Monday, April 26

Cara Menyusun Rencana 5 Tahun ke Depan
Cara Menyusun Rencana 5 Tahun ke Depan (indahladya.com)

Rencana 5 tahun ke depan sudah bukan menjadi waktu yang panjang loh. Bahkan, banyak orang yang sudah mulai menuliskan hal-hal apa saja yang ingin mereka capai dalam jangka waktu 5 tahun ke depan. Penasaran sama caraku dalam menyusun rencana dalam 5 tahun ke depan ini? Pantengin terus artikelnya sampai akhir ya!

Rencana 5 Tahun ke Depan Versi Aku

Rencanaku 5 Tahun ke Depan
Rencanaku 5 Tahun ke Depan (indahladya.com)

Membuat sebuah planning adalah hal yang sudah biasa aku lakukan, bahkan untuk tujuan jangka pendek sekalipun. Jadi, ketika menyusun rencana 5 tahun ke depan ini, aku hanya perlu memilah-milah kembali apa saja yang nanti akan tetap aku perjuangkan, dan apa yang sebaiknya belum menjadi prioritasku lebih dulu di saat itu.

Sebenarnya, ada begitu banyak ide di dalam kepalaku dalam menyusun rencana 5 tahun ke depan ini. Namun, mungkin secara umum, 2 hal ini adalah rencana paling besar yang akan aku wujudkan dalam jangka 5 tahun ke depan nantinya.

Rencanaku yang pertama yaitu untuk bisa menjadi seorang farmasis yang bertanggung jawab. Dengan semua jerih payahku ketika mulai menjadi seorang mahasiswi farmasi sejak S1 dulu, tentunya menjadi seorang farmasis adalah hal yang memang layak aku perjuangkan bukan?

Meskipun nyatanya saat ini aku juga memiliki hal lain yang ingin segera aku wujudkan, namun rencana yang satu ini tetap menjadi rencana nomor satu bagiku. Faktor pertama mungkin sebagai ucapan terima kasih kepada kedua orang tuaku yang sudah membawaku hingga ke titik ini. Dan faktor yang kedua, tentunya ini adalah tanggung jawab moral bagiku yang sudah berani melangkahkan kaki untuk meneruskan pendidikan profesiku saat ini.

Rencanaku yang kedua yaitu untuk meneruskan mimpiku menjadi seorang professional blogger. Meskipun nyatanya saat ini aku sudah menjadi seorang blogger dan terkadang mendapatkan hasil yang lumayan selama prosesnya, namun aku tetap belum bisa mengatakan bahwa diriku adalah seorang professional blogger. Dan tentunya rencana satu ini adalah rencana yang tidak kalah penting untuk segera aku wujudkan dalam 5 tahun ke depan nantinya.

Sebenarnya masih sangat banyak rencana-rencana lain yang ingin segera aku wujudkan, namun hal tersebut tidak terlepas dari dua rencana besarku ini. Jadi, jika kalian bertanya mengenai rencana besarku dalam 5 tahun ke depan, maka menjadi seorang farmasis sekaligus seorang blogger tanpa mengorbankan salah satu di antara keduanya adalah rencanaku paling utama di dunia ini.

Cara Menyusun Rencana 5 Tahun ke Depan

Menyusun Rencana 5 Tahun ke Depan
Menyusun Rencana 5 Tahun ke Depan (indahladya.com)

Setelah mengetahui rencanaku dalam 5 tahun ke depan, mungkin akan banyak orang yang juga ingin menyusun rencana mereka dalam 5 tahun ke depan nantinya. Sayangnya, tidak sedikit yang mungkin masih merasa kebingungan dengan cara apa mereka harus menyusun rencana 5 tahun ke depan nantinya.

Nah, berikut ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar rencanamu dalam 5 tahun ke depan bisa menjadi lebih terrealisasi. Yuk, simak apa aja yang harus dilakukan!

1. Mengkonsep Big Why

Mengkonsep Big Why
Mengkonsep Big Why (indahladya.com)

Hal pertama yang harus lakukan ketika akan menyusun rencana dalam 5 tahun ke depan yaitu dengan mengkonsep tujuan utamamu terlebih dulu. Cari tahu apa alasan utamamu ketika akan memulai suatu hal. Dan dari sini, kamu akan mengetahui apakah hal tersebut memang layak untuk kamu perjuangkan atau tidak.

2. Menentukan Prioritas

Menentukan Prioritas
Menentukan Prioritas (indahladya.com)

Biasanya, tidak sedikit orang yang masih bingung perihal keinginan dan kebutuhannya selama ini. Nyatanya masih ada orang-orang yang tidak bisa membedakan apakah suatu hal tersebut hanya sekedar ia inginkan atau justru benar-benar ia butuhkan.

Nah, dalam menyusun rencana 5 tahun ke depan ini, kamu perlu menentukan prioritas hidupmu terlebih dulu. Jangan sampai rencana-rencana yang kamu buat ternyata tidak begitu benar-benar kamu butuhkan selama ini.

3. Buatlah Sedetail Mungkin

Rencana yang Detail
Rencana yang Detail (indahladya.com)

Aku selalu terbiasa untuk menuliskan suatu planning / rencana dengan sedetail mungkin. Jika pun ditanya alasannya, maka sebenarnya sederhana saja, biasanya kita akan cenderung mendahulukan hal-hal yang terlihat lebih jelas daripada suatu hal yang masih terlihas bias.

Beri waktu pasti kapan kamu harus memulai suatu hal agar rencanamu dapat tercapai dalam jangka waktu tersebut. Dan jika kamu memang memiliki sebuah rencana yang cukup besar, maka pastikan untuk membagi hal tersebut ke dalam langkah-langkah kecil. Just to make sure, maka rencana tersebut benar-benar suatu hal yang real, bukan sekedar pengandai-andaian belaka.

4. Kenali Support System-mu

Kenali Support System
Kenali Support System (indahladya.com)

Support system adalah hal yang paling penting untuk kamu pertimbangkan ketika akan menyusun rencaan 5 tahun ke depan nantinya. Kamu tentunya memiliki lingkungan dan beberapa teman yang memang menjadi alasanmu untuk bertahan sejauh ini bukan?

Nah, di sinilah cara support system ini bekerja. Diskusikan hal-hal yang ingin kamu rencanakan dalam 5 tahun ke depan bersama support system-mu. Karena jika memang orang ini adalah orang yang paling berpengaruh dalam hidupmu selama ini, maka tentunya akan lebih mudah bagiku untuk bertukar pikiran dan menemukan konsep dan rencana terbaik untuk segera waktu wujudkan dalam jangka waktu 5 tahun ke depan nantinya.

5. Jangan Lupa Dicatat Ya!

Mencatat Rencana 5 Tahun ke Depan
Mencatat Rencana 5 Tahun ke Depan (indahladya.com)

Last but not least, mencatat adalah hal terpenting dalam menyusun sebuah rencana, entah itu rencana jangka pendek maupun rencana jangka panjang. Ketika kita menuliskan apa yang ingin kita lakukan, maka otak kita akan merespon hal tersebut dengan lebih baik, sehingga terdapat dorongan yang lebih besar agar kita dapat segera mewujudkan rencana kita tersebut.

Mungkin yang sudah terbiasa untuk menuliskan “to do list” ketika akan memulai harinya, sudah tidak lagi berpikir bahwa mencatat rencana-rencana besar sepert ini adalah hal yang sulit bukan?

And again, lebih dan kurangnya ini dipengaruhi terhadap faktor kebiasaanmu. Jadi, ketika kamu mencoba untuk merencanakan suatu hal besar dalam jangka 5 tahun ke depan, maka pastikan kamu sudah memulai untuk membiasakan hal-hal yang baik sehingga kebiasaan baikmu tersebut akan segera membawamu ke rencana 5 tahun ke depan tersebut. Selamat berjuang!

Baca Juga :

Haruskah Kembali Menyusun Resolusi di Tahun 2021?
Mengingat Kembali Resolusi di Tahun 2021, Masih Belum Terlambat Kok!

Everything About Ladya . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates