Thursday, November 12

Tips Mudah Belajar Bahasa Asing (sumber: dokumentasi pribadi indahladya.com)

Kemampuan berbahasa asing merupakan salah satu nilai tambah yang akan kamu dapatkan di era modern saat ini. Kemampuan berbahasa asing ini tentunya akan mempermudah dirimu untuk meningkatkan level karir. Namun, sebagian orang masih merasa kesulitan ketika akan mencoba untuk memulai belajar bahasa asing. Nah, beberapa tips di bawah ini dapat kamu terapkan agar kamu bisa belajar bahasa asing dengan mudah.

Belajar Bahasa Asing (sumber: dokumentasi pribadi indahladya.com)

Make a Big Why

Ketika aku dulu memutuskan untuk mulai belajar bahasa Inggris, seorang mentor bertanya padaku “what is you purpose?”. Jujur saja aku sempat kewalahan ketika akan menjawab pertanyaan tersebut. Namun, hal ini ternyata sangat penting loh. Beberapa dari kita tidak mengetahui secara pasti apa sih tujuan kita mau belajar bahasa yang sebenarnya.

Nah, ketika kita mengetahui tujuan utama kita, maka hal ini akan mempermudah di setiap prosesnya. Karena tentunya tidak ada proses yang mulus-mulus saja. Jika kamu memiliki tujuan yang jelas, maka kamu akan berkomitmen untuk menyelesaikan masalah apapun yang akan kamu hadapi ke depannya.

Wajib Punya Kamus

Salah satu benda yang harus kamu punya ketika ingin memulai belajar bahasa asing adalah kamus. Kamus ini tentunya dapat kamu gunakan ketika ingin mengutarakan suatu kalimat yang belum kamu ketahui artinya.

Di era digital seperti ini, tentu kamus sudah bukan hal yang sulit ditemui lagi bukan? Ada banyak sekali aplikasi penyedia jasa translate dari bahasa Indonesia ke berbagai bahasa asing yang ingin kamu pelajari. Nah, tapi kalau udah di-download, jangan lupa digunakan ya! Sayang ih kalau cuma menuh-menuhin memori hape aja, hehe.

Mencatat Kosakata Baru

Tips selanjutya yang bisa kamu terapkan adalah dengan mencatat kosakata baru. Di berbagai aktivitas yang kita lakukan saat ini, biasanya kita akan mendapatkan banyak sekali kosakata baru yang ternyata sangat familiar dengan kehidupan kita sehari-hari.

Nah, kamu bisa mencatat kosakata baru ini dengan membaginya menjadi beberapa kategori. Misalnya, kategori noun (kata benda), adjective (kata sifat), dan adverb (kata keterangan). Dengan membagi kata-kata ini menjadi beberapa kategori, maka tentunya akan mempermudahmu ketika menerapkannya dalam kegiatan sehari-hari.

Mendeskripsikan Suatu Kata dengan Bahasa Asing

Tips ini sebenarnya adalah salah satu tips yang aku dapatkan ketika mengikuti kursus speaking English beberapa pekan lalu. Terkadang masalah utama yang sering kita hadapi ketika ingin mencoba berbicara dengan bahasa asing adalah masalah kosakata.

Mungkin setelah mencatat berbagai kosakata baru tadi, kita tetap saja kesulitan ketika akan menghafalkan semua kosakata tersebut. Alhasil, kosakata kita tetap akan segitu-gitu aja. Nah, kamu bisa mencoba mendeskripsikan arti dari suatu kata dengan menggunakan bahasa asing.

Misalnya, ketika kamu ingin mengungkapkan “apa itu pena?”, maka jelaskan bahwa “pena adalah suatu benda yang kita gunakan untuk menulis, biasanya terdiri dari warna hitam, merah, biru, dan masih banyak lagi warna lainnya.” Namun, ungkapkan deskripsi tadi dalam bahasa asing yang ingin kamu pelajari. Alih-alih sekedar menghafal “pen” adalah “pena”, kamu bisa menambah banyak kosakata sekaligus hanya dengan mendeskripsikan satu kata saja.

Menonton Film Tanpa Subtitle Bahasa Indonesia

Sebagian besar dari kita pasti suka banget kan nonton film dari luar yang menggunakan bahasa asing. Nah, untuk yang suka nonton film, tips di poin ini bisa banget loh kamu terapkan. Namun, jika sebelumnya kamu terbiasa menggunakan subtitle dalam bahasa Indonesia, maka sebaiknya ubah subtitle-nya ke dalam bahasa yang sesuai dengan film yang kamu tonton.

Jika kamu menonton film dalam bahasa Inggris, maka ubahlah subtitle-nya ke dalam bahasa Inggris. Selain mempermudah dirimu untuk mendapatkan kosakata baru, cara ini juga bisa membuatmu terlatih untuk mendengarkan bahasa Inggris dalam berbagai aksen.

Mendengar Lagu dalam Bahasa Asing

Mungkin cara ini merupakan salah satu cara yang paling sering kamu gunakan, tetapi memiliki banyak manfaat yang selama ini tidak kamu sadari. Percaya atau tidak, telinga kita adalah indera yang peka ketika akan memulai belajar bahasa asing daripada sekedar menghafalnya.

Apalagi jika gaya belajarmu termasuk gaya belajar auditori, cara ini bakal bermanfaat banget loh! Hal ini dikarenakan ketika mendengarkan musik maka tubuh akan melepaskan hormon serotonin sehingga membuat kita merasa cenderung lebih bahagia. Nah, jadi bisa bermain sambil belajar kan?

Membaca Buku Bahasa Asing

Sebagian orang memiliki hobi untuk membaca buku. Nah, teruntuk kamu yang juga suka baca buku, maka tips ini bisa sangat berguna untuk dirimu. Ketika kamu sudah nyaman dan terbiasa untuk membaca buku, maka kamu bisa mencoba beralih ke buku dalam bahasa asing yang ingin kamu pelajari.

Hal ini dikarenakan, ketika membaca buku maka kita akan menemukan berbagai kosakata baru yang selama ini belum kita dapatkan, karena beberapa kosakata ini pun terbagi menjadi beberapa level loh. Misalkan penggunaan “about” yang diubah menjadi “in terms of”, padahal artinya sama-sama “mengenai”, kan?. But that sounds great, doesn’t it?

Menerapkan Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Ketika kita ingin serius belajar bahasa asing, maka kita tidak boleh malu untuk terbiasa berbicara dalam kehidupan sehari-hari. Kamu perlu mencari seorang teman yang tepat yang bisa kamu ajak untuk saling berkomunikasi dalam bahasa asing tersebut.

Memilih Lingkungan yang Tepat

Masih berhubungan dengan poin sebelumnya, kamu perlu mencari lingkungan yang tepat ketika akan belajar bahasa asing. Apabila lingkungan keluargamu sudah terbiasa untuk menerapkan bahasa asing saat berkomunikasi, that’s better. Namun, jika tidak, kamu bisa mencari teman sefrekuensi yang sama-sama ingin belajar bahasa asing.

Jangan terpengaruh dengan beberapa orang yang suka menyorakimu dengan kalimat “ah sok banget, gak nasionalis!”. Ketawain aja guys, kan jiwa nasionalis bukan berarti ditunjukkan dengan gak bisa berbahasa asing sama sekali?

Travelling

Wah, kalau kamu memang punya dana dan waktu yang lebih, maka kamu bisa mencoba travelling ke negara yang menggunakan bahasa asing yang ingin kamu pelajari. Travelling ini bisa membuatmu mempelajari bahasa sekaligus budaya dari tempat yang akan kamu kunjungi di sana.

That’s why beberapa lembaga bahasa biasanya menyediakan program home stay untuk kamu yang ingin merasakan suasana belajar bahasa asing langsung dari negara asalnya. Hmm, menarik bukan?

Ikut Kursus

Sebagaimana yang sudah aku singgung sedikit sebelumnya, kamu bisa mencoba untuk ikut kursus bahasa asing. Ada banyak sekali pilihan yang bisa kamu ambil, seperti mencari guru privat, ikut kursus di suatu lembaga bahasa, atau jika kamu ingin belaajr bahasa Inggris, kamu bisa mencoba belajar di Kampung Inggris Pare.

Di sini kamu akan mendapatkan metode belajar dengan suasana yang unik, di mana kamu akan dikelilingi orang dengan visi dan misi yang sama denganmu. Honestly, dari dulu aku pengin banget buat nyoba belajar di sana, tapi belum kesampean nih. Someday, I’ll try to, hehe.

Komitmen dan Konsisten

Poin terakhir yang gak boleh kamu lupain yaitu harus komitmen dan konsisten dengan apa yang udah kita mulai. Jangan mudah nyerah hanya karena alasan bosan dan jenuh. Sebagaimana kutipan keren dari Imam Syafi’I, “Jika sulit bagimu, maka berlari kecillah. Jika kamu lelah, maka berjalanlah. Jika itu pun tidak mampu, merangkaklah. Namun, jangan pernah berbalik arah atau berhenti.”

Pada akhirnya, hanya kita sendiri yang mampu berjanji pada diri untuk lebih konsisten terhadap apa yang sudah kita mulai. Motivasi itu penting! Jadi, jangan lupa untuk selalu berada di lingkungan yang membuatmu terus merasa termotivasi ya! Selamat mencoba!

 

IndahLadya

2 comments:

  1. Tips-tips nya ini sangat berguna mbak.. terutama yang belajar dari film dan musik. Itu kerasa banget soalnya ngga kerasa belajar, tapi lebih karena ingin tau dan enjoy <3
    Thank you for sharing :)

    ReplyDelete
  2. Tips nya mantul MaasyaAllah. Yang harus perlu dipegang erat adalah "komitmen dan konsisten itu."
    Semoga Allah mudahkan menguasai bahasa Asing:)

    ReplyDelete

Everything About Ladya . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates