Tuesday, April 20

Tempat Wisata di Sumatera Selatan
Tempat Wisata di Sumatera Selatan (indahladya.com)

Ada begitu banyak tempat wisata di Sumatera Selatan yang bisa membuat siapa saja kagum ketika datang kesana. Karena ternyata sebagai orang Sumatera Selatan, kamu gak perlu jauh-jauh lagi apabila ingin pergi berlibur atau sekedar bersantai-santai di tempat wisata Sumatera Selatan berikut ini.

Keadaan Tempat Wisata di Sumatera Selatan Selama Pandemi

Wisata Sumatera Selatan
Wisata di Sumatera Selatan Saat Pandemi (indahladya.com)

Selama pandemi Covid-19 saat ini, beberapa tempat wisata menerapkan kebijakan baru mereka masing-masing. Ada yang terpaksa tutup demi alasan keamanan, dan ada juga yang tetap buka dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ada.

Sebagai gambaran, tempat wisata di Sumatera Selatan yang paling dekat dengan tempat tinggalku yaitu Benteng Kuto Besak dan Pulau Kemaro. Sejauh ini, kedua tempat wisata tersebut masih beroperasi, namun tetap mencegah terjadinya kerumunan.

Bahkan, sepertinya tempat wisata seperti Benteng Kuto Besak ini justru jadi pilihan utama ketika sekedar ingin berjalan sejenak di Kota Palembang loh. Untuk penjelasan lebih lengkapnya, akan aku bahas di beberapa poin setelah ini ya!

Tempat Wisata di Sumatera Selatan

Wisata di Sumatera Selatan
Wisata di Sumatera Selatan (indahladya.com)

Sebagai warga Sumatera Selatan, aku merasa bangga karena ternyata Sumatera Selatan juga memiliki tempat wisatanya sendiri yang gak kalah keren dengan tempat wisata di Provinsi lainnya. Yuk, langsung disimak aja ya!

1. Gunung Dempo Street

Teruntuk kamu yang menjadi salah satu warga Pagar Alam, tentunya tempat wisata yang satu ini sudah tidak asing lagi bagimu bukan? Atau jika kamu sering melihat beberapa foto yang diabadikan seseorang selepas berwisata ke Pagar Alam, biasanya salah satunya akan ada foto di Gunung Dempo Street ini kan?

Selain terkenal dengan jalur pendakiannya, Pagar Alam juga memiliki tempat wisata berupa Gunung Dempo Street yang bisa menjadi tempat para traveller beristirahat sejenak dari suatu perjalanan atau untuk sekedar berfoto-foto ria di tempat yang instagramable ini.

Wisata Gunung Dempo ini menjadi pilihan utama para wisatawan yang menyukai untuk menjelajahi alam. Bahkan pada Gunung Dempo Street, kamu akan disuguhkan dengan hamparan kebun teh di jalannya yang berkelok. Pemandangan ini tentunya menjadi sesuatu hal yang khas yang dapat kamu abadikan ketika berkunjung kesana bukan?

2. Arung Jeram Sungai Manna

Masih berhubungan dengan tempat wisata yang cocok untuk para penjelajah alam, Arung Jeram Sungai Manna ini juga bisa jadi destinasi utamamu loh ketika berada di Sumatera Selatan.

Arung Jeram Sungai Manna terletak di Kecamatan Tanjung Sakti, Kabupaten Pagar Alam. Apabila berangkat dari Ibu Kota Provinsi Sumatera Selatan, yaitu Palembang, maka kamu membutuhkan waktu sekitar 6 jam untuk dapat sampai kesana.

Fasilitas Arung Jeram di Sungai Manna ini merupakan salah satu destinasi favorit, terutama bagi para mahasiswa pecinta alam (mapala). Jalur yang cukup ekstrem dengan patahan dinding bebatuan dan diiringi dengan derasnya air sungai itu sendiri tentunya akan memberikan sensasi dan pengalaman yang berbeda ketika kamu mencoba Arung Jeram di tempat ini. Tertarik untuk berwisata kesana?

3. Candi Bumi Ayu

Tidak hanya sebagai tempat wisata, Candi Bumi Ayu juga merupakan salah satu hasil peninggalan bersejarah yang berada di Desa Bumi Ayu, Kecamatan Tanah Abang. Candi ini terletak di Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir atau yang lebih dikenal sebagai PALI.

Candi ini merupakan satu-satunya peninggalan kerajaan Sriwijaya dalam bentuk kompleks bangunan. Apabila kamu tertarik untuk mengetahui tempat-tempat bersejarah di Sumatera Selatan, tempat wisata Candi Bumi Ayu ini mungkin bisa menjadi salah satu destinasi utamamu.

4. Benteng Kuto Besak

Benteng Kuto Besak merupakan salah satu tempat wisata pilihan beberapa orang, khususnya warga Kota Palembang. Nilai plus dari tempat wisata Benteng Kuto Besak ini adalah tarifnya yang relatif sangat murah.

Kamu hanya perlu membayar uang parkir ketika akan berkunjung kesana. Kalau masalah makanan, gak perlu khawatir deh. Karena di Benteng Kuto Besak ini sudah tersedia beberapa penjual makanan dengan harga yang terjangkau.

Atau jika kamu tertarik untuk mengunjungi Benteng Kuto Besak ini di malam hari, maka kamu bisa menikmati suasana malam di Kota Palembang sambil melakukan food-hunting di tempat tersebut. Gimana, tertarik untuk berkunjung kesana?

5. Pulau Kemaro

Masih berada di Kota Palembang, tempat wisata terbaik yang bisa kamu kunjungi selanjutnya yaitu Pulau Kemaro. Tempat wisata yang satu ini pun, sepertinya sudah tidak asing bagimu bukan? Atau ada yang sudah pernah baca sejarah Pulau Kemaro ini sebelumnya? Hehe.

Tempat wisata Pulau Kemaro ini memiliki daya tarik tersendiri yang bisa mengundang beberapa wisatawan untuk pergi kesana. Untuk dapat sampai kesana, kamu perlu melintasi Sungai Musi dengan menggunakan sebuah perahu ketek. Jadi, tentunya tempat wisata yang satu ini akan memberikan sebuah pengalaman yang berbeda dari tempat wisata pada umumnya bukan?

Tempat wisata Pulau Kemaro ini juga merupakan salah satu tempat wisata yang tidak pernah sepi pengunjung. Mulai dari para wisatawan yang sekedar penasaran untuk mengetahui pemandangan di sana, atau bahkan untuk melakukan swafoto di bangunan pagoda ala negeri tirai bambu tersebut.

Eits, kalau kamu butuh jasa foto di sana, gak perlu khawatir, karena akan selalu ada para penyedia jasa foto yang bersedia untuk membantumu dalam mengabadikan momen selama disana. Menarik bukan?

Nah, itu dia beberapa tempat wisata di Sumatera Selatan yang gak kalah keren dari tempat wisata lainnya. Kamu tertarik untuk pergi kesana? Sharing sama aku di kolom komentar ya!

Everything About Ladya . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates