Thursday, September 24

 

Tips Belajar Online Efektif (sumber gambar: dokumentasi pribadi indahladya.com)

Pandemi Covid-19 saat ini seolah memaksa setiap orang untuk dapat beradaptasi dengan berbagai kebiasaan baru, salah satunya yaitu kebiasaan siswa/mahasiswa untuk belajar di rumah secara daring. Metode belajar dimana kamu bisa menggunakan baju atasan formal dengan bawahan celana tidur, hahah, tidak, aku hanya bercanda. Namun, bukankah memang begitu biasanya?

Terkadang, metode belajar daring ini menyebabkan beberapa siswa/mahasiswa merasa kesulitan karena tidak mudah untuk fokus di satu pc sedangkan di sekelilingnya begitu banyak distraction yang datang menghampiri. Sebagaimana tim “off video” yang memilih untuk nge-scroll feed di instagram ataupun malah log in ke kelas lalu ditinggal tidur.

Habit-habit seperti ini tentunya hadir dari rasa bosan dan susah fokus saat kelas online berlangsung. Nah, beberapa tips di bawah ini bisa kamu terapkan agar dapat mengikuti kelas online secara efektif. Yuk simak ulasannya berikut ini!

Mencatat

Mencatat (sumber gambar: dokumentasi pribadi indahladya.com)

Ketika kita berusaha mencatat setiap materi yang diberikan guru/dosen, maka hal ini akan membantu kita untuk menjadi active-listener, kita bisa menjadi pendengar yang aktif. Dengan menjadi pendengar yang aktif, maka akan lebih mudah bagi kita untuk fokus mendengarkan setiap perkataan guru/dosen. Hal ini juga tentunya akan mempermudah kita ketika ingin me-review pelajaran tersebut, bukan?

Cut The Distraction

Cut The Distraction (sumber gambar: dokumentasi pribadi indahladya.com)

Berbeda dengan suasana belajar offline di kelas, di mana kamu terikat dengan berbagai peraturan seperti tidak boleh main handphone dan sebagainya. Beberapa guru/dosen di kelas online sepertinya tidak terlalu mempermasalahkan hal ini, bahkan beberapa di antaranya tidak mewajibkan siswa/mahasiswanya untuk mengaktifkan video mereka.

Hal inilah yang justru membuat siswa/mahasiswa mencuri-curi kesempatan dengan cara berselancar di dunia maya ketika tengah penat selama kelas berlangsung. Namun, bentuk disctraction yang seperti ini justru akan membuatmu semakin sulit untuk fokus di materi. Oleh karena itu, dengan meletakkan hp yang jauh dari jangkauanmu maka kamu akan lebih mudah untuk fokus di satu layar pc sembari mendengarkan penjelasan materi dari guru/dosen.

Bersihkan Meja

Bersihkan Meja (sumber gambar: dokumentasi pribadi indahladya.com)

Tidak jauh berbeda dari poin sebelumnya, membersihkan meja sama saja membuat kita terhindar dari “gejala hilang fokus”. Dengan meja yang rapi dan bersih, tentunya akan lebih mudah bagi kita untuk berkonsentrasi, bukan? Karena fokus visual kita hanya dihadapkan dengan pc sebagai media kelas online saat itu.

Alihkan Diri dari Gadget Ketika Waktu Break

Alihkan Diri dari Gadget (sumber gambar: dokumentasi pribadi indahladya.com)

Apa yang kita lakukan ketika waktu break tiba? Hmm, semacam waktu jeda antara kelas pertama dan kelas berikutnya. Main handphone, kah? Makan, kah? I prefer to take some food rather than flick through my instagram. Belajar daring telah menyita konsentrasi kita untuk terfokus pada layar pc yang tentunya membuat mata kita lelah.

Oleh karena itu, ada baiknya ketika waktu break tiba, kita tidak langsung berselancar di dunia maya, tetapi lebih memilih untuk mengalihkan pandangan sementara dari gadget agar bisa lebih fokus untuk kelas berikutnya.

Nah, tips-tips di atas bisa banget loh kalian terapkan selagi menjalani masa-masa pandemi saat ini. Semoga pandemi segera berakhir dan kita bisa melakukan kegiatan pembelajaran secara offline seperti biasa kembali. Semoga bermanfaat!


IndahLadya

14 comments:

  1. Tip yang mantul, Mba. Efek daring emang banyak pengganggunya. Hihihin

    ReplyDelete
  2. Terima kasih kak sangat bermanfaat teruntuk yg sedang belajar online nih:)

    ReplyDelete
  3. Bener. Ketika belajar online harus minimalkan distraksi. Tanpa distraksi yang kita buat, belajar online sudah banyak gangguan 😅😅

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mbak, belum lagi masalah sinyal dll ya, haha

      Delete
  4. Tipsnya mantap banget, Mbak. Tahu aja kalau lagi break suka keterusan buka gadget :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, karena ini dari pengalaman saya pribadi jugaa, haha

      Delete
  5. Aduh, bener banget ini mbak ... Tips-tips yang so pasti bermanfaat selama daring.

    ReplyDelete
  6. murid-muridku harus digiring ke link ini nih, biar pada baca tips-tipsnya. thank you mbak :)

    ReplyDelete
  7. Keren nih kak,,semangat...

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih mbak, semangat juga nulisnya mbak! :)

      Delete

Everything About Ladya . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates