Tuesday, April 13

Ide Nama Blog
Ide Nama Blog (indahladya.com)

Tidak sedikit orang yang kebingungan ketika mencari ide nama blog untuk sebuah blog yang akan dia buat. Karena ketika akan mulai membuat sebuah blog, hal pertama yang terpikirkan pastinya ide nama blog nya dulu kan ya?

Sebagian orang merasa lebih nyaman untuk menggunakan nama aslinya dibandingkan sebuah nama khusus seperti nama pena. Namun, tidak sedikit juga yang merasa lebih nyaman untuk menggunakan nama pena dalam setiap naskah yang ia buat, dan aku adalah salah satu orangnya.

Teruntuk aku dengan nama yang sudah sangat banyak orang lain punya, maka sepertinya menggunakan nama asli bukanlah pilihan terbaik. Toh, sekelas artis pun ada yang punya nama sama denganku kan? Kalau pakai nama asli, bisa kalah jauh dong, hehe.

Kenapa “Everything About Ladya”?

Alasan Nama Blog
Alasan Nama Blog (indahladya.com)

Sebagai seseorang yang tertarik dengan nama-nama unik, membuat aku memutuskan Everything About Ladya adalah nama yang pas untuk disandingkan dengan nama penaku, yaitu Indah Ladya.

Entahlah, aku merasa perpaduan 3 kata ini sudah cukup manis, dibandingkan harus diperjelas menjadi “Everything About Indah Ladya”, is that too long? Selain terlalu panjang, sepertinya akan mengganggu estetika dari header blogku ini sendiri ya? Hehe, hidup estetika!

Ide nama blog ini adalah ide yang paling menarik menurutku, karena dari nama tersebut sudah cukup menjelaskan bahwa blog ini berisi banyak hal tentangku. Mulai dari segi pendidikanku, keseharianku, dan bahkan opini-opini randomku tentang banyak hal. Yap, kalian tidak salah, niche blogku adalah lifestyle a.k.a blog gado-gado.

Bukan Nama Pemberian Orang Lain

Bukan Nama Pemberian
Bukan Nama Pemberian (indahladya.com)

Pernyataan yang sering aku dapatkan, namun tidak lelah-lelah juga untuk aku jelaskan kembali, bahwa baik nama blog maupun nama penaku bukanlah hasil pemberian dari orang lain.

Sepertinya di sini ada beberapa informasi yang missed karena banyak orang yang baru tahu dengan “Indah Ladya” setelah seseorang memanggilku dengan nama tersebut. Padahal, sebenarnya itu bukan sebuah nama spesial yang dia berikan untukku, karena bahkan sebelum seseorang tersebut memanggilku dengan nama “Indah Ladya”, aku sudah punya nama tersebut lebih dulu.

Jadi, kalau ditanya orang, “nama Indah Ladya ini dari siapa dong?”, ya dari aku sendiri. Murni dari hal-hal random yang sebenarnya sempat aku jelaskan di sini.

Awal Mula Pakai Nama “Ladya”

Awal Ide Nama Blog
Awal Ide Nama Blog (indahladya.com)

Jauh sebelum seseorang mengenalku sebagai “Indah Ladya”, sebenarnya nama tersebut sudah aku gunakan dalam salah satu akun media sosialku, yaitu instagram. Kesulitan yang sering dialami oleh seseorang dengan nama “pasaran”, ya pasti ketika akan membuat akun media sosial mereka, karena pastinya sudah sangat banyak orang dengan nama serupa, sedangkan kamu tidak bisa membuat akun media sosial dengan nama yang sama persis seperti orang lain kan?

Nah, berawal dari kesulitan tersebut, akhirnya aku memutar otak gimana caranya aku tetap punya akun instagram dengan namaku sendiri tapi di-mixed dengan nama unik lainnya.

Dan kalau kalian tanya “arti Ladya itu apa sih? Lady ya? Perempuan?”. Hmm, tidak sepenuhnya salah sih, cuma agak kurang tepat aja. Karena meskipun pada akhirnya aku menyadari bahwa nama Ladya ini cukup dekat dengan kosakata “Perempuan” dalam bahasa Inggris, yaitu “Lady”. Tapi, sebenarnya bukan itu poin utamanya.

Nama Ladya ini aku pilih ketika aku tengah excited dengan dunia musik. Kalau kalian tahu, aku sempat gonta-ganti alat musik ketika sedang melakukan les musik. Ya meskipun pada akhirnya tidak ada alat musik yang benar-benar aku kuasai, setidaknya aku pernah mencoba untuk memainkan alat musik tersebut.

Sebuah musik, sebagaimana yang identik dengan hal seperti nada, melodi, dan lain-lainnya, adalah kosakata yang menarik untukku. Jadi, nama Ladya ini seperti plesetan dari kata melodi itu sendiri. Make sense gak sih? Atau nggak ya? Haha, tapi serius deh, itu awal mulanya.

Berakhir dengan Personal Branding

Personal Branding
Personal Branding (indahladya.com)

Sebenarnya personal branding adalah hal yang asing untukku ketika baru memulai untuk membuat sebuah blog. Boro-boro kepikiran ide nama blog untuk dijadikan personal branding, personal branding-nya aja baru tahu ketika ikut komunitas, hehe.

Namun, setelah aku memahami bahwa personal branding ini adalah suatu hal yang harus mencerminkan karakter kita, maka nama Indah Ladya adalah nama yang paling pas untuk aku jadikan personal branding-ku.

Beberapa hal yang aku pertimbangkan ketika menetapkan nama ini sebagai sebuah personal branding adalah beberapa akun media sosialku yang sudah memiliki nama demikian. Selain itu, nama Indah Ladya ini juga sudah tidak asing lagi di kalangan orang-orang terdekatku. Jadi, sekedar perlu sedikit effort agar lebih banyak lagi orang yang tidak asing dengan nama Indah Ladya ini.

Tips Menemukan Ide Nama Blog

Tips Ide Nama Blog
Tips Ide Nama Blog (indahladya.com)

Nah, setelah tahu perjalanan kisahku dalam menemukan ide nama blog ini, kamu pastinya jadi semakin tertarik untuk membuat nama unik ketika memilih nama blog mu sendiri kan?

Menemukan ide nama blog adalah hal yang gampang-gampang susah, setuju gak nih? Karena seperti yang sudah aku jelaskan sebelumnya, kamu bisa memilih nama aslimu atau justru memilih nama pena yang kamu anggap unik dan mencerminkan karaktermu.

Nah, supaya gak makin bingung, kita langsung praktek aja ya! Yuk, simak dulu beberapa tips menemukan ide nama blog berikut ini!

1. Pilih Nama Blog yang Mudah diingat

Rules yang pertama ketika akan memilih nama blog yaitu pilihlah nama blog yang mudah diingat. Hindari pemilihan nama blog yang mengandung terlalu banyak huruf konsonan sehingga membuat orang kesulitan ketika akan menyebutkan nama blogmu.

2. Tidak Terlalu Panjang

Hindari pemilihan nama blog yang terlalu panjang. Karena hal ini berhubungan dengan poin yang pertama. Apabila nama blogmu terlalu panjang, maka orang menjadi sulit untuk mengingat nama blogmu tersebut kan?

Sebagaimana aku yang lebih memilih nama “Everything About Ladya” dibandingkan “Everything About Indah Ladya”. Meskipun hanya beda 1 kata, tetap saja keliatan toh bedanya?

3. Pilih Ide Nama Blog yang Mewakili Karaktermu

Ketika akan memilih nama blog, kamu harus memilih nama yang mewakili karaktermu. Apabila kamu adalah seorang fotografer mungkin kamu bisa memilih nama “Lensed by X” atau jika kamu adalah seseorang suka mengeksplor makanan, kamu bisa memilih nama “My Food Diary”. Gampang kan?

4. Sesuaikan dengan Tema Blog

Hal selanjutnya yang tidak boleh kamu abaikan ketika memikirkan ide nama blog yaitu menyesuaikan dengan tema blog. Pilih nama yang khas untuk menjelaskan isi blogmu tersebut. Apabila kamu memiliki blog yang berisi tentang pendidikan, maka sesuaikan kembali dengan pendidikan yang seperti apa yang kamu jelaskan disana.

Sebagai contohnya, ketika kamu adalah seorang apoteker yang berusaha untuk membagikan ilmu yang kamu punya kepada orang lain, maka kamu bisa memilih nama blog “Dunia Farmasi” atau “Cerita Apoteker”, dan masih banyak lagi ide lainnya.

Untuk blog dengan tema dan niche lifestyle sepertiku, maka akan lebih bebas dalam mengeksplor nama itu sendiri. Apabila kamu sering bercerita tentang keseharianmu maka kamu bisa memilih nama “Diary of X” atau “Wonderful Life of X”, bebas saja, yang penting harus mudah diingat dan tidak terlalu panjang ya!

5. Usahakan Tidak Sama dengan yang Sudah Ada

Poin penting selanjutnya yaitu pilihlah nama blog yang tidak sama dengan orang lain. Karena pada akhirnya nama blog ini akan kamu gunakan dalam membangun personal branding. Jadi, kalau sampai sama, orang lain akan jadi kebingungan kan sebenarnya yang dimaksud ini blog si X atau blog kamu nih?

Terlepas dari beberapa tips di atas, kamu juga bisa berkunjung ke beberapa blog dengan tema yang serupa dengan blog yang akan kamu buat. Lakukan ATM (Amati, Tiru, dan Modifikasi) ketika berkunjung ke blog tersebut. Jadi, kamu tetap bisa menemukan ide nama blog yang sesuai denganmu tapi juga tetap unik kan? Gimana, tertarik untuk mencari ide nama blogmu sekarang?

Share artikel ini ke temen-temen kamu supaya gak makin banyak orang yang kebingungan ketika akan memulai sebuah blog ya! Selamat mencoba!


Baca Juga :

Belajar Jadi Blogger Professional Bareng ODOP Blogger Squad
7 Alasan Kenapa Harus Punya Blog, Yuk Cari Tahu Alasanmu!

Everything About Ladya . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates