisa ditinggalkan. Melalui pesan chat berbasis online, maka kamu sudah bisa berhubungan satu sama lain dengan orang-orang terdekatmu.

Meskipun tidak selamanya formal, tetapi beberapa hal berikut ini perlu kamu perhatikan ketika akan berkirim pesan online kepada orang lain. Yuk, simak ulasannya berikut ini!

Mengucapkan Salam Pembuka

Mengucapkan Salam Pembuka (sumber: dokumentasi pribadi indahladya.com)

Ketika kamu memulai suatu percakapan via online, maka sebaiknya sampaikan salam pembuka di awal percakapan tersebut. Tidak perlu terlalu formal, at least, salam pembuka seperti sekedar “Halo” akan membuat dirimu terlihat lebih sopan dibanding dengan mengawali percakapan dengan mengirim pesan “P” saja. C’mon, ini gak sopan banget ya! Apalagi jika kamu mengirim pesan untuk orang yang lebih senior dibanding dirimu sendiri.

Memperkenalkan Diri

Memperkenalkan Diri (sumber: dokumentasi pribadi indahladya.com)

Jika kamu akan mengirim pesan online kepada seseorang yang mungkin belum mengenalmu, maka sebaiknya perkenalkan diri di awal. Jangan sampai, kamu sudah menyampaikan berbagai maksud dan tujuanmu, tetapi lupa memperkenalkan diri sendiri. Apalagi jika pesan ini ditujukan secara formal, seperti untuk dosen ataupun rekan bisnismu.

Tahu dengan Siapa Berbicara

Tahu Dengan Siapa Berbicara (sumber: dokumentasi pribadi indahladya.com)

Untuk menghargai seseorang, kita perlu menempatkan diri sebaik mungkin. Mungkin hal ini tidak akan menjadi masalah jika kamu berkirim pesan dengan orang yang memang sudah mengenalmu dengan baik. Namun, jika kamu mengirimkan pesan untuk orang yang hanya “sekedar tahu”, sebaiknya jangan gunakan emoji terlalu berlebihan ya! Kamu gak mau kan orang jadi guilty karena isi pesanmu yang terlihat terlalu freak?

Menyampaikan Maksud dan Tujuan dengan Jelas

Menyampaikan Maksud dan Tujuan Dengan Jelas (sumber: dokumentasi pribadi indahladya.com)

Saat mengirimkan pesan, sebaiknya kamu menyampaikan maksud dan tujuanmu dengan jelas ya! Hindari penggunaan kalimat yang ambigu sehingga menyulitkan si penerima pesan untuk mencerna isi pesanmu tersebut.

Hindari Penggunaan Bahasa Kekinian yang Kasar

Hindari Penggunaan Bahasa Kekinian yang Kasar (sumber: dokumentasi pribadi indahladya.com)

Dewasa ini kita seringkali menemukan berbagai bahasa kekinian yang ternyata bermakna kasar. Again, cobalah untuk memposisikan diri sebaik mungkin. Kita perlu tahu dengan siapa kita berbicara. Jangan sampai kamu malah menyakiti hati lawan bicaramu karena penggunaan bahasa kekinian nan kasar ini ya! Karena terkadang bercandamu seringkali gak sebercanda itu untuk perasaan orang lain.

Read Doang Itu Gak Sopan!

Read Doang Itu Gak Sopan! (sumber: dokumentasi pribadi indahladya.com)

Etika selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah ketika menerima pesan, sebaiknya jangan di-read aja ya guys! Apalagi jika kamu termasuk orang yang mengirimkan pesan lebih dulu kepada orang lain, I mean, kamu yang butuh dia. Nah, jangan sampai setelah kamu mendapatkan apa yang kamu butuhkan eh jadi menghilang begitu saja tanpa mengucapkan terima kasih.

Biasakanlah untuk mengucapkan terima kasih ketika seseorang telah membantu kita ya! Karena meskipun terdengar sederhana. Namun, dampak yang dirasakan bisa banyak banget loh, salah satunya adalah kamu akan terlihat lebih sopan di mata orang yang menjadi lawan bicaramu saat itu.

Tidak Menunda Membalas Pesan

Tidak Menunda Membalas Pesan (sumber: dokumentasi pribadi indahladya.com)

Kesalahan paling umum lainnya ketika mengirim pesan secara online adalah menunda untuk membalas pesan. Jujur, hal ini ngeselin banget kan? Apalagi jika kamu membutuhkan jawaban secepatnya karena dianggap penting dan mendesak. Sebagai lawan bicara yang baik, maka sebaiknya usahakanlah untuk membalas pesan tersebut sesaat setelah kamu menyelesaikan kesibukanmu pada saat itu.

Selalu Pamit

Selalu Pamit (sumber: dokumentasi pribadi indahladya.com)

Last but not least, hal penting yang perlu diperhatikan selanjutnya adalah jangan lupa untuk selalu pamit di akhir percakapan. Jika di awal percakapan tadi kamu memulainya dengan mengucpkan salam, maka akhirilah percakapan tersebut dengan salam pula.

Tidak ada salahnya untuk mengucapkan kalimat sederhana seperti “sampai jumpa besok” atau apapun itu yang dianggap sopan. Selain itu, hal ini juga akan membuatmu menjadi terlihat lebih ramah loh!

Nah, jadi itu dia 7 tips yang perlu kamu perhatikan ketika akan berkirim pesan online dengan orang lain. Jangan sampai hubunganmu dengan seseorang menjadi lebih renggang karena salah paham seputar pesan online ini ya! Apalagi pesan yang kita kirimkan seringkali memiliki nada yang berbeda jika dibacakan oleh orang lain. Again, usahakanlah untuk tidak mengirimkan pesan yang ambigu.

So yeah, selamat mencoba dan jangan pernah lelah untuk selalu belajar menjadi lebih baik ya!

 

IndahLadya 

Everything About Ladya . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates