Wednesday, April 28

Manfaat Positif Hobi Melukis
Manfaat Positif Hobi Melukis (indahladya.com)

Hobi melukis adalah salah satu tren yang tengah dilakukan oleh banyak orang selama pandemi kali ini. Sebagaimana pandemi yang membuat beberapa orang berhasil memutar otak agar tetap mendapatkan hiburan meski hanya di rumah saja.

Tren Hobi Melukis di Tengah Pandemi

Tren Hobi Melukis
Tren Hobi Melukis (indahladya.com)

Saat ini tidak hanya orang-orang yang memiliki keahlian untuk melukis saja yang dapat menghasilkan sebuah lukisan yang indah. Karena nyatanya ada begitu banyak kemudahan yang ditawarkan dari hasil kreativitas para pemilik bisnis, salah satunya tren paint by number.

Udah gak asing lagi bukan? Hobi melukis dengan menggunakan kanvas paint by number ini cukup populer di tengah pandemi kali ini. Mengingat banyak orang yang membutuhkan sebuah sarana hiburan karena terlalu jenuh dengan keadaan yang ada.

Baca Juga : Lakukan 7 Hal ini Ketika Merasa Jenuh dengan Pekerjaan yang Kamu Jalani

Dan untuk melukis dengan kanvas paint by number ini kamu tidak perlu memiliki keahlian untuk menggambar terlebih dulu. Karena pada kanvas tersebut sudah tersedia sketsa yang dilengkapi dengan beberapa nomor yang akan memudahkanmu ketika akan melukis nanti.

Terkadang, masalah utama kita ketika melukis adalah saat akan memadukan warna-warnanya bukan? Nah, dengan kanvas paint by number ini kamu tidak perlu pusing-pusing lagi untuk menentukan warna-warna apa saja yang sesuai. Yang penting kamu mau sabar untuk mengisi setiap detail dari sketsa yang sudah dibuat di kanvas tersebut.

Dengan segala kemudahan ini, maka udah gak heran lagi dong kenapa hobi melukis bisa menjadi salah satu hal yang populer di tengah pandemi kali ni. Kamu termasuk salah satu orang yang menggeluti hobi ini gak nih?

Manfaat Hobi Melukis

Manfaat Hobi Melukis
Manfaat Hobi Melukis (indahladya.com)

Selain terkenal sebagai hobi yang populer di tengah pandemi, ternyata melukis ini juga memiliki segudang manfaat loh. Yuk, simak apa aja manfaat yang bisa kamu dapatkan dari hobi melukis yang satu ini!

1. Menjadi Lebih Rileks

Menjadi Lebih Rileks
Menjadi Lebih Rileks (indahladya.com)

Hayo, siapa nih yang merasakan bahwa ketika melukis seolah bebanmu satu per satu menjadi berguguran di saat itu? You’re not alone, karena aku pun merasakan demikian.

Entahlah, perihal paduan warna yang membuatku menjadi jauh lebih tenang atau justru kesabaran dari setiap proses yang aku ukir di kanvas tersebut itulah yang membuatku menjadi jauh lebih bahagia.

Meskipun nyatanya aku bukanlah seorang pelukis, tapi aku ini merupakan hobi keduaku setelah menulis. Both of them made me feel so relaxed!

2. Lebih Mudah Mengontrol Emosi

Mudah Mengontrol Emosi
Mudah Mengontrol Emosi (indahladya.com)

Banyak yang bilang bahwa hobi melukis bisa membuatmu menjadi lebih mudah untuk mengontrol emosi. Dan aku rasa hal ini ada benarnya juga sih. Terkadang kalau lagi pengin melukis suatu hal, biasanya aku memadukan warna sesuai dengan perasaanku di hari itu.

Warna yang cerah ketika aku merasa bahagia dan warna yang kelam ketika aku tengah merasa sedih. Suprisingly, aku merasakan seolah emosi menjadi jauh lebih terkontrol setelahnya.

Mungkin cara kerjanya sama seperti ketika aku menuliskan segala sesuatu berdasarkan perasaanku saat itu. Karena ketika kita mencoba jujur dengan apa yang kita rasakan saat itu, maka ketenangan akan muncul dengan sendirinya. Jadi, gak perlu memendam-mendam perasaan lagi deh. Tuangkan saja semuanya di atas kanvas yang kamu punya, you’ll feel so much better!

3. Meningkatkan Kreativitas

Meningkatkan Kreativitas
Meningkatkan Kreativitas (indahladya.com)

Sepertinya manfaat dari hobi melukis berikut ini sudah sangat dirasakan oleh banyak pelukis lainnya ya? Sebagaimana yang kita ketahui, melukis adalah suatu kegiatan untuk memadupadankan warna-warna menjadi suatu paduan yang indah.

Nah, selama memadupadankan warna-warna ini tentunya kreativitas dan imajinasimu sangat dilatih di saat-saat tersebut. Apalagi kalau yang benar-benar melukis dari nol nih. Mulai dari mengimajinasikan sketsa yang akan dibuat hingga seperti apa nanti paduan warna yang sesuai.

Dan jujur saja, aku pun cukup merasakan perkembangan dari kreativitasku selama ini. Mungkin aku yang dulunya tidak begitu memiliki taste yang baik untuk membuat suatu karya seni, makin kesini jadi makin mengerti paduan warna yang bagaimana yang enak dilihat dan karya seni seperti apa yang ingin orang lain lihat.

Mau lihat perubahan signifikannya? Kamu bisa cek feed instagram-ku sekarang. Meskipun tidak begitu “wah”, tapi aku merasakan peningkatan yang luar biasa setelah kreativitasku dilatih dengan melukis selama ini. I’m happy with my own achievement!

Baca Juga : Faber Castell Creative Art Series, Cara Cerdas Tingkatkan Kreativitas Anak

4. Melatih Kesabaran

Melatih Kesabaran
Melatih Kesabaran (indahladya.com)

Melatih kesabaran adalah manfaat dari hobi melukis yang berikutnya. Kesabaran dalam memilih konsep yang tepat, kesabaran ketika mulai membuat sketsa, hingga kesabaran dalam memilih paduan warna yang indah.

Apalagi kalau kamu melukisnya menggunakan kanvas paint by number nih. Kamu harus sabar mengisi setiap detail yang sudah disediakan sebelumnya. Tapi percayalah, kesabaranmu yang satu ini akan berbuah manis loh. Semua rasa lelah tersebut pada akhirnya akan tergantikan ketika melihat hasil kanvasmu yang telah dipenuhi dengan goresan-goresan kuas sehingga menghasilkan karya seni yang menarik.

5. Meningkatkan Konsentrasi

Meningkatkan Konsentrasi
Meningkatkan Konsentrasi (indahladya.com)

Melukis bagian-bagian yang detail tentunya tidak hanya akan melatih kesabaranmu tapi juga akan meningkatkan konsentrasimu selama ini. Kebayang gak sih? Terkadang suka ada detail yang kelihatannya gak begitu berpengaruh, tapi kalau detail yang satu itu dilewatkan maka hasil lukisanmu akan terlihat seperti ada yang kurang. Nah di sinilah konsentrasimu dilatih agar bisa memperhatikan setiap detail dari lukisan yang akan kamu buat nantinya.

6. Menjadi Lebih Percaya Diri

Lebih Percaya Diri
Lebih Percaya Diri (indahladya.com)

Salah satu poin plus dari hobi melukis ini adalah melatih seseorang untuk menjadi lebih percaya diri. Percayalah bahwa setiap orang memiliki taste-nya masing-masing dalam menilai karya seni.

Kamu tidak perlu merasa minder ketika lukisan yang kamu seperti terlihat biasa saja. Karena ini hanya masalah selera, toh yang paling tahu filosofi dari lukisan yang kamu buat kan cuma kamu sendiri? Jadi, gak perlu minder lagi ya!

7. Hobi Melukis Bisa Jadi Sumber Penghasilan

Sumber Penghasilan dari Melukis
Sumber Penghasilan dari Melukis (indahladya.com)

Manfaat yang berikut ini biasanya baru akan dirasakan oleh para pelukis yang memang niat banget buat melukis nih! Hehe. Karena nyatanya melukis pun bisa menghasilkan uang. Bahkan ada beberapa orang yang berhasil menjual karya seninya dengan nominal yang fantastis.

Again, ini masalah selera. Siapa tahu kalau ternyata ada orang dengan taste yang sama denganmu dan berniat untuk membeli karya senimu saat itu. Tidak ada yang tahu bukan? Jadi, yang sekarang udah punya skill dasar dengan hobi melukis, jangan lupa untuk diasah terus ya!

Nah, itu dia beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dari hobi melukis yang tengah populer saat ini. Jadi, tertarik untuk mengadopsi hal satu ini sebagai hobi barumu? Yuk, sharing sama aku di kolom komentar ya!

Everything About Ladya . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates