Thursday, April 29

Belajar Masak dari Channel Youtube
Belajar Masak dari Channel Youtube (indahladya.com)

Belajar masak dari channel youtube adalah cara belajar masak yang paling mudah untuk sebagian orang yang memang gak mau ribet cari-cari resep di sana-sini, termasuk aku salah satunya.

Selain mendapatkan resep dari mama, biasanya aku juga mendapatkan resep dari beberapa channel youtube yang aku subscribe berikut ini. Karena ketika aku mencoba belajar masak dengan menonton videonya secara langsung, maka akan lebih memudahkanku dibandingkan dengan harus membaca sebuah resep secara tertulis saja.

Kesulitan Saat Akan Mulai Belajar Masak

Kesulitan Saat Belajar Masak
Kesulitan Saat Belajar Masak (indahladya.com)

Sebagai pemula, aku tentunya merasakan banyak kesulitan-kesulitan ketika akan mulai belajar masak. Mulai dari kesulitan mencari tahu takaran beberapa resep yang biasanya hanya tertulis “secukupnya”, hingga beberapa bahan yang cukup sulit untuk aku bedakan. Sebagaimana bahan-bahan masakan seperti kunyit, lengkuas, dan jahe. Percayalah, aku masih sering kebingungan ketika akan membeli salah satu dari bahan masakan tersebut jika tidak melihat labelnya terlebih dulu.

Sedikit intermezzo, dulu aku pernah ingin mencoba membuat pancake untuk sarapan ketika aku masih kuliah S1 dulu. Dan salah satu bahan yang diperlukan saat itu adalah jeruk nipis. Sayangnya aku tidak mencari tahu dulu seperti apa bentuk jeruk nipis yang tercantum dalam resep tersebut. Terlebih lagi, takaran yang dicantumkan hanya “secukupnya”, sebuah takaran yang sangat tidak disukai oleh para pemula sepertiku ini.

Ketika sampai di pasar, dengan pedenya aku mengambil beberapa jeruk yang aku yakini sebagai “jeruk nipis”. Sayangnya, yang aku ambil tersebut ternyata bukan jeruk nipis, melainkan jeruk kunci. Jujur, aku merasa sangat malu saat itu. Karena aku pun bisa tahu bahwa itu bukan jeruk nipis setelah ibu penjualnya bertanya, “memangnya mau dibikin apa mbak?”. Setelah aku ceritakan dengan panjang lebar, barulah tersadar bahwa jeruk yang aku ambil tersebut memang bukan jeruk nipis.

Beruntunglah ibu penjual tersebut bertanya kepadaku sehingga aku bisa mengkoreksi kembali belanjaanku saat itu. Dan hingga saat ini kenangan “hampir salah beli jeruk” tersebut adalah kenangan paling memorable yang akan selalu aku ingat, haha.

5 Channel Youtube untuk Belajar Masak

Channel Youtube Belajar Masak
Channel Youtube untuk Belajar Masak (indahladya.com)

Nah, setelah berbagai kesulitan yang aku alami selama belajar masak tersebut, pada akhirnya aku menyadari bahwa aku perlu belajar masak dengan sumber yang lebih nyata, melalui konten visual contohnya.

Kebetulan aku memang sudah mengikuti beberapa channel youtube tentang masak-masak ini sebelumnya, sepertinya channel youtube-nya Tasyi Athasyia dan Willgoz Kitchen. Dua channel youtube ini adalah dua channel youtube pertama yang aku gunakana ketika mulai belajar masak dulu.

Eits, tapi gak cuma 2 channel youtube itu aja loh, masih ada 3 channel youtube lainnya. Untuk tahu lebih jelasnya, yuk simak artikelnya sampai akhir ya!

1. Tasyi Athasyia

Youtube Tasyi Athasyia
Channel Youtube Tasyi Athasyia (youtube.com)

Seperti yang sudah aku ceritakan sebelumnya, channel youtube Tasyi Athasyia adalah salah satu channel youtube pertama yang mendorongku untuk bisa belajar masak. Berbeda dengan channel youtube lainnya, resep masakan di channel youtube milik Tasyi ini cenderung lebih sederhana dan memiliki takaran yang pas, jadi gak perlu bingung harus mengkonversi takaran-takaran yang nyebelin seperti “secukupnya” tadi, haha.

Selain itu, Tasyi juga memang pernah mengikuti sekolah memasak, jadi sebelum membagikan resepnya, Tasyi tentunya sudah melakukan trial and error dulu dari beberapa resep yang ia dapatkan.

Terbukti sih, ketika mengikuti resep masakan dari Tasyi, sangat jarang yang menghasilkan masakan yang gagal. That’s why, untuk para pemula, channel youtube Tasyi Athasyia ini bisa banget untuk kamu coba tonton.

Baca Juga : Tips Menata Dapur

2. Arnold Poernomo

Youtube Arnold Poernomo
Channel Youtube Arnold Poernomo (youtube.com)

Siapa sih yang gak kenal sama chef yang satu ini? Chef Arnold Purnomo beberapa waktu lalu membuat akun channel youtube-nya sendiri untuk membagikan beberapa resep masakannya.

Yang aku suka dari channel youtube ini adalah resep-resep yang dibagikan adalah resep yang sederhana dan gampang untuk ditiru oleh para pemula, seperti aku contohnya.

Resep masakan yang paling aku ingat dari channel youtube chef Arnold ini adalah resep indomie yang dimodifikasi dengan beberapa bahan tambahan sehingga menghasilkan indomie yang lezat dengan tampilan yang lebih mewah.

Nah, dengan resep sederhana seperti ini, para pemula pastinya akan lebih mudah tertarik untuk mencoba bukan?

3. Farah Quinn

Youtube Farah Quinn
Channel Youtube Farah Quinn (youtube.com)

Sebenarnya aku sudah mengetahui chef Farah Quinn ini sejak lama, bahkan sejak aku masih sekolah dulu sepertinya. Dimulai dari sering tampil di tv hingga akhirnya membuat channel youtube-nya sendiri.

Konten pertama yang lewat di timeline youtube-ku saat itu adalah konten tabble manner yang diedukasi oleh Farah Quinn ini sendiri. Namun, makin kesini aku tidak hanya menikmati konten table manner-nya saja, tapi juga konten-konten resep masakan yang ia bagikan.

Sebagaimana yang sudah kita tahu, resep masakan dari Farah Quinn emang gak pernah salah kan ya? Hehe.

4. Willgoz Kitchen

Youtube Willgoz Kitchen
Channel Youtube Willgoz Kitchen (youtube.com)

Channel youtube untuk belajar masak selanjutnya datang dari Willgoz Kitchen. Dari channel youtube inilah aku belajar membuat burger bun ku sendiri. Jadi, kalau yang dulunya cuma berkreasi dengan isi dari burgernya saja, tapi aku berhasil membuat burger bun ku sendiri ketika akan membuat burger kesukaanku.

Channel youtube ini termasuk channel youtube yang resep masakannya mudah untuk diikuti, jadi setiap stepnya dipaparkan dengan jelas. Pokoknya gak bakal kebingungan deh kalau memang mengikuti setiap step yang dijelaskan oleh chef Willgoz ini. Tertarik untuk nyobain resepnya gak nih?

5. The Sungkars Family

Youtube Sungkars Family
Channel Youtube The Sungkars Family (youtube.com)

Channel youtube yang kelima ini mungkin agak sedikit berbeda dengan channel youtube yang sebelum-sebelumnya. Karena channel youtube The Sungkars Family ini tidak hanya membagikan konten tentang masak-masak saja. Lebih ke daily vlog dan yang lainnya.

Namun, beberapa resep yang dibagikan oleh Shireen Sungkar di channel youtube-nya tersebut cukup menarik bagiku sehingga membuatku tertarik untuk mencobanya.

Salah satu resep yang pernah aku coba buat yaitu resep pizza tanpa oven yang dibagikan oleh Shireen Sungkar saat itu. Selain resep tersebut, masih ada banyak lagi resep masakan lainnya yang bisa kamu lihat di sana seperti resep donat bombolani, resep martabak teflon, sampai resep brownies lumer.

Nah, kalau suka yang dessert-dessert bisa nih nyobain resep yang dibagikan oleh Shireen Sungkar di channel youtube The Sungkars Family ini, karena bahan yang dipakai juga gak terlalu susah untuk dicari loh.

Baca Juga : 7 Ide Me Time Tanpa Harus Keluar Rumah

Itu dia 5 channel youtube yang biasa aku tonton ketika belajar masak, bahkan hingga saat ini sih, haha. Kalau kamu, punya rekomendasi channel youtube yang lain juga gak nih buat belajar masak? Sharing sama aku di kolom komentar ya!

Everything About Ladya . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates