Minggu, September 27

Tips Belanja Online di Tengah Pandemi (sumber gambar: dokumentasi pribadi indahladya.com)

Pandemi membuat siapa saja harus beradaptasi dengan berbagai kebiasaan baru saat ini. Salah satunya adalah kebiasaan untuk membeli barang secara online. Peningkatan aktivitas jual beli online ini dipengaruhi oleh beberapa kebijakan pemerintah yang baru saja kita lalui, yaitu PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar).

Namun, meskipun saat ini beberapa kota di Indonesia sudah mulai menerapkan sistem New-Normal, beberapa masyarakat yang telah nyaman dalam aktivitas jual beli online ini justru melanjutkan kebiasaannya tersebut. Selain lebih mudah, berbelanja online ini juga membuat calon pembeli memiliki lebih banyak varian dari produk yang ia cari.

Siapa disini yang sejak pandemi Covid-19 justru rumahnya gak pernah sepi karena selalu kedatangan kurir? Ayo, ngaku ya! Hahah, you’re not alone guys, saya pun begitu. Namun, bedanya, kurirnya nganterin barang mama saya, bukan barang saya. Karena saya justru termasuk orang yang tidak terlalu suka berbelanja secara online kecuali terpaksa dan barang yang dicari memang hanya tersedia secara online. Jadi, ya selama pandemi alhamdulillah pengeluaran saya menurun drastis karena gak berani juga buat keluar rumah.

Fenome berbelanja online ini ternyata meningkatkan sifat konsumtif dari sebagian besar masyarakat sehingga cenderung membeli barang yang tidak dibutuhkan saat ini. Nah, beberapa tips di bawah ini bisa kamu terapkan agar terhindar dari sifat boros ketika berbelanja online. Yuk, simak ulasannya berikut ini!

Pisahkan Keinginan dan Kebutuhan

Pisahkan Keinginan dan Kebutuhan (sumber gambar: dokumentasi pribadi indahladya.com)

Kita bisa memulai dari memisahkan keinginan dan kebutuhan kita sehari-hari. Karena sebenarnya beberapa barang yang kamu inginkan belum tentu kamu butuhkan saat ini. So, be wise to your money!

Buatlah List Prioritas

Buatlah List Prioritas (sumber gambar: dokumentasi pribadi indahladya.com)

Setelah kamu mengetahui daftar barang yang kamu butuhkan, langkah selanjutnya adalah mengurutkan produk berdasarkan tingkat kepentingannya. Pisahkan mana produk yang memang kamu butuhkan dan memang harus ada saat ini dan mana produk yang belum kamu butuhkan saat ini.

Mencari Harga Terbaik

Mencari Harga Terbaik (sumber gambar: dokumentasi pribadi indahladya.com)

Mencari diskon maksudnya, gak ada yang salah kok dari mencari diskon. Toh, dengan mencari harga dan diskon terbaik maka kita akan mendapatkan beberapa keuntungan seperti mendapatkan harga yang lebih murah sehingga bisa meminimalisir pengeluaran kita terhadap suatu produk.

Namun, tetap pastikan bahwa barang yang kita pilih benar-benar berkualitas ya. Jangan sampai tergiur dengan produk diskon yang ternyata memiliki kualitas yang rendah. Setidaknya kamu perlu mengetahui harga pasaran barang tersebut, supaya tidak mudah tertipu ya!

Belanja dari Marketplace dan Online Shop Terpercaya

Belanja dari Marketplace dan Online Shop Terpercaya (sumber gambar: dokumentasi pribadi indahladya.com)

Nah, ini merupakan hal yang gak kalah penting nih! Jangan lupa untuk selalu mengecek marketplace dan online shop yang ingin dituju. Karena beberapa modus penipuan bisa terjadi ketika transaksi jual beli online ini. Jadi, jangan sampai kamu yang jadi korbannya ya! Hindari transaksi di luar marketplace agar kamu terhindar dari penipuan dalam bentuk apa pun. 

Gimana teman-teman? Udah pada tahu kan cara berbelanja online dengan aman di tengah pandemi saat ini. Meskipun berbelanja online selalu terlihat menggiurkan, jangan lupa untuk menerapkan beberapa tips di atas ya. Setidaknya, kamu akan menjadi lebih bijaksana dalam menggunakan uangmu untuk produk-produk yang benar-benar kamu butuhkan saat ini dan tentunya dengan harga dan kualitas terbaik. Selamat mencoba !

 

IndahLadya

18 komentar:

  1. Bener, ketika belanja online harus buat list. Kalau kagak, wuihhhh bisa kalap. Hahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, karena pilihannya juga lebih banyak kan ya kalo belanja online, hahah, apalagi kalo dari marketplace

      Hapus
  2. Istriku harus baca ini :)

    BalasHapus
  3. Tips oke mba, kondisi pandemi memang mengharuskan Saya juga lebih banyak online ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, karena kondisi saat ini gak memungkinkan untuk membentuk rasa aman ketika keluar rumah juga kan

      Hapus
  4. Terima kasih tips nya kak:) mantul bingits
    Belanja online salah satu cara jitu belanja aman di masa pandemi ini:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sip, betul mbak, semangat belanjanya, jangan lupa bikin list! hehe

      Hapus
  5. aku sih habis beli biasanya auto uninstall kwokwok mengantisipasi ada barang menarik yg bergentayangan xDDD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, jadi usaha preventifnya lebih pakem lagi ya mbak, haha

      Hapus
  6. Aku udah puasa belanja Baju beberapa bulan nih, hehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah kalo begitu mbak, sepertinya di masa pandemi ini emang sebaiknya begitu, hehe

      Hapus
  7. betul sich ... tapi mulai Maret sudah gak mood belanja kecuali makanan ... soalnya ... kita kudu sehat dan makan ... keren kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yap, sama nih mbak, tapi palingan ada tambahan buat belanja buku sih buat hiburan, agak puyeng juga kalo harus ngadep layar handphone terus, hehe

      Hapus
  8. betul banget kak, model penipuan online lagi marak

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, jangan lupa untuk selalu waspada ya! :)

      Hapus
  9. yess...jadi lebih bisa belanja dengan cerdas

    BalasHapus
    Balasan
    1. semangat belanjanya mbak! jangan lupa nerapin tips-tips nyaa! hehe :)

      Hapus

Everything About Ladya . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates