Monday, September 28

Cara Tepat Mengatasi Telapak Tangan Kering di Tengah Pandemi Covid-19 (sumber gambar: dokumentasi pribadi indahladya.com)

Sebagaimana pandemi yang membuat setiap orang harus dapat beradaptasi dengan berbagai kebiasaan baru saat ini, salah satunya yaitu anjuran untuk cuci tangan secara berkala. Mencuci tangan merupakan salah satu pencegahan agar infeksi tidak masuk melalui tangan. Tangan merupakan sumber penularan bakteri dan virus, baik secara langsung maupun tidak langsung. Oleh karena itu, penting untuk mencuci tangan secara berkala terutama di masa pandemi Covid-19 saat ini.

Sesuai anjuran WHO, cuci tangan yang baik harus dilakukan dengan sabun dan air mengalir. WHO juga menganjurkan untuk menggosok tangan selama 20 detik sebelum membilasnya. Namun, kebiasaan mencuci tangan secara berkala ini terkadang membuat telapak tangan menjadi kering karena kelembapan yang hilang bersamaan setiap kita mencuci tangan.

Tangan Kering Meningkatkan Risiko Infeksi

Dikutip dari American Academy of Dermatology, kondisi kulit yang kering mampu meningkatkan risiko kuman menempel pada tangan. Hal ini dikarenakan terganggunya skin barrier pada kulit yang kering sehingga kuman akan lebih mudah untuk masuk dan menyebabkan infeksi.

Kulit kering disebabkan oleh berkurangnya kadar air di dalam kulit, biasanya ditandai dengan kulit bersisik atau yang lebih parah bisa menyebabkan cracking. Umumnya kulit kering ini memicu gatal dan jika digaruk maka kuman yang ada di tangan akan dengan mudah masuk ke dalam kulit dan menimbulkan infeksi (health.detik.com).

Nah, beberapa tips di bawah ini bisa kamu terapkan untuk mencegah telapak tangan kering selama pandemi Covid-19. Yuk simak ulasannya berikut ini!

Penuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

Penuhi Kebutuhan Cairan Tubuh (sumber gambar: dokumentasi pribadi indahladya.com)

Meskipun kita mendapatkan cairan dari makanan dan minuman lainnya, tetapi ingatlah bahwa sumber hidrasi terbaik adalah air putih. Dengan mengkonsumsi air putih secara teratur, maka hal ini akan membantu kita dalam mencegah kulit agar tidak mudah kering.

Gunakan Sabun Cuci Tangan yang Mengandung Pelembab

Gunakan Sabun Cuci Tangan yang Mengandung Pelembab (sumber gambar: dokumentasi pribadi indahladya.com)

Sabun memiliki suatu zat bernama surfaktan yang mampu membersihkan kulit tangan kita dari virus dan bakteri. Namun, sabun ini juga mampu menghilangkan kelembapan alami dari kulit tangan kita sehingga menyebabkan kulit menjadi kering. Oleh karena itu, kita perlu untuk mencari sabun yang mengandung bahan pelembab seperti gliserin untuk mencegah kekeringan pada kulit.

Gunakan Hand Cream

Gunakan Hand Cream (sumber gambar: dokumentasi pribadi indahladya.com)

Salah satu hal yang penting dalam proses mencuci tangan ini adalah mengaplikasikan hand cream pada telapak tangan pasca mencuci tangan. Hand cream ini dapat dioleskan pada bagian punggung tangan, telapak tangan, hingga ke sela-sela jari. Penggunaan hand cream ini terbukti efektif dalam mengatasi kulit tangan yang kering dan mengunci kelembapan pada kulit.

Minimalisir Penggunaan Handsanitizer dan Perbanyak Cuci Tangan

Minimalisir Penggunaan Handsanitizer dan Perbanyak Cuci Tangan (sumber gambar: dokumentasi pribadi indahladya.com)

Sesuai anjuran Food and Drug Administration (FDA), handsanitizer setidaknya mengandung minimal 60% alkohol agar mampu membunuh bakteri dan virus. Namun, penggunaan handsanitizer secara berlebihan ini akan membuat kulit tanganmu akan menjadi sangat kering. Oleh karena itu, sebaiknya penggunaan handsanitizer ini lebih diminimalisir kecuali kita memang membutuhkannya seperti dalam perjalanan atau di suatu tempat yang tidak menyediakan tempat cuci tangan yang memadai.

Apabila kita menemukan tempat cuci tangan, sebaiknya cuci tangan menggunakan sabun saja ya! Selain lebih efektif dalam membunuh bakteri dan virus, mencuci tangan menggunakan sabun ini juga tidak membuat kulit tanganmu menjadi lebih cepat kering asalkan dilakukan dengan benar sesuai 3 poin di atas tadi.

Nah, itu dia beberapa tips yang bisa diterapkan untuk mengatasi kulit tangan kering akibat sering cuci tangan selama pandemi. Jadi, gak ada alasan lagi buat gak cuci tangan karena takut tangan kering ya! Selamat mencoba!

 

IndahLadya

 

Referensi:

Detik Health, 2011, Kulit Kering Bikin Mudah Kuman Masuk

FDA, 2020, Q&A for Consumers | Hand Sanitizers and COVID-19

4 comments:

  1. Ternyata kulit tangan kering itu tidak bagus, ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, bisa jadi penyebab risiko infeksi juga

      Delete
  2. Sebelum ada Corona aja, tangan saya mudah kering. Mungkin karena sabun cucui piring atau sabun cuci tangan di kantor. Apalagi saat Corona ini,, makin parah. Pakai Hand cream dan Body Butter juga enggak begitu kelihatan hasilnya.

    Tapi saya juga baru tau, tangan kering malah meningkatkan resiko infeksi.

    Terima kasih infonya kak,

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah kalau untuk sarannya mungkin waktu mencuci piring bisa pakai sarung tangan khusus cuci piring mbak, saya juga termasuk orang dengan alergi sabun cuci piring, insyaAllah ngefek mbak :)

      Delete

Everything About Ladya . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates