Thursday, April 15

Harapan Terbesar Untuk Blog
Harapan Terbesar untuk Blog (indahladya.com)

Konsisten, itu adalah salah satu harapan terbesar untuk blog indahladya.com yang nyatanya masih aku rintis hingga saat ini. Menjadi seorang blogger berarti siap untuk terus membagikan artikel-artikel yang bermanfaat, bahkan di saat aku merasa bahwa aku sedang dikejar-kejar kesibukan yang lain.

Kenapa Harus Menyusun Harapan Terbesar untuk Blog?

Alasan Menyusun Harapan Terbesar untuk Blog
Alasan Menyusun Harapan Terbesar untuk Blog (indahladya.com)

“Tapi, menyusun harapan terbesar untuk blog itu penting gak sih?”, menurutku sangat penting. Karena ketika kita sudah mengetahui apa yang menjadi mimpi dan harapan terbesar untuk blog yang sedang kita kembangkan saat ini, maka hal itu akan menjadi pengingat kita di kala jenuh ketika menjalani proses menuju “harapan terbesar” itu nantinya.

Yap, bisa aku katakan bahwa harapan terbesar ini sangat berkaitan erat dengan Big Why yang tak pernah lelah untuk aku sampaikan di setiap artikel dengan tema blogging yang aku buat.

Blogging tanpa alasan dan harapan yang pasti pada akhirnya akan mengundang jenuh karena ketidakjelasan akan dibawa kemana blog yang kita kembangkan sejauh ini.

Mimpi dan Harapan Terbesar untuk Blog

Harapan untuk Blog
Harapan untuk Blog (indahladya.com)

Jika kamu bertanya mengenai mimpi dan harapan terbesarku saat ini, maka sesungguhnya aku benar-benar ingin menjadi seorang full time blogger, di mana aku tidak hanya menikmati dunia blogging sebagai hobi, namun juga sebagai profesiku nantinya.

Meskipun aku sadari bahwa proses menuju kesana masih sangat jauh. Tapi, aku tetap percaya bahwa akan selalu ada jalan jika kita mau bersungguh-sungguh. Perihal waktunya, mungkin aku hanya perlu bersabar dan menikmati setiap proses jatuh bangunku tersebut. Karena nyatanya, tidak pernah ada hasil yang instan bukan?

Strategi dalam Mewujudkan Harapan Terbesar untuk Blog

Strategi Harapan Terbesar untuk Blog
Strategi dan Harapan Terbesar untuk Blog (indahladya.com)

Di balik mimpi dan harapan terbesarku untuk menjadi seorang full time blogger tersebut, aku mencoba untuk menyusun beberapa strategi yang aku yakini akan segera membawaku pada mimpi yang nyata tersebut.

1. Konsisten dalam Menulis Artikel (perencanaan konten)

Sebagaimana yang telah aku jelaskan sebelumnya, konsisten adalah kunci utama bagi seorang blogger yang ingin bersungguh-sungguh dalam mengembangkan blog miliknya.

Untuk strategi yang satu ini, aku mencoba untuk membuat sebuah content planner dalam bentuk Excel. Di dalam file tersebut, aku berusaha untuk menuliskan ide tulisan apa saja yang ingin aku buat. Bahkan, di saat aku merasa bahwa ide itu agak sulit untuk direalisasikan. Tapi, kapan pun ide itu datang, aku selalu berusaha untuk mengabadikannya di dalam catatan Excel ku tersebut.

Jika memang kebetulan aku tidak sedang membuka laptop saat itu, maka aku akan mencatatnya sementara di notes smartphone ku terlebih dulu. Karena untuk aku sebagai orang yang pelupa ini sepertinya lebih baik untuk mensegerakan segala sesuatu hal ketika aku teringat, sebelum nantinya aku terlupa kembali.

2. Content is The King

Menjadi konsisten bukan berarti asal menulis artikel apa saja yang penting posting. Bagiku, konten tetaplah raja dari sebuah blog. Jika kamu ingin mengembangkan blog yang berkualitas, maka kamu harus bersiap untuk tidak hanya konsisten dalam menulis tapi juga membuat artikel yang bermanfaat.

Buatlah agar pengunjung pertama blog mu meninggalkan kesan yang baik setelah menjadi pembaca artikel di sana. Karena ketika mereka merasa terbantu dengan artikel yang kita buat, maka akan selalu ada kemungkinan bahwa mereka akan kembali lagi ketika kelak mencari informasi tertentu di blog kita tersebut.

3. Memiliki Niche yang Lebih Spesifik

Blog indahladya.com saat ini mungkin memang masih memiliki niche lifestyle, atau bisa dibilang sebagai blog gado-gado, karena semua serba ada di sini. Mulai dari kebiasaan yang dekat dengan kehidupan kita sehari-hari, seperti artikel “how to” atau bahkan beberapa artikel dengan tema kesehatan yang cukup sering aku tulis untuk mengunci ilmu yang telah aku dapatkan selama S1 dulu.

Namun, niche blog ini sebenarnya sangat penting. Meskipun tetap tidak ada salahnya juga untuk memiliki niche blog lifestyle. Tapi, kelak aku berharap untuk dapat mengembangkan sebuah blog dengan niche yang lebih spesifik, mungkin nantinya artikel-artikel dengan tema kesehatan ini akan aku khususkan dalam satu blog khusus. Agar nantinya ketika pembacaku ingin mencari artikel dengan tema-tema tertentu mereka bisa langsung terarah ke blog dengan niche yang spesifik tersebut. Doakan aku agar segera terwujud ya!

4. SEO

Fokus pada SEO adalah salah satu harapan terbesar untuk blog yang aku miliki saat ini. Meskipun aku sebenarnya masih belum terlalu expert di bidang ini, tapi sedikit demi sedikit aku memahami bahwa tidak ada kata “kebetulan” ketika artikelmu muncul di halaman pertama pada laman Google.

Karena nyatanya aku sudah membedakan artikel dengan SEO yang baik dengan artikel yang belum SEO friendly. Percayalah, page views organik tidak akan berbohong ketika kamu berusaha untuk menekuni hal yang satu ini. Yang penting, jangan lupa untuk konsisten ya!

5. Menentukan Metode Monetisasi Blog

Monetisasi blog bisa dilakukan dengan banyak hal, mulai dari mendaftar ke Google Adsense, memberikan jasa untuk content placement, atau bahkan dengan menulis artikel review.

Hingga saat ini aku baru menerapkan dua metode monetisasi di blog indahladya.com ini, yaitu melalui content placement dan juga artikel review. Meskipun masih menjadi seorang blogger pemula, tapi aku selalu berusaha untuk menghasilkan pengalaman terbaik ketika sebuah brand mencoba untuk mengajakku bekerja sama.

Jangan lupa, bahwa seorang blogger juga punya etikanya tersendiri loh ya! Hihi. Pahami konsep briefing dengan baik, dan jangan segan untuk bernegosiasi agar kita sama-sama mendapatkan konsep dan hasil yang terbaik.

6. Aktif dalam Komunitas Blogger

Untuk strategi yang satu ini adalah strategi yang masih terus aku usahakan. Meskipun nyatanya sebagai mahasiswa profesi apoteker, aku merasa bahwa aku harus siap untuk membagi waktuku sepenuhnya, waktu untuk menjadi seorang mahasiswa dengan tugas dan ujian yang tiada hentinya, dan waktu untuk menjadi seorang blogger yang tidak hanya di aktif di blog milikku sendiri tapi juga aktif di berbagai komunitas yang aku ikuti.

Mungkin memang sulit, tapi tidak ada salahnya untuk selalu mencoba bukan? Dengan kedisiplinan yang baik dan terus berusaha untuk tidak menunda suatu pekerjaan, tidak menutup kemungkinan bahwa siapa pun bisa menjalankan dua peran itu sekaligus. Ingat, kuncinya konsisten!

7. Optimasi Media Sosial

Dulu aku tidak pernah berpikir bahwa media sosial adalah hal kedua yang harus aku perhatian setelah blog milikku sendiri. Dulu, dalam menyusun harapan terbesar untuk blog milikku, aku tidak pernah memasukkan optimasi media sosial dalam daftar strategi tersebut.

Namun, pada akhirnya aku memahami bahwa ternyata seorang blogger tidak bisa lepas dari optimasi media sosial ini sendiri. Meskipun awalnya sulit, setidaknya usahakan agar media sosialmu tidak terlihat seperti etalase kosong yang membingungkan visitor blogmu ketika berkunjung ke media sosialmu yang lain ya!

Nah, jadi bagaimana? Sudah siap untuk merealisasikan harapan terbesar untuk blog mu saat ini? Jika kamu merasa bahwa artikel ini bermanfaat, jangan lupa untuk share ke teman-teman yang lain ya!

Baca Juga :

Ide Nama Blog : Kenapa Harus "Evertyhing About Ladya" sih?
My Blogging Journey : Alasan Memulai Blogging by Indah Ladya

1 comments:

  1. Usaha tidak akan mengkhianati hasil, sangat bermanfaat sekali, terima kasih

    ReplyDelete

Everything About Ladya . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates