Wednesday, April 21

Barang Wajib di Tas
Barang Wajib di Tas Saat Bepergian (indahladya.com)

Semenjak pandemi, banyak orang yang menjadi terbiasa untuk membawa barang wajib di tas mereka. Mulai dari barang-barang yang digunakan untuk sanitasi hingga kebutuhan-kebutuhan penting lainnya.

Sebagai wanita, aku sangat merasakan perbedaan dalam menentukan prioritas barang wajib di tasku selama pandemi kali ini. Jika awalnya parfum adalah barang yang tidak boleh aku lupakan ketika akan pergi, maka sekarang slot tasku tersebut telah tergantikan dengan handsanitizer dan disinfektan. Ala-ala pandemic-fighter banget kan?

Nah, mungkin ada beberapa dari kalian yang masih bingung dalam menentukan prioritas barang wajib di tas selama pandemi kali ini. Karena sebagai wanita yang terbiasa membawa tas yang lebih bisa disebut sebagai kantong doraemon, karena semua serba ada di dalamnya, maka mau tak mau aku harus memilih prioritas utamaku terlebih dahulu.

Penasaran sama barang apa aja sih yang selalu aku bawa saat ini? Yuk, simak barang wajib di tas saat bepergian selama pandemi berikut ini ya!

Barang Wajib di Tas Selama Pandemi

Barang Wajib di Tas Pandemi
Barang Wajib di Tas Selama Pandemi (indahladya.com)

1. Handsanitizer

Barang wajib di tas berikut ini tentunya sangat familiar sebagai pandemic-fighter seperti kita saat ini bukan? Handsanitizer adalah barang yang tidak boleh terlupakan ketika akan melakukan aktivitas di luar rumah, meskipun hanya sebentar saja.

Tanpa kita sadari, benda apapun yang kontak dengan tangan kita saat ini dapat menularkan mikroorganisme, baik ke diri kita sendiri bahkan ke orang lain yang kontak langsung dengan kita.

Nah, untuk meminimalisir terjadinya penularan tersebut, aku biasanya menggunakan handsanitizer ketika berada di suatu lokasi yang tidak memiliki wastafel untuk mencuci tangan.

Meskipun nyatanya mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir ini jauh lebih efektif, namun apabila kamu berada di lingkungan yang kesulitan untuk mengakses tempat mencuci tangan, maka handsanitizer ini bisa banget loh untuk kamu jadikan pilihan utamamu.

2. Disinfektan

Barang wajib di tas berikutnya yaitu disinfektan. Masih satu kelompok dengan handsanitizer sebagai kebutuhan sanitasi selama pandemi, disinfektan juga merupakan barang yang tidak boleh dilupakan ketika akan bepergian ke luar rumah.

Meskipun nyatanya banyak disinfektan dengan bentuk wadah yang terlalu besar sehingga sulit untuk dibawa kemana-mana. Namun, belum lama ini aku menemukan beberapa disinfektan yang dikemas dalam wadah yang travelling friendly. Jadi, bentuk kemasannya menyerupai handsanitizer namun tetap digunakan disinfektan.

Oh iya, kamu tidak diperkenankan untuk menggunakan disinfektan sebagai handsanitizer untuk tanganmu ya! Karena meskipun sama-sama digunakan untuk membunuh mikroorganisme, namun keduanya tetap memiliki perbedaan loh. Simak perbedaannya tersebut di sini ya!

3. Tissue

Sebenanrnya sebelum pandemi berlangsung pun aku termasuk seseorang yang jarang melupakan tissue ketika akan pergi ke luar rumah. Dan sepertinya banyak wanita yang sudah terbiasa juga ya dengan kebiasaan membawa tissue satu ini?

Bedanya, sebelum pandemi aku hanya terbiasa membawa tissue kering sebagai kebutuhan sanitasi ketika akan memakai toilet umum, misalkan ketika lagi pergi ke mall tuh. Karena nyatanya gak semua mall menyediakan tissue untuk keperluan sanitasi kita sebagai wanita.

Nah, semenjak pandemi, aku jadi mulai terbiasa untuk membawa tissue basah juga, meskipun tidak sesering itu. Karena biasanya tissue basah ini akan praktis untuk membersihkan permukaan benda yang mungkin kontak langsung dengan kita, contohnya permukaan meja ketika kita memutuskan untuk makan di luar rumah.

4. Hand Cream

Sebagai pemilik kulit yang sensitif, sebenarnya penggunaan handsanitizer terlalu sering bisa membuat kulit tanganku menjadi kering dan cenderung mengelupas. Oleh karena itu, biasanya aku juga membawa hand cream untuk mengantisipasi hal tersebut.

Penggunaan hand cream setelah mengaplikasikan handsanitizer untuk kebutuhan sanitasi kita bisa menjaga kelembaban kulit tangan, sehingga terhindar dari kulit tangan yang kering dan pecah-pecah, sebagaimana yang sudah aku jelaskan tadi.

5. Botol Minum

Lagi-lagi barang wajib di tas satu ini juga merupakan barang yang terbiasa aku bawa meskipun sebelum pandemi ini berlangsung. Aku mungkin bukan tipikal orang yang bisa minum banyak air secara sekaligus, namun agar tetap memenuhi kebutuhan cairanku setiap harinya, maka aku biasanya membawa botol minumku sendiri, jaga-jaga misalkan aku kehausan sebelum sempat order minuman ketika berada di luar rumah. Kalian juga ada yang kayak gini gak sih?

6. Masker Cadangan

Masker cadangan adalah barang wajib di tas selama pandemi yang berikutnya. Perlu kamu ketahui, penggunaan masker selama pandemi pun juga memiliki aturannya tersendiri loh.

Yang pertama, jika kamu memilih untuk menggunakan masker medis, maka pastikan untuk tidak melakukan re-use terhadap masker tersebut setelah selesai digunakan.

Yang kedua, jika kamu memilih untuk menggunakan masker kain, maka pastikan masker tersebut tidak hanya terdiri dari 1 lapis agar tetap bisa menahan droplet dan memberikanmu proteksi yang maksimal.

Selain itu, pastikan untuk mengganti masker tersebut secara berkala setiap 4 jam sekali. Hal ini dilakukan agar kamu tetap mendapatkan proteksi yang maksimal. Karena biasanya masker kain dibuat dari bahan yang cenderung menyerap air, nah hal inilah yang dikhawatirkan bisa menurunkan efektivitas dari masker itu sendiri apabila digunakan selama lebih dari 4 jam.

Aku secara pribadi pun termasuk seseorang yang disiplin dalam penggunaan masker ini sendiri. Jadi, masker cadangan termasuk barang wajib di tas selama pandemi versi aku banget nih.

7. Kacamata

Mungkin face shield adalah barang yang lebih pantas untuk dimasukkan ke dalam kategori barang yang wajib dibawa selama pandemi kali ini. Namun, mengingat efektivitasnya agar bisa dimasukkan ke dalam tas, maka aku lebih memilih kacamata sebagai barang wajib di tasku selama pandemi.

Alasan yang pertama tentunya karena aku juga memiliki mata yang minus. Jadi, memakai kacamata sebenarnya bukan suatu hal yang aneh bagiku. Hanya saja, sebelum pandemi ini berlangsung biasanya aku hanya memakai kacamata ketika akan menghadap layar laptop atau ketika sedang kuliah saja.

Nah, semenjak pandemi ini berlangsung aku merasa bahwa tidak ada salahnya untuk menggunakan kacamata ini sebagai salah satu barang untuk memproteksi diri. Meskipun tetap menjadi pe-er banget nih ketika pulang dari luar rumah dan harus melakukan sterilisasi terhadap beberapa barang yang kita bawa ke luar.

Namun, jika kamu sudah terbiasa untuk melakukan hal tersebut, maka kebiasaan tersebut sudah tidak akan menjadi masalah lagi bagimu loh. Toh kan semuanya dilakukan demi kebaikan kita dan orang-orang di sekitar kita, terutama yang tinggal satu rumah denganmu.

Barang Wajib Saat Pandemi
Barang Wajib Saat Pandemi (indahladya.com)

Nah, itu dia beberapa barang wajib di tas selama pandemi versi aku. Kalau kamu, suka bawa barang sebanyak itu juga gak? Hihi, sharing sama aku di kolom komentar ya!

2 comments:

  1. Smartphone nya ketinggalan kak wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sih kak, cuma ini kayaknya lebih ke kebutuhan sanitasi gituu, hehe

      Delete

Everything About Ladya . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates