Monday, November 16

Berteman dengan Rasa Malas (sumber: dokumentasi pribadi indahladya.com)

Rasa malas adalah suatu hal yang sulit sekali untuk dilawan. Terkadang rasa malas ini muncul ketika kita sedang tidak ingin mengerjakan segala sesuatu dan sekedar bersantai-santai saja.

Rasa malas merupakan hal yang normal untuk dirasakan. Namun, jika dibiarkan berlarut-larut, maka hal ini dapat mengganggu aktivitasmu loh. Apalagi jika rasa malas ini timbul ketika kamu memiliki banyak pekerjaan dan deadline yang harus dikerjakan saat itu juga.

Penyebab Rasa Malas

Nah, supaya gak salah, kamu perlu tahu dulu nih sebenarnya apa sih yang bisa menyebabkan rasa malas ini?

Faktor Lingkungan

Faktor Lingkungan (sumber: dokumentasi pribadi indahladya.com)

Salah satu hal yang bisa menyebabkan timbulnya rasa malas adalah faktor lingkungan sekitar kita. Sebenarnya hal ini aku rasakan berdasarkan pengalaman pribadi. Aku merupakan seorang introvert yang cenderung tidak menyukai suasana yang berisik.

Oleh karena itu, ketika suasana di sekitarku terlalu ramai, maka aku biasanya cenderung tidak melakukan banyak hal karena selalu kehilangan fokus selama proses pengerjaan hal tersebut. Alhasil, aku jadi berusaha menunda pekerjaan tersebut hingga suasana sudah kembali tenang.

Sering Menunda Pekerjaan

Sering Menunda Pekerjaan (sumber: dokumentasi pribadi indahladya.com)

Faktor selanjutnya yang bisa menyebabkan timbulnya rasa malas adalah kebiasaan untuk menunda suatu pekerjaan. Biasanya tipe orang yang seperti ini selalu berpikir bahwa pekerjaan tersebut bisa dilakukan kapan saja. Alhasil, karena terus menunda eh ujung-ujungnya jadi malas deh. Malah jadi gak dikerjain sama sekali toh?

Kurang Tanggung Jawab

Kurang Tanggung Jawab (sumber: dokumentasi pribadi indahladya.com)

Seseorang yang memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi tidak akan mudah terkalahkan oleh rasa malas yang ada. Hal ini dikarenakan ia terbiasa untuk disiplin terhadap jadwal yang telah ia buat.

Sebaliknya, seseorang yang kurang memiliki rasa tanggung jawab akan suatu hal, biasanya akan cenderung menganggap remeh suatu pekerjaan tersebut. Alhasil, ia bisa dengan mudahnya melanggar beberapa jadwal yang telah ia buat sendiri.

Kelelahan Fisik

Kelelahan Fisik (sumber: dokumentasi pribadi indahladya.com)

Penyebab rasa malas ini tidak serta merta karena behavior saja ya. Rasa malas juga bisa disebabkan karena fisik kita yang tidak sedang dalam kondisi yang baik. Alhasil kita menjadi cenderung ingin rebahan daripada mengerjakan suatu aktivitas.

Jika memang penyebabnya karena kelelahan fisik ini, maka rasa malasmu akan menjadi lebih termaafkan ya! Asalkan kamu berkomitmen untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut sesaat setelah kondisimu terasa lebih baik pasca beristirahat.

Cara Mengatasi

Dampak dari rasa malas ini tidak boleh disepelekan loh! Jika dibiarkan berlarut-larut, maka hal ini akan membuatmu kehilangan fokus dan menganggap rasa malas ini sebagai hal yang wajar. Berikut ini beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi rasa malasmu.

Istirahat yang Cukup

Salah satu penyebab rasa malas adalah kondisi tubuh yang tidak baik. Oleh karena itu penting bagimu untuk memiliki waktu tidur dan istirahat yang cukup. Dengan memilik waktu tidur dan istirahat yang cukup, maka kamu akan menjadi lebih segar di keesokan harinya sehingga lebih fokus ketika memulai aktivitas.

Lakukan Me Time

Rasa malas bisa ditimbulkan karena perasaan bosan terhadap aktivitas yang begitu-begitu saja. Nah, untuk mengatasi hal tersebut, maka kamu bisa melakukan me time di waktu luangmu agar dapat merelaksasi pikiran setelah jenuh melakukan aktivitas yang monoton.

Membuat Jadwal

Membuat jadwal akan membiasakan diri kita untuk menjadi lebih disiplin. Disiplin adalah kunci dari cara untuk dapat mengalahkan rasa malas ini sendiri. Terkadang kita selalu kebingungan karena memiliki banyak sekali kewajiban dan tanggung jawab yang harus dikerjakan di hari itu sehingga cenderung jenuh duluan sebelum mencoba memulai aktivitas tersebut.

Padahal, jika kamu menata aktivitas tersebut berdasarkan skala prioritas yang kamu punya, maka hal ini akan lebih memudahkan dirimu untuk melewati berbagai aktivitas yang harus dikerjakan.

Memberi Reward dan Punishment

Tips selanjutnya yang bisa kamu coba adalah memberi reward dan punishment terhadap berbagai hal yang kamu kerjakan. Hal ini cukup efektif ketika aku terapkan di awal-awal masa kepenulisanku. Ketika aku berhasil menulis artikel sesuai jadwal yang telah aku tetapkan, masa aku akan memberikan reward seperti membeli barang yang selama ini aku inginkan.

Begitu juga dengan punishment, ketika aku tidak berhasil mencapai target di hari itu, maka tentunya harus ada hukuman yang diberikan. Seperti akhirnya tidak boleh menonton film yang ingin aku tonton di hari itu. Se simple ini, tetapi percayalah jika dilakukan dengan sungguh-sungguh tanpa cheating, maka hal ini akan melatih dirimu agar menjadi lebih disiplin.

Berteman dengan Rasa Malas

Berteman dengan Rasa Malas (sumber: dokumentasi pribadi indahladya.com)

Seperti hal yang telah dijelaskan sebelumnya, sebenarnya rasa malas ini adalah hal yang wajar untuk dirasakan oleh kita sebagai manusia. We’re only human, terkadang merasa semangat untuk melakukan segala sesuatu, terkadang jenuh dan bosan, dan terkadang merasa malas dan tidak ingin melakukan aktivitas apapun itu.

Oleh karena itu, cara terbaik yang dapat dicoba adalah berteman dengan rasa malas itu sendiri. Hanya kamu sendirilah yang bisa mengontrol rasa malas yang timbul dalam dirimu. Just try to manage that problem.

Hal yang perlu diperhatikan saat ini adalah ketika seseorang mengatakan bahwa “aku malas”, maka belum tentu ia benar-benar malas, bisa saja ia memiliki beberapa problem seperti halnya faktor lingkungan yang tidak mendukung atau kondisi badan yang sedang tidak baik.

Namun, jika memang ia adalah seorang pemalas, maka dalam kondisi apapun itu, ia akan selalu memiliki banyak alasan agar dapat menunda pekerjaannya. Nah, jadi kamu ada di tim yang mana nih? Siap untuk berteman dengan rasa malas?

 

IndahLadya

1 comments:

Everything About Ladya . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates