Sunday, December 27

Mengapa Insulin Digunakan Untuk Diabetes Tipe 1?
Mengapa Insulin Digunakan Untuk Penderita DM Tipe 1? (indahladya.com)

Diabetes adalah penyakit yang diidentikkan dengan kenaikan kadar gula darah yang disebabkan oleh pola makan yang tinggi glukosa. Namun, tahukah kamu bahwa ternyata penyakit diabetes yang disebutkan tadi adalah penyakit diabetes tipe 2?

Penyakit Diabetes Melitus

Penyakit Diabetes Melitus
Penyakit Diabetes Melitus (indahladya.com)

Berdasarkan ckdjournal.com, diabetes melitus adalah kelompok penyakit metabolik dengan karakteristik hiperglikemia kronik akibat gangguan sekresi insulin, kerja insulin, atau keduanya, yang menurunkan kerja insulin pada jaringan target, sehingga terjadi kelainan metabolisme karbohidrat, lemak, dan protein.

Perbedaan DM Tipe 1 dan Tipe 2

Perbedaan DM Tipe 1 dan Tipe 2
Perbedaan DM Tipe 1 dan Tipe 2 (indahladya.com)

Diabetes melitus mungkin dikenal sebagai penyakit yang berkaitan dengan kenaikan kadar gula dalam darah. Namun, berdasarkan penyebabnya, diabetes melitus dibagi menjadi DM tipe 1 dan DM tipe 2. Pada DM tipe 1, terjadi kerusakan pankreas akibat penyakit autoimun yang menyebabkan pankreas tidak mampu memproduksi insulin.

Sedangkan DM tipe 2 disebabkan oleh banyak faktor, seperti kelebihan berat badan, pola makan yang tidak sehat, kurang berolahraga, atau bahkan disebabkan oleh faktor keturunan.

Berbeda dengan DM tipe 1, pankreas pada penderita DM tipe 2 masih mampu memproduksi insulin. Namun, sel-sel di dalam tubuh kurang sensitif terhadap insulin sehingga insulin yang dihasilkan dalam tubuh tidak dapat digunakan dengan baik. Hal ini biasa disebut dengan resistensi sel terhadap insulin.

Penggunaan Insulin

Penggunaan Insulin
Penggunaan Insulin (indahladya.com)

Penderita DM tipe 1 mengalami kekurangan insulin atau bahkan tidak memproduksi sama sekali insulin di dalam tubuh. Oleh karena itu, penggunaan insulin dari luar adalah hal yang penting untuk dilakukan oleh penderita DM tipe 1.

Hingga saat ini penyakit DM tipe 1 belum dapat disembuhkan. Namun, kualitas hidup dari penderitanya dapat dipertahankan dengan penggunaan terapi insulin tersebut. Terapi insulin bertujuan untuk memastikan kadar insulin cukup di dalam tubuh untuk memenuhi kebutuhan metabolisme makanan dalam tubuh.

Terlepas dari tujuan penggunaan insulin tersebut, ternyata tidak hanya penderita DM tipe 1 yang dapat menggunakan insulin. Dalam beberapa kondisi, penderita DM tipe 2 juga diberikan terapi insulin. Seperti ketika dalam kondisi kehamilan atau setelah dual/triple therapy antidiabetik oral tidak mencapai target (ADA, 2019).

Jenis Insulin

Pemberian insulin dilakukan secara subkutan dengan melakukan pinch (cubitan). Adapun untuk prinsip penggunaannya, insulin ini terbagi menjadi insulin basal dan insulin prandial. Sistem basal adalah pemberian insulin kerja panjang atau menengah yang diberikan sebelum tidur. Sedangkan sistem prandial adalah pemberian insulin kerja cepat (rapid insulin) yang diberikan setiap sebelum makan.

Berikut ini jenis-jenis insulin berdasarkan profil kerjanya :

Jenis Insulin
Jenis Insulin dan Profil Kerjanya (indahladya.com)

Kesimpulan

Kesimpulan
Kesimpulan (indahladya.com)

Penyakit diabetes melitus terbagi menjadi DM tipe 1 dan DM tipe 2. Penyakit DM tipe 1 disebabkan oleh kekurangan insulin atau bahkan tubuh yang tidak sama sekali memproduksi insulin sehingga dibutuhkan terapi insulin dari luar.

Meskipun hingga saat ini belum ditemukan metode penyembuhan untuk penyakit DM tipe 1, tetapi kualitas hidup pasien tetap dapat dipertahankan dengan melakukan pemberian insulin dan penerapan pola hidup sehat.

Pemberian insulin ini akan menyesuaikan dengan kondisi tubuh pasien yang bertujuan untuk mengendalikan fungsi insulin sebagaimana mestinya untuk memetabolisme glukosa dalam darah.

Menjadi penderita DM tipe 1 tidak menjadikanmu seseorang yang harus diperlakukan berbeda dengan orang lainnya. Kamu juga punya harapan hidup yang tinggi! Tetap semangat dalam mengontrol gula darahmu dengan cara menerapkan pola hidup sehat dan penggunaan insulin secara teratur ya! You’re a strong fighter!

 

IndahLadya

 

Referensi :

Adelita, M., Arto, K.S., Deliana, M. 2020, Kontrol Metabolik pada Penderita Diabetes Melitus Tipe-1, Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara, www.ckdjournal.com.

American Diabetes Association, 2019, Glycemic Targets: Standards of Medical Care in Diabetes.


Referensi :

Sebuah Motivasi : Pengalaman Kampanye Informasi Obat
Yuk, Kenali Obat Off-Label dan Contoh Obatnya!
Aturan Penggunaan Air Putih Untuk Mengonsumsi Obat

1 comments:

  1. Makasih kak, pengetahuan ku jadi bertambah :D

    ReplyDelete

Everything About Ladya . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates