Thursday, December 31

Haruskah Kembali Menyusun Resolusi di Tahun 2021
Haruskah Kembali Menyusun Resolusi di Tahun 2021? (indahladya.com)

Tak terasa akhirnya kita tiba di penghujung tahun 2020. Bagaimana tahun ini menurutmu? Sudah berapa kejutan tak terduga yang kamu dapatkan hingga hari ini? Atau kamu justru sudah lega karena akhirnya kamu mampu menjadi pemenang yang telah bertahan melewati tahun dengan sejuta ujian ini?

Tentunya tahun ini akan menyimpan kenangan tersendiri yang akan kamu ceritakan pada generasi setelahmu kelak. Mereka berhak tahu, bahwa beban berat yang tengah kamu rasakan kala itu tidak pernah menghalangi kamu untuk terus bertahan demi memperjuangkan harapan dan impian. Meskipun pada akhirnya harus berulang kali menelan pil pahit karena pada kenyatannya kita hanyalah manusia biasa yang sangat bergantung dengan keadaan.

Bagaimana Tahun 2020 Membentuk Karaktermu Saat ini?

Bagaimana Tahun 2020 Membentuk Karaktermu
Bagaimana Tahun 2020 Membentuk Karaktermu? (indahladya.com)

Sempatkah kamu sedikit berandai-andai mencari petunjuk akan seperti apa kamu di tahun 2021 nanti? Apakah kamu akan tetap menangisi harapan dan impian yang hancur satu tahun belakangan? Ataukah kamu sudah menjadi pribadi yang lebih kuat untuk menghadapi kejutan-kejutan berikutnya?

Di penghujung tahun 2020 ini, kita akan dipecah menjadi dua golongan. Golongan yang pertama adalah golongan orang yang menyerah dengan keadaan akibat hati dan mental yang entah sudah berapa kali dibuat kecewa begitu saja.

Dan golongan yang kedua adalah golongan orang yang berani mengambil hikmah dari ujian yang telah ia hadapai satu tahun belakangan. Namanya saja ujian, pasti akan ada hasil yang kita dapatkan, bukan?

Namun, tentunya hasil ini akan bergantung dari seberapa besar usaha yang telah kamu kerahkan selama melewati proses ujian tersebut. Dengan penuh cacian kah? Atau justru dengan penuh prasangka baik pada Tuhan?

Perlukah Menyusun Resolusi di Tahun 2021?

Perlukah Menyusun Resolusi di Tahun 2021
Perlukah Menyusun Resolusi di Tahun 2021? (indahladya.com)

Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, kita terbiasa menuliskan berbagai resolusi yang harapannya akan kita capai dalam satu tahun ke depan. Sebagian di antaranya mampu kita wujudkan. Namun, tak jarang sebagian lainnya belum juga mampu untuk kita gapai.

Bahkan, biasanya ada satu resolusi yang akan selalu hadir dalam daftar yang kamu buat dalam beberapa tahun. Seperti resolusi untuk memiliki rumah, peningkatan dalam karir, atau bahkan keinginan untuk menikah misalnya?

Aku pernah mendengar cerita dari seseorang yang sudah berulang kali menuliskan satu resolusi yang sama ke dalam daftar yang ia buat. Dia berkata bahwa, tak masalah jika hingga saat ini pun resolusi ini belum juga bisa ia gapai, karena sesungguhnya jika kita berusaha untuk menikmati suatu proses, maka kita akan tetap merasa bahagia.

Eits, tapi jangan salah paham dulu ya! Bukan berarti kamu menjadi harus pasrah pada resolusi yang sudah kamu buat. Kamu tetap harus berusaha, hanya saja, untuk hasilnya nanti kita serahkan pada Tuhan. Bukankah itu yang dinamakan ikhtiar? So, keep going on!

Lelah Bukan Berarti Harus Berhenti

Lelah Bukan Berarti Harus Berhenti
Lelah Bukan Berarti Harus Berhenti (indahladya.com)

Jujur saja, aku tak punya outline yang begitu menarik untuk menyampaikan sebuah pesan manis di penghujung tahun 2020 ini. Hanya saja aku ingin lebih banyak orang lagi yang ikut merasakan harapan dan impian yang hingga saat ini masih aku genggam.

Jika pun kalian bertanya, apakah aku lelah? Iya, tentu saja! Sejujurnya aku sudah cukup lelah menuliskan resolusi hidupku yang sepertinya hanya “itu-itu saja”. Tidak perlu diuji dengan pandemi pun, resolusiku tetap menyisakan daftar yang tidak bisa aku checklist di tahun itu. Lantas bagaimana dengan ujian sekaligus kejutan dari pandemi kali ini?

Namun, meskipun daftar resolusiku tidak pernah bisa tercentang dengan sempurna, aku merasakan suatu perjalanan yang membentuk karakterku hingga sekuat ini. Dan inilah yang aku namakan dengan sebuah proses.

Aku sangat menikmati proses jatuh bangunku saat ini. Meskipun terkadang saking lelahnya aku harus menangis karena tak kuasa menahan beban yang belum juga bisa aku sisihkan. Namun, hal yang selalu aku ingat adalah, lelah bukan berarti harus berhenti.

Tidak perlu marah pada keadaan, kamu tinggal berusaha dan menikmati segala prosesnya. Percayalah, tidak semua hal harus berjalan sesuai rencana kita, karena Tuhan juga punya rencana.

So, prepare yourself guys! Kita akan bersiap menghadapi kejutan baru di tahun 2021 nanti! Tahun yang meskipun tidak sempurna, tapi mampu memberimu hidup. Jadi, jangan lupa bahagia ya!

 

IndahLadya


Baca Juga:

Sebuah Motivasi : Pengalaman Kampanye Informasi Obat
Pandemi Covid-19 di Mata Mahasiswa
Indah Ladya, Mimpi 9 Tahun yang Lalu

2 comments:

  1. Wah ini pertanyaan yang sering muncul ya mbak Indah haha.. buat ngga ya buat ngga ya, jadi buat galau malahan.. kalau buat juga nanti takut kalau tidak kesampaian dan malah membuat kita sedih..
    Kalau aku tim buat resolusi mbak. Seru aja gitu kalau buat jadi bisa menambah motivasi kita untuk tahun kedepan :)

    ReplyDelete
  2. Harus si walau belum tahu hasilnya nanti bakalan mengecewakan atau membahagiakan ,tapi setidaknya kita dah berikhtiar berusaha hehe

    ReplyDelete

Everything About Ladya . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates