Monday, April 19

Mengingat Resolusi di Tahun 2021
Mengingat Resolusi di Tahun 2021 (indahladya.com)

Mengingat kembali resolusi di tahun 2021 ini bisa memberikanmu semangat baru untuk menggapai resolusi-resolusi yang sudah kamu susun sedemikian rupa sebelumnya.

Mungkin di akhir tahun 2020 lalu kamu sudah mulai mempersiapkan planning mengenai hal-hal yang harus kamu gapai di tahun 2021 ini. Namun, seiring berjalannya waktu, kamu pastinya akan mengetahui mana resolusi yang layak untuk kamu gapai dan mana yang sebaiknya belum menjadi prioritasmu dulu di saat ini.

Kriteria Resolusi di Tahun 2021

Kriteria Resolusi di Tahun 2021
Kriteria Resolusi di Tahun 2021 (indahladya.com)

Jika kamu mempertanyakan kriteria resolusi di tahun 2021 yang baik, maka aku akan menjawabnya secara lebih general. Karena sebenarnya tidak ada aturan saklek yang mengharuskan hal yang bagaimana yang bisa kamu jadikan resolusi terbaik dalam hidupmu di tahun ini.

Sebuah resolusi yang baik adalah resolusi yang dapat kamu ketahui secara jelas dengan cara apa kamu menggapai resolusi tersebut, dan kapan deadline pastinya. Karena jika kamu mematok sebuah resolusi yang lebih terlihat sebagai “angan-angan belaka”, maka biasanya resolusi tersebut tinggallah resolusi yang terus memenuhi daftar hingga ke resolusi di tahun-tahun berikutnya.

Mengetahui sebuah tujuan, cara, dan waktu yang jelas dalam menyusun sebuah resolusi akan membantumu dalam mewujudkan resolusi itu sendiri. Bayangkan, kamu lebih semangat untuk mewujudkan resolusi yang tidak punya tujuan dan deadline yang jelas atau justru resolusi yang sudah kamu ketahui secara pasti kapan dan bagaimana untuk mewujudkannya? Tentunya, lebih mudah bagimu untuk menjalankan hal yang kedua bukan?

Oleh karena itu, sebesar apapun resolusi yang kamu punya, pastikan bahwa kamu sudah membagi resolusi tersebut ke dalam langkah-langkah yang kecil namun pasti, agar kamu menjadi lebih terarah selama proses menuju resolusi yang nyata tersebut.

Mengapa Penting untuk Mengingat Kembali Sebuah Resolusi?

Resolusi Tahun 2021
Alasan Mengingat Kembali Sebuah Resolusi (indahladya.com)

Mengingat kembali sebuah resolusi di tahun 2021 yang sudah pernah kamu buat sebelumnya adalah hal yang penting. Karena seiring berjalannya waktu, kamu bisa mengukur diri sendiri mengenai rencana yang sempat kamu susun di awal tahun 2021 dulu.

Karena sebagai manusia dengan kehidupan yang dinamis, percayalah bahwa pola pikir kita pun akan ikut berkembang seiring hadirnya hal-hal baru yang kita temui di setiap harinya. Jadi, jangan malu untuk menyortir kembali resolusimu di tahun ini ya!

Reminder : 11 Resolusi di Tahun 2021

Resolusi di Tahun 2021
11 Resolusi di Tahun 2021 (indahladya.com)

Sebenarnya aku sudah menyusun resolusi di tahun 2021 ini sejak akhir tahun 2020 lalu. Aku menuliskan semua resolusi tersebut di buku harianku. Dan pada hari ini, sudah saatnya untuk menyortir kembali sekaligus melakukan sharing kepada kalian terhadap resolusi apa saja yang pada akhirnya layak untuk aku perjuangkan ke tahap selanjutnya.

1. Menjadi Blogger yang Konsisten

Aku sudah menjadi blogger sejak akhir tahun 2020 lalu. Tapi, kalau untuk menjadi blogger yang konsisten, aku rasa bahwa aku perlu untuk belajar lebih banyak dalam hal ini.

Akhir tahun 2020 lalu aku masih menjadi seorang fresh graduate yang tidak memiliki begitu banyak kesibukan. Namun, setelah melanjutkan studiku saat ini, tentunya prioritas hidupku pun pasti berubah.

Tapi, dengan keyakinan sepenuh hati, aku percaya bahwa resolusi yang satu ini tetap tidak boleh aku lewatkan meski bagaimana pun sulitnya proses untuk menggapai kesana. Karena aku tahu bahwa sekarang aku sudah memiliki Big Why yang cukup kuat untuk selalu menjadi pengingatku di saat aku lelah menjalani setiap prosesnya nanti. Ada yang punya resolusi yang sama juga?

2. Memperbanyak Karya Buku Fisik

Jauh sebelum aku menjadi anggota dari komunitas blogger, aku selalu bertanya-tanya dengan cara apa kita bisa menghasilkan sebuah karya buku fisik. Entah itu buku solo atau pun buku antologi yang ditulis bersama dengan para penulis lainnya.

Sampai akhirnya, aku mengetahui bahwa sebenarnya proses menulis karya buku fisik ini tidak sesulit yang aku bayangkan sebelumnya. Dan alhamdulillah, hingga saat ini aku sudah berhasil menulis 10+ buku antologi bersama teman-teman penulis lainnya.

Namun, kalau untuk resolusi di tahun 2021 ini, penginnya sih punya buku antologi yang 50++, hihi doakan saja ya! Yang pasti, aku tetap memiliki target di setiap bulannya untuk buku antologi ini sendiri. Kalau untuk buku solo, nanti aku bahas di beberapa poin setelah ini ya!

3. Menjadi Mahasiswa Profesi yang Disiplin

Seperti yang sudah aku jelaskan sebelumnya, saat ini aku sedang menjalani pendidikan profesi apotekerku di salah perguruan tinggi negeri di Indonesia. Jujur aja, aku merasa sangat kaget di awal perkuliahanku. Tugas yang tidak tanggung-tanggung harus aku temui di setiap harinya, sampai aku kepikiran “waduh, kapan lagi nulisnya nih?”.

Eits, tapi ternyata aku cuma butuh waktu adaptasi. Karena nyatanya, sekarang aku masih bisa membagikan tulisan yang satu ini kepada kalian semua. Artinya, aku masih akan punya waktu asalkan aku mencoba untuk disiplin dalam studi profesiku tersebut. Contohnya dengan tidak menunda-nunda suatu tugas, meskipun deadline nya terkadang membuatku terlena.

Jadi intinya, gak ada kata “gak punya waktu” kalau kamu masih sempet scroll media sosial. Kalau udah inget sama prinsipku yang satu ini, biasanya aku jadi mikir dua kali sih, scroll media sosial atau lanjut nugas nih? Hihi. Aku berharap semoga kedisiplinanku ini bisa tetap konsisten sampai di akhir perkuliahanku nanti, karena tentunya resolusi yang satu ini akan sangat berdampak dengan resolusi-resolusiku yang lain.

4. Dapat Mengendalikan Emosi dengan Lebih Baik

Pandemi benar-benar berhasil membuat perasaanku menjadi semakin sensitif. Akhir-akhir ini aku jadi gampang menangis, tapi gak cuma untuk hal sedih sih, untuk hal-hal baik yang dilakukan orang lain kepadaku juga bisa sukses bikin aku nangis loh.

Aku mengakui bahwa untuk menjadi seseorang yang “kebal akan keadaan” mungkin sudah tidak bisa diharapkan lagi. Yap, dulunya aku termasuk orang yang cuek. Namun, nyatanya manajemen emosiku yang salah justru menjadikan hal tersebut sebuah bom waktu untukku sendiri. Hingga pada akhirnya, semua emosi yang tertahan harus tumpah dalam satu waktu begitu saja.

Namun, aku yakin setidaknya aku tidak akan mengulangi sebuah kesalahan yang sama. Aku berjanji pada diriku untuk tidak lagi “menahan” semua emosiku, baik yang positif maupun yang negatif. Karena keduanya wajar dan normal untuk kita rasakan. Nah, tinggal langah berikutnya aku perlu mengendalikan dan menumpahkan emosi tersebut di waktu yang tepat saja. Intinya, gak boleh banyak memendam lagi deh, hehe.

5. Make New Friends

Beradaptasi dengan orang baru adalah hal yang cukup sulit untuk aku lakukan. Karena nyatanya aku tidak menyukai sebuah lingkungan dan suasana yang baru. Namun, aku merasa bahwa aku tetap perlu untuk bertemu orang-orang baru agar mendapatkan suatu pelajaran berharga dari sana. Karena meskipun menulis adalah sebuah kegiatan yang individual, tapi seorang penulis tetap butuh teman sebagai pengingat di kala lelah nantinya.

6. Optimasi Media Sosial

Optimasi media sosial adalah hal berikutnya yang akan aku usahakan. Karena selayaknya seorang blogger tentunya membutuhkan sebuah etalase, yang dalam hal ini berupa media sosial, untuk mempermudahku menaikkan personal branding yang sedang aku perjuangkan.

7. Memiliki Mailing List dari indahladya.com

Sebenarnya hal ini sudah pernah aku coba pikirkan. Dan pada akhirnya aku merasa bahwa mailing list adalah hal yang layak untuk aku jadikan resolusi di tahun ini. Karena aku menyadari bahwa untuk menjadi seorang blogger yang sukses kita tidak boleh lelah untuk terus berproses.

8. Lebih Rajin Melakukan Blogwalking

Percaya ataupun tidak percaya, blog walking juga sangat berpengaruh dalam meningkatkan performa dari blog yang kamu miliki loh. Terlepas dari hal tersebut, sebenarnya blog walking justru dapat membuat kita berkenalan dengan lebih banyak blogger. Jadi, tidak ada salahnya untuk mencoba konsisten dalam hal yang satu ini.

9. Aktif dalam Komunitas Blogger

Menjadi anggota dari sebuah komunitas blogger bukan berarti hanya menjadi silent reader saja loh. Meskipun aku masih sering muncul di beberapa komunitas blogger ini, tapi nyatanya aku seperti perlu sebuah pecutan kecil agar terus mengingat bahwa aku harus tetap aktif di dalamnya.

Nah, untuk melakukan hal tersebut, maka aku memasukkan list yang satu ini ke dalam daftar resolusi di tahun 2021. Kalau resolusi tentang blogging, intinya sih konsisten ya? Hihi.

10. Less Stress

Aku merasa bahwa hidup ini sudah terlalu rumit untuk dibuat menjadi semakin rumit. That’s why, aku merasa bahwa aku membutuhkan sebuah reminder bahwa menjadi seseorang dengan banyak ambisi bukan berarti mendorongku untuk menjadi lebih mudah merasa stres. Karena menjalankan semua resolusi juga butuh bahagia kan?

11. Menulis Buku Solo

Setelah aku mengetahui trik dan cara untuk memperbanyak karya buku antologiku, akhirnya aku merasa bahwa sudah saatnya aku mulai menentukan kapan aku mulai memiliki karya tunggalku sendiri. Nah, di tahun 2021 ini aku sudah mulai merancang konsep buku solo seperti apa yang ingin aku terbitkan di tahun ini. Kalau ditanya jumlahnya, satu dulu deh! Yang penting terwujud dan gak muluk-muluk kan? Hehe.

Nah, jadi itu dia sebagian kecil dari resolusi di tahun 2021 yang bisa aku bagikan kepada kalian semua. Kalau kamu gimana? Sudah me-remind kembali resolusimu di tahun ini belum? Sharing sama aku di kolom komentar ya!

Everything About Ladya . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates