Tuesday, April 27

7 Alasan Belajar Bahasa Asing
7 Alasan Belajar Bahasa Asing (indahladya.com)

Setiap orang pasti memiliki jawabannya tersendiri ketika ditanya mengenai alasan belajar bahasa asing ini sendiri. Ada yang memang belajar bahasa asing karena ia menyukai atau kagum dengan suatu negara. Namun, ada juga yang belajar bahasa asing karena tuntutan tugas perkuliahan atau bahkan karir.

Dan aku termasuk orang yang senang untuk mencoba belajar bahasa asing karena kagum dengan suatu negara tertentu. Mulai dari budayanya, atau bahkan beberapa tempat unik yang membuatku ingin segera pergi kesana.

Meskipun pada kenyataannya, terkadang beberapa bahasa asing yang sedang aku pelajari saat ini juga dikarenakan tuntutan yang lain. Namun, aku merasa bahwa aku sangat menikmati segala prosesnya.

Bahasa Asing yang Ingin Dikuasai

Bahasa yang Ingin Dikuasai
Bahasa Asing yang Ingin Dikuasai (indahladya.com)

Ngomong-ngomong tentang alasan belajar bahasa asing, sebelumnya aku mau ngasih tahu dulu nih kalau aku punya 3 bahasa asing yang ingin segera aku kuasai. Dan sepertinya 3 bahasa asing ini juga cukup populer di tengah masyarakat Indonesia saat ini.

1. Bahasa Inggris

Siapa sih yang gak mau berusaha untuk menguasai bahasa Inggris di tengah arus globalisasi saat ini? Seperti yang telah kita ketahui sebelumnya, bahasa Inggris adalah bahasa Internasional yang sudah cukup populer di tengah masyarakat Indonesia saat ini.

Meskipun nyatanya bakalan ada aja orang yang bilang bahwa mereka-mereka yang berusaha untuk membiasakan bahasa Inggris justru kayak sok-sok an doang. Padahal mah kan nggak ya?

Mungkin bahasa Inggris bukanlah bahasa yang asing lagi bagiku, karena sejak SD pun aku sudah terbiasa untuk les bahasa Inggris ini sendiri. Namun, satu hal yang pada akhirnya aku sadari, ternyata kemampuanku untuk speaking tidak sebaik score structure maupun listening-ku.

Jujur saja, aku termasuk orang yang bisa mengerti apa yang orang lain ucapkan dalam bahasa Inggris, namun terkadang untuk membalas ucapan orang tersebut butuh waktu, gak bisa spontan begitu saja.

Nah, atas dasar alasan inilah aku mencoba untuk lebih meningkatkan skill speaking-ku dengan mengikuti beberapa kelas speaking. And I realized that my English skills have improved. Ya meskipun terkadang masih butuh loading beberapa detik. Tapi hingga saat ini aku tetap berusaha agar lebih terbiasa lagi dengan bahasa nomor satu yang ingin segera aku kuasai ini. Wish me luck!

2. Bahasa Arab

Bahasa asing yang selanjutnya ingin aku kuasai yaitu bahasa Arab. Jika kamu mengenalku, maka kamu akan tahu bahwa aku pernah menimba ilmu di salah satu pondok pesantren di Sumatera Selatan ini dulu.

Meskipun tidak begitu lama, tapi setidaknya aku mendapatkan bekal ilmu dasar bahasa Arab pada saat itu. Nah, karena aku merasa bahwa bahasa Arab ini juga merupakan bahasa yang ingin segera aku kuasai, maka aku memutuskan untuk me-review kemampuan bahasa Arab dengan mengulang kembali kelas pemula bahasa Arab di salah satu penyedia jasa belajar bahasa Arab beberapa waktu yang lalu.

Dan di momen inilah aku merasa bahwa bahasa Arab ini memiliki keunikannya tersendiri. Entahlah, tapi aku seperti menjadi seseorang berbeda ketika sedang belajar bahasa Arab ini, in a good way, of course.

Meskipun saat ini aku belum mendapatkan waktu dan kesempatan lagi untuk mempelajari bahasa Arab, tapi next time ini adalah salah satu bahasa asing yang ingin segera aku kuasai setelah bahasa Inggris tadi.

3. Bahasa Perancis

Diawali dengan kekagumanku pada Kota Paris yang dikenal sebagai kota paling romantis, pada akhirnya membuat tertarik untuk mempelajari bahasa Perancis ini sendiri.

Aku mengagumi Kota Paris ini sejak aku duduk di bangku SMP, jaman-jamannya aku masih aktif di twitter dan sering mengikuti kuis bahasa Perancis di sana. Sampai sekarang baju sebagai hadiah dari kuis bahasa Perancis itu masih aku simpan, sebagai pengingat bahwa aku pernah seniat itu dulu! Haha.

Sayangnya cukup sulit bagiku untuk bisa belajar bahasa Perancis ini sendirian. Mulai dari pronunciation-ku yang tidak begitu meyakinkan, meskipun telah mencoba untuk semirip mungkin dengan pelafalan di buku yang aku punya. Namun, bahasa Perancis tetap memiliki suatu aksen yang aku rasa tidak cukup dengan belajar secara mandiri saja.

Dan sedikit curhat, sejak SMP dulu aku sudah berusaha untuk mencari lembaga yang membuka layanan jasa belajar bahasa Perancis, sayangnya tidak pernah aku temukan hingga akhirnya aku duduk di bangku kuliah.

Dengan semua kesibukanku saat itu, rasanya tidak mungkin untuk bisa membagi waktuku se-ekstrem itu. Namun, saat pandemi tiba, aku dipertemukan dengan kursus bahasa Perancis secara online. Sayangnya, lagi-lagi aku harus off terlebih dulu karena waktuku yang sudah cukup padat selama ini. Terlebih lagi aku juga punya tanggung jawab sebagai mahasiswi apoteker sekaligus seorang blogger saat ini.

But again, percayalah, one day aku akan berusaha kembali untuk bisa menguasai bahasa penuh cinta yang satu ini. I promise you, I’ll be back soon! Hehe.

Alasan Belajar Bahasa Asing

Alasan Belajar Bahasa Asing
Alasan Belajar Bahasa Asing (indahladya.com)

Nah, setelah mengetahui beberapa bahasa asing asing yang ingin segera aku kuasai tersebut. Tentunya akan ada yang bertanya-tanya, “apa sih alasanmu untuk belajar bahasa asing?” atau “kenapa harus belajar bahasa asing sih?”. Untuk tahu lebih jelasnya, simak 7 alasan belajar bahasa asing versi aku berikut ini ya!

1. Memperluas Relasi

Memperluas Relasi
Memperluas Relasi (indahladya.com)

Alasan yang pertama tentunya untuk memperluas relasi. Tentunya akan ada saja suatu kesempatan di mana kita bisa bertemu dengan orang asing bukan? Nah, jika kamu menguasi beberapa bahasa asing, maka tidak akan sulit bagimu untuk bisa mengobrol dengan orang tersebut. Jadi bisa nambah temen baru juga kaan?

2. Mempermudah Kamu Bersaing di Dunia Internasional

Bersaing di Dunia Internasional
Bersaing di Dunia Internasional (indahladya.com)

Tidak bisa kita pungkiri, saat ini bahasa asing adalah bahasa yang cukup dilirik dalam kancah internasional. Dan jika kamu memiliki skill bahasa asing secara aktif, maka tentunya ini bisa menjadi poin plus bagimu ketika akan bersaing di dunia internasional loh!

Baca Juga : Mendidik Anak Menjadi Bilingual

3. Meningkatkan Kesempatan Melanjutkan Studi Pascasarjana

Kesempatan Melanjutkan Pascasarjana
Kesempatan Melanjutkan Studi Pascasarjana (indahladya.com)

Alasan belajar bahasa asing yang selanjutnya ini sebenarnya ini adalah pengalamanku pribadi. Ketika akan melakukan proses administrasi sebelum mendaftarkan diri ke program studi profesi apoteker (PSPA), hampir semua PSPA mensyaratkan batas minimal TOEFL untuk dapat menjadi peserta tes ujian di PSPA tersebut.

Nah, tentunya kemampuan bahasa Inggrisku sangat diuji saat itu bukan? Jika tidak memiliki persiapan yang matang, maka untuk sekedar melewati persyaratan administrasi ini akan terlihat sangat sulit.

4. Meningkatkan Kesempatan Mendapatkan Beasiswa Luar Negeri

Kesempatan Beasiswa Luar Negeri
Kesempatan Beasiswa Luar Negeri (indahladya.com)

Apabila kamu ingin melanjutkan studimu ke luar negeri, maka salah satu skill yang harus kamu kuasai adalah skill bahasa asing dari negera yang ingin kamu tuju tersebut. Karena dengan menjadi mahasiswa di suatu negara asing, maka kamu perlu menguasai bahasa lokal di sana juga bukan?

Baca Juga : Tips Mudah Belajar Bahasa Asing

5. Memajukan Karir

Memajukan Karir
Memajukan Karir (indahladya.com)

Sebenarnya poin yang berikut ini masih berhubungan dengan beberapa poin sebelumnya. Di tengah persaingan dunia internasional yang semakin ketat, tentunya memiliki skill bahasa asing adalah hal yang akan menjadi nilai tambah bagimu.

Bahkan beberapa perusahaan sekarang pun ada yang melakukan wawancara dengan bahasa asing, seperti bahasa Inggris contohnya. Oleh karena itu, persiapkan dirimu sedini mungkin ya!

6. Tidak Perlu Bergantung dengan Subtittle

Tidak Bergantung dengan Subtittle
Tidak Bergantung dengan Subtittle (indahladya.com)

Kita semua di sini pasti pernah ngerasain nonton film barat tapi gak ngerti bahasa yang diucapin selama filmnya. Mau nonton sambil baca subtittle rasanya kayak kejar-kejaran per scene nya gak sih? Haha.

Nah, kalau kita sudah menguasai bahasa asing dengan baik, jadi gak perlu ribet lagi deh harus cari film yang ada subtittle-nya. Lebih memudahkan dalam menikmati film favorit kita juga ya kan?

7. Tidak Perlu Bergantung dengan Google Translate

Tidak Bergantung dengan Google Translate
Tidak Bergantung dengan Google Translate (indahladya.com)

Salah satu kendala sebagai mahasiswa adalah ketika harus mencari jurnal dalam bahasa Inggris. Terkadang udah coba translate dari google tapi artinya suka gak sesuai. Nah, kalau kita sudah menguasai salah satu bahasa asing ini dengan baik, salah satunya bahasa Inggris maka kita bisa bebas menerjemahkan jurnal yang kita dapat itu sendiri tanpa harus bergantung dengan google translate loh. Lebih praktis kan?

Nah, itu dia beberapa bahasa yang ingin aku kuasai beserta alasan belajar bahasa asing versi aku. Kamu punya alasanmu sendiri gak nih? Sharing sama aku di kolom komentar ya!

Everything About Ladya . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates