Thursday, November 26

7 Manfaat Mengonsumsi Sayur (sumber: dokumentasi pribadi indahladya.com)

Dari kecil kita sudah biasa mendengar ungkapan-ungkapan seperti “makan sayur ya biar sehat!”. Nah, tentu bukan kalimat yang asing bagi kita, kan? Namun, sebenarnya kamu tahu gak sih definisi “makan sayur biar sehat” ini apa? Yuk, simak 7 manfaat yang bisa kamu rasakan dari mengonsumsi sayur secara rutin.

Menyehatkan Kulit

Menyehatkan Kulit (sumber: dokumentasi pribadi indahladya.com)

Sayur-sayuran yang mengandung zat antioksidan seperti kol dan terong tentunya akan membuat kulit wajahmu terlihat lebih sehat. Hal ini dikarenakan zat antioksidan mampu melindungi kulit dari paparan radikal bebas yang membuat kulitmu menjadi cepat keriput. Gak heran ya kalau orang yang biasa makan sayur akan terlihat lebih muda?

Menjaga Kesehatan Mata

Menjaga Kesehatan Mata (sumber: dokumentasi pribadi indahladya.com)

Seperti yang telah kita ketahui sebelumnya, bahwa salah satu jenis sayuran bernama wortel merupakan sayuran yang penting dalam menjaga kesehatan mata. Apalagi di masa pandemi saat ini yang mengharuskan segala sesuatunya dilakukan secara online, alhasil kamu harus menatap layar laptopmu dalam waktu yang lama bukan? Nah, jadi jangan lupa untuk membiasakan mengonsumsi sayur setiap harinya ya!

Membantu Proses Pencernaan

Membantu Proses Pencernaan (sumber: dokumentasi pribadi indahladya.com)

Sayur mengandung serat yang tinggi yang mampu memperlancar proses pembuangan sisa makanan yang telah diserap oleh tubuh kita. Dilansir dari sehatq.com, serat merupakan komponen penting yang dapat mencegah timbulnya konstipasi (sembelit) serta gangguan pencernaan lainnya. Bahkan serta ini juga bisa menurunkan risiko kanker usus besar loh!

Sumber Energi Tubuh

Sumber Energi Tubuh (sumber: dokumentasi pribadi indahladya.com)

Sayur-sayuran biasa dijadikan opsi makanan untuk para pejuang diet. Nah, hal ini dikarenakan sayur juga mengandung karbohidrat, seperti kentang, sehingga mampu membuat tubuh merasa kenyang lebih lama. Selain itu, dibandingkan mengonsumsi daging, mengonsumsi sayur akan membuat tubuh kita terasa lebih enteng loh!

Mempertahankan Berat Badan Seimbang

Mempertahankan Berat Badan Seimbang (sumber: dokumentasi pribadi indahladya.com)

Masih berhubungan dengan poin sebelumnya, sayuran hijau merupakan komponen makanan yang rendah lemak dan kalori sehingga cocok untuk dikonsumsi beberapa orang yang ingin menurunkan berat badannya.

Mengurangi Stres Berlebih

Mengurangi Stres Berlebih (sumber: dokumentasi pribadi indahladya.com)

Sayur-sayuran berdaun hijau seperti bayam mengandung mineral seperti magnesium. Nah, mineral ini sangat penting untuk membantu meregulasi kortisol. Hormon kortisol berperan pada penggunaan gula atau glukosa dan lemak dalam metabolisme tubuh untuk menyediakan energi. Selain itu, hormon kortisol juga berfungsi mengendalikan stres berlebih (alodokter.com).

Detoksifikasi

Detoksifikasi (sumber: dokumentasi pribadi indahladya.com)

Manfaat yang tak kalah pentingnya dari mengonsumsi sayur secara teratur adalah detoksifikasi. Sayuran mampu mendetoksifikasi tubuh dengan cara mengeluarkan racun secara alami dari dalam tubuh. Hal ini dikarenakan kandungan serat dari sayuran hijau yang cukup tinggi.

Cara Membiasakan Makan Sayur

Cara Membiasakan Makan Sayur (sumber: dokumentasi pribadi indahladya.com)

Beberapa orang mungkin masih merasa kesulitan ketika ingin membiasakan diri untuk mengonsumsi sayur secara rutin. Nah, beberapa tips di bawah ini bisa kamu terapkan agar kamu bisa mengonsumsi sayur secara rutin dengan mudah.

Membiasakan Meletakkan Sayur di Porsi Makananmu

Hal pertama yang harus kita coba untuk membiasakan mengonsumsi sayur setiap hari adalah dengan meletakkan sayur di setiap porsi makananmu. Contohnya, ketika kamu ingin memasak, maka jangan lupa untuk memikirkan jenis sayuran apa yang akan menjadi pelengkap menu masakanmu tersebut. Jika terus dibiasakan, maka makan sayur ini sudah menjadi kebutuhanmu setiap hari loh!

Mengganti Menu Sayur Setiap Harinya

Beberapa orang mungkin akan merasa bosan apabila ia tidak mengganti menu makanannya. Oleh karena itu, kamu bisa mengatasinya dengan cara mengganti menu sayur di setiap harinya. Again, sebelum memasak, cobalah untuk memikirkan terlebih dahulu jenis sayur apa yang akan menjadi pelengkap menu masakanmu tersebut.

Mencoba Jus Sayur dan Buah

Jika kamu cenderung lebih menyukai jus daripada harus memakannya secara langsung, maka jus sayur dan buah ini bisa menjadi rekomendasi yang terbaik. Ada banyak sekali jenis jus sayur dan buah yang bisa kamu coba. Contohnya adalah jus stroberi yang dikombinasikan dengan selada dan kurma.

Setelah mengetahui manfaat dari sayur-sayuran ini, maka sebaiknya usahakanlah untuk selalu menyertakan sayur di setiap porsi makananmu ya! Karena kebiasaan yang baik dimulai dari awal yang baik. Selamat mencoba!

 

IndahLadya

 

Referensi:

dr. Allert Benedicto Ieuan Noya, 2018, 5 Fakta Hormon Kortisol yang Wajib Dibaca, https://www.alodokter.com/5-fakta-hormon-kortisol-yang-wajib-dibaca

Nina Hertiwi Putri, 2020, Manfaat Sayuran Tak Ada Habisnya, Ini Pentingnya Dikonsumsi Setiap Hari, https://www.sehatq.com/artikel/manfaat-sayuran-tak-ada-habisnya-ini-pentingnya-dikonsumsi-setiap-hari

2 comments:

  1. Saya merasakan benar manfaat dari mengkonsumsi sayur, pencernaannya jadi selancar jalan tol :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha, betul ya pak, saya pun merasakan demikian

      Delete

Everything About Ladya . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates