Friday, September 18

Pemalu vs Introvert (sumber gambar: dokumentasi pribadi indahladya.com)

Seringkali orang beranggapan bahwa introvert identik dengan sifat pemalu yang menjurus ke anti sosial. Namun, para ahli sepakat bahwa ternyata tidak hanya orang introvert yang bisa memiliki sifat pemalu ini, bahkan beberapa orang ekstrovert pun bisa saja memiliki sifat pemalu bahkan demam panggung sebagaimana yang diidentikkan dengan orang introvert. 

Nah, sebelum membahas perbedaan pemalu dan introvert, ternyata sifat pemalu ini sendiri terbagi menjadi beberapa kategori loh. Menurut Dr. Jonathan Cheek, profesor psikologi di Wellesley College, rasa malu dikelompokkan menjadi 4 bagian, yaitu :

Shy (sumber gambar: dokumentasi pribadi indahladya.com)

Shy-Secure

Individu yang masuk dalam kategori Shy-Secure adalah individu yang memiliki sejumlah kecemasan sosial, namun tidak membutuhkan banyak interaksi sosial. Sebagai ilustrasinya, apabila individu dengan kategori Shy-Secure ini dipertemukan dengan orang asing maka mereka akan saling berkenalan. Meskipun mungkin hal ini tidak menarik perhatian mereka, namun mereka akan tetap melakukannya dengan tenang saat berbicara.

Shy-Withdrawn

Individu dengan kategori Shy-Withdrawn ini memilik tingkat kecemasan yang lebih tinggi untuk berinteraksi sosial. Mereka akan cenderung merasa sangat khawatir dan takut akan penolakan dan penilaian dari orang lain. Individu dengan kategori ini biasanya akan cenderung lebih mudah kesepian.

Shy-Dependent

Shy-Dependent bisa diartikan sebagai individu yang memiliki hasrat untuk berinteraksi sosial lebih tinggi. Individu dengan kategori ini jarang mengedepankan kebutuhan mereka pribadi, mereka akan cenderung mengedepankan orang lain dibanding diri mereka sendiri. Adapun profil adaptasi dari individu dengan kategori ini dinilai sangat baik meskipun hanya dalam jangka waktu pendek.

Shy-Conflicted

Individu dengan kategori Shy-Conflicted termasuk salah satu individu dengan permasalahan paling besar dibanding 3 kategori pemalu lainnya. Individu ini memiliki keinginan yang kuat untuk bersosialisasi, namun di waktu bersamaan juga memiliki rasa cemas yang berlebihan bahkan sebelum proses sosialisasi ini dimulai.

Perbedaan Pemalu dan Introvert

Meskipun seseorang yang introvert seringkali diidentikkan dengan sifat pemalu, namun ternyata ada beberapa perbedaan mendasar antara sifat pemalu dan introvert ini sendiri. Yuk simak rinciannya di bawah ini!

Alasan Untuk Tidak Bersosialisasi

Why (sumber gambar: dokumentasi pribadi indahladya.com)

Orang introvert dan pemalu dianggap nyaris tidak memiliki perbedaan dikarenakan sifatnya yang cenderung menarik diri dari kehidupan sosial. Namun, alasan untuk tidak bersosialisasi yang dimiliki dua kategori kepribadian ini ternyata sangat berbeda.

Orang introvert tetap bisa memilih untuk bersosialisasi dan berinteraksi dengan orang sekitarnya, namun mereka hanya tidak ingin melakukan hal tersebut. Berbeda dengan orang pemalu, yang menarik diri dari lingkungan sosial mereka karena rasa cemas dan takut terhadap respon dari orang sekitarnya.

Sederhananya, orang introvert akan memilih untuk diam di rumah dengan membaca buku favoritnya daripada pergi ke pesta besar hanya karena mereka tidak ingin berurusan dengan orang lain. Sedangkan orang pemalu memilih untuk tidak pergi ke pesta besar tersebut ataupun tetap pergi namun tidak berbicara kepada siapapun disana karena rasa takut yang dimilikinya. It’s all about the reason.

Tidak Semua Introvert Pendiam

Tidak Semua Introvert Pendiam (sumber gambar: dokumentasi pribadi indahladya.com)

Sebenarnya, seorang introvert belum tentu merupakan orang yang pendiam. Individu dengan pribadi introvert ini bisa saja merupakan orang yang banyak bicara, namun hanya di grup kecil mereka saja. Mereka cenderung memilih untuk diam di grup besar atau kumpulan orang banyak hanya karena mereka tidak mau melakukannya, bukan tidak bisa.

Sementara orang yang pemalu cenderung untuk diam baik di grup kecil maupun grup besarnya dikarenakan rasa takut yang berlebihan terhadap komentar negatif orang sekitarnya, meskipun biasanya mereka memiliki cukup banyak ide yang ingin diutarakan kepada orang sekitarnya.

Introvert Memiliki Alasan Biologis

Introvert Memiliki Alasan Biologis (sumber gambar: dokumentasi pribadi indahladya.com)

Jika pemalu lebih diartikan sebagai salah satu perilaku sosial, maka introvert merupakan suatu kepribadian yang dapat dikaji berdasarkan alasan biologis. Menurut Carducci, introvert memiliki nervous system yang lebih sensitif daripada ekstrovert. Ia mencontohkan ketika sebuah musik diputar keras, introvert akan menjauh dari speaker. Hal ini karena volume kontrol dalam otaknya lebih tinggi daripada ekstrovert (idntimes.com).

Orang Pemalu Tidak Suka Memulai Suatu Percakapan

Orang Pemalu Tidak Suka Memulai Suatu Percakapan (sumber gambar: dokumentasi pribadi indahladya.com)

Individu dengan kepribadian introvert memiliki kemampuan untuk memulai suatu percakapan, namun mereka cenderung memilih untuk membahas hal-hal yang mendalam, yang bukan sekedar basa-basi belaka. Berbeda dengan orang pemalu yang lebih suka ketika orang lain berusaha mengajak mereka berbicara terlebih dahulu. Lagi-lagi, hal ini dikarenakan rasa takut akan penolakan dari lingkungan sekitar mereka.

Seorang pemalu seringkali juga merupakan seorang introvert, namun bukan berarti seorang ekstrovert tidak akan pernah menjadi pemalu. Nah, setelah tahu perbedaan pemalu dan introvert, jadi jangan sampai salah lagi ya!

Tidak ada yang salah dari seorang pemalu, terkadang mereka hanya butuh dukungan dari orang di sekitarnya agar mengurangi rasa cemas berlebihan untuk memulai suatu interaksi sosial. Because after all, whether you're introverted or extroverted, shy or outgoing, you need and deserve attention, affection, and love.

 

IndahLadya

 

Referensi :

Firda Olivia, 2017, 7 Ilustrasi beda orang pemalu dengan introvert, kamu baru tahu ya?

Gendhis Arr, 2018, Dianggap Sama, Ini 5 Perbedaan Introvert dan Pemalu Menurut Sains

Melanie Curtin, 2018, Are You Shy or Introverted? Science Says This is the Difference Between Them

2 comments:

  1. Sambil ngebaca artikelnya, aku mikir kayaknya ada ciri-ciri yg ngena ke diri. Bisa instrospeksi diri ni..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, karena terkadang kita tahunya introvert ya pemalu gitu ya 😁

      Delete

Everything About Ladya . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates