Sunday, December 20

Aturan Penggunaan Air Putih Untuk Mengonsumsi Obat
Aturan Penggunaan Air Putih Untuk Mengonsumsi Obat (indahladya.com)

Air merupakan media pembawa yang diperlukan obat untuk terdistribusi secara sistemik atau terfokus pada suatu target tertentu. Terutama ketika mengonsumsi obat per oral dalam bentuk sediaan padat seperti tablet, kapsul, dan pil, tentunya kamu membutuhkan sejumlah air untuk membantu proses menelan obat tersebut. Namun, pernahkah mendengar kasus seseorang yang tidak membutuhkan air untuk menelan obatnya? Hmm, kira-kira ada efeknya gak ya?

Aturan Ketika Akan Mengonsumsi Obat

Aturan Ketika Akan Mengonsumsi Obat
Aturan Ketika Akan Mengonsumsi Obat (indahladya.com)

Ketika kamu menebus obat yang telah diresepkan oleh dokter, apoteker akan memberikan konseling mengenai aturan pakai, dosis, dan waktu yang tepat untuk meminum obat tersebut. Nah, aturan-aturan ini tidak boleh disepelekan loh. Hal ini dikarenakan konseling dilakukan untuk memastikan penggunaan obat akan memberikan hasil yang efektif.

Cara mengonsumsi obat yang tidak tepat tentu saja bisa mengakibatkan beberapa efek buruk, seperti meningkatkan efek samping, tidak tercapainya hasil yang efektif, hingga menimbulkan interaksi obat.

Interaksi Obat dan Makanan

Interaksi Obat dan Makanan
Interaksi Obat dan Makanan (indahladya.com)

Beberapa jenis obat dapat menimbulkan interaksi jika diberikan bersamaan dengan makanan. Tidak hanya makanan, bahkan beberapa jenis obat pun dapat berinteraksi jika dikonumsi bersamaan dengan susu. Dikutip dari alodokter.com, mengonsumsi suplemen zat besi bersamaan dengan susu dapat menurunkan penyerapan zat besi dalam tubuh.

Untuk menghindari hal tersebut, maka pasien disarankan untuk mengonsumsi obat dengan segelas air putih. Selain untuk mempermudah proses menelan, ternyata mengonsumsi obat menggunakan air putih juga berguna untuk mempermudah kelarutan obat dalam tubuh.

Lalu, bagaimana dengan kasus seseorang yang mengonsumsi obat tanpa menggunakan air putih? Berikut ini beberapa dampak buruk yang bisa kamu dapatkan jika menelan obat tanpa menggunakan segelas air putih berdasarkan thehealthsite.com.

Dampak Buruk Menelan Obat Tanpa Segelas Air Putih
Dampak Buruk Menelan Obat Tanpa Segelas Air Putih (indahladya.com)

Memperjelas Rasa Pahit

Ketika kamu mengonsumsi obat tanpa menggunakan segelas air, maka gesekan antara lidah dan permukaan obat akan semakin memperjelas rasa pahit dari obat tersebut. Bahkan menelan obat tanpa segelas air ini juga meningkatkan risiko tersedak loh. Wah, bahaya kan ya?

Menyebabkan Tablet Tidak Larut Sempurna

Air merupakan media pembawa yang dapat membantu sediaan obat, terutama dalam bentuk sediaan padat, agar dapat larut sempurna. Jika kamu mengonsumsi obat tanpa menggunakan segelas air, maka hal ini dapat menyebabkan obat tersebut tidak larut secara sempurna. Jika obat tidak larut sempurna, maka berarti efek yang didapatkan oleh tubuhmu menjadi tidak maksimal loh!

Mengiritasi Lambung

Beberapa jenis obat dapat bersifat mengiritasi lambung, contohnya ibuprofen. Apabila sediaan ini tidak dikonsumsi bersamaan dengan segelas air, maka ibuprofen dapat berinteraksi dengan asam klorida sehingga mengiritasi lambung dan menyebabkan timbulnya sakit maag (thehealthsite.com).

Bagaimana Jika Mengonsumsi Obat Menggunakan Air Dingin?

Bagaimana Jika Mengonsumsi Obat Menggunakan Air Dingin
Bagaimana Jika Mengonsumsi Obat Menggunakan Air Dingin? (indahladya.com)

Beberapa orang mungkin sudah menjadi cold water-addicted sehingga segala sesuatu yang ia konsumsi harus disertai dengan minuman bersuhu dingin. Namun, bagaimana penjelasannya ketika obat dikonsumsi dengan suhu dingin, berbahayakah?

Dilansir dari kollam.kimsglobal.com, ketika obat-obatan diminum bersamaan dengan air dingin, maka tubuh cenderung menghabiskan lebih banyak energi untuk menghangatkan air dingin yang masuk ke dalam tubuhmu daripada fokus untuk memproses obat yang baru saja kamu konsumsi.

Sederhananya, ketika tubuh mengonsumsi air dingin, maka tubuh secara otomatis akan menstabilkan terlebih dahulu suhu yang menurun akibat air dingin tersebut. Jadi, apabila obat dikonsumsi bersamaan dengan air dingin, maka akan menghambat proses pelarutan obat sehingga penyerapannya menjadi tidak optimal.

Lalu, bagaimana dengan air hangat? Secara logika, air hangat memang akan mempercepat proses pelarutan obat. Namun, jangan sampai suhu air tersebut menjadi terlalu panas ya. Hal ini justru akan merusak senyawa yang terkandung dalam obat tersebut loh!

Terutama ketika mengonsumsi obat dalam bentuk sediaan kapsul, jika kamu mengonsumsinya bersamaan dengan air bersuhu tinggi maka akan menyebabkan cangkang kapsul tersebut lunak terlebih dulu bersamaan dengan air yang konsumsi tersebut.

Nah, jadi bagaimana? Sebaiknya selalu konsumsi obat-obatanmu dengan menggunakan air dengan temperatur normal ya. Bila masih bingung mengenai aturan dan cara mengonsumsi obat yang baik, jangan lupa untuk menanyakannya kepada dokter dan apoteker.

 

IndahLadya

 

Referensi:

Kerala Institute of Medical Science, 2020, Why You Shouldn’t Consume Medicines With Cold Water, https://kollam.kimsglobal.com/why-you-shouldnt-consume-medicines-with-cold-water/#:~:text=When%20medicines%20are%20taken%20with,medication%20you%20have%20just%20consumed.

Sandhya Raghavan, 2017, Are You Drinking Enough Water With Your Medicine?, https://www.thehealthsite.com/diseases-conditions/are-you-drinking-enough-water-with-your-medicine-k0517-492601/


Baca Juga:

Yuk, Kenali 3 Jenis Obat Tradisional!
Mengapa Ada Obat yang Diberikan Sebelum Atau Sesudah Makan?
Mengapa Antibiotik Harus Dihabiskan?

2 comments:

  1. Aku kalo minum obat minum air biasa si bukan dingin/anget hehe

    ReplyDelete
  2. Terimakasih kak infonya hehehe, Jadi nambah ilmu nih

    ReplyDelete

Everything About Ladya . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates