Friday, September 25

 

3 Kata Sederhana Penuh Makna (sumber gambar: dokumentasi pribadi indahladya.com)

Maaf, tolong, dan terima kasih merupakan tiga ungkapan yang sudah mulai dilupakan oleh sebagian orang. Sebagai masyarakat yang katanya menganut budaya ketimuran, ketiga ungkapan ini sudah seharusnya diterapkan dalam kehidupan kita sehari-hari sejak dini, bukan?

Berikut ini beberapa penggunaan ketiga kata tersebut dalam kehidupan sehari-hari:

Tolong, Terima Kasih, dan Maaf (sumber gambar: dokumentasi pribadi indahladya.com)

Tolong

“Kak, ambilin itu, dong!”

“Kak, tolong ambilin itu, dong!”

Kalau kamu jadi kakaknya, kira-kira kamu lebih adem denger kalimat yang mana? Yang atas atau yang bawah, nih? Kalau saya pribadi sih prefer ke kalimat yang kedua, selain terdengar lebih sopan, ungkapan ini juga membuat orang dimintai tolong merasa lebih dihargai.

Terima Kasih

Setelah ditolongin, lalu gimana? Nah, selanjutnya jangan lupa ucapkan terima kasih. Ucapan terimakasih ini merupakan bentuk apresiasi yang paling mudah untuk dilakukan setelah kita menerima kebaikan atau pertolongan dari orang lain.

Meskipun beberapa kebaikan tersebut terlihat sederhana, tetapi ingatlah bahwa setidaknya hal tersebut telah membantumu. Seperti halnya ketika kamu lupa untuk membawa suatu barang keluar rumah, padahal posisimu saat itu sudah siap meluncur di atas kendaraanmu. Lalu, kamu meminta tolong pada orang lain untuk mengambilkan barang tersebut dari dalam, kan?

Nah, bantuan sederhana tersebut telah membantumu dalam menghemat waktu sehingga kamu tidak perlu masuk kembali ke dalam rumah lalu mengambil barang yang kamu butuhkan tersebut. Jadi, setelah menerima kebaikan dari orang lain, jangan lupa “terima kasih”-nya ya!

Maaf

Wah, kalau membahas kata maaf sih sepertinya akan lebih kompleks. Mungkin kata maaf ini merupakan salah satu kata yang paling sulit untuk diucapkan. Secara naluri, manusia memang memiliki rasa gengsi dan ego yang tinggi, termasuk ketika ia melakukan suatu kesalahan. Dan tidak jarang pula yang bersalah justru menebar aura perdebatan lebih besar daripada yang bersalah.

Padahal, kata maaf ini efeknya besar loh! Selain untuk menurunkan rasa gengsi dan ego, dengan kata maaf ini juga bisa membuat kita tersadar bahwa tidak hanya harus memahami perasaan kita pribadi. Namun, ada perasaan orang lain yang juga berhak untuk kita hargai.

Sebagai catatan, penggunaan kata maaf ini tidak hanya kita lakukan ketika kita berbuat suatu kesalahan. Satu hal yang harus teman-teman ingat, bahwa mengalah tidak selalu kalah, bukan? Orang yang mampu mengalahkan rasa gengsi dan ego dalam dirinya justru adalah pemenang sejati. Jadi, gak perlu takut untuk minta maaf duluan ya!

Meskipun mungkin terdengar sepele, tetapi ternyata tiga kata sederhana ini memiliki makna tersendiri bagi siapa saja yang melemparkan atau mendapatkan ungkapan ini dari orang lain. Sederhananya, ungkapan ini mampu menunjukkan karakter seseorang. Sopan atau tidaknya seseorang akan tercermin dari bagaimana ia berkata-kata. Jadi, selalu usahakan untuk mengungkapkan kata-kata yang baik ya!

Jangan lelah untuk berbuat baik!

 

IndahLadya

2 comments:

  1. bener mba, 3 kata sederhana ini penting untuk dibiasakan, bahkan sejak dini. aku terus melatih anak2 untuk bilang tolong, maaf dan terimakasih, agar mereka terbiasa mengucapkan kata2 itu sampai nanti dewasa ^^ aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, alhamdulillah kalo sudah mulai dibiasakan mbak, insyaAllah sampai besar nanti anaknya inget pesan orangtua nya :)

      Delete

Everything About Ladya . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates