Sunday, January 3

Ide Me Time
7 Ide Me Time Tanpa Harus Keluar Rumah (indahladya.com)

Hei, bagaimana keadaannya saat ini? Sudah menghitung berapa banyak kegiatan di luar rumah yang harus tertunda akibat pandemi kali ini? Atau pernahkah tersadar sudah berapa banyak waktu rebahan yang kamu habiskan hingga saat ini?

Apapun itu, tapi sebelumnya selamat, karena kamu sudah berhasil menjadi pemenang yang mampu melewati satu tahun belakangan yang penuh dengan ujian. Bukankah itu sebuah prestasi? 

Anjuran Untuk Membatasi Kegiatan Di Luar Rumah

Anjuran Membatasi Kegiatan di Luar Rumah
Anjuran Untuk Membatasi Kegiatan di Luar Rumah (indahladya.com)

Aku tak tahu mungkin sub judul di atas akan menyisakan berbagai pro kontra. Bagaimana tidak, semua orang seolah sudah mulai kehilangan kesabarannya untuk terus menanti titik terang itu datang. Namun, tentunya dunia ini tetap menyisakan orang-orang yang mau menurunkan sedikit egonya demi kepentingan orang banyak.

Eits, tunggu dulu. Aku tidak sedang membicarakan orang yang memang berkepentingan untuk wara-wiri karena tuntutan pekerjaan. Aku hanya ingin mengembalikan kesadaran kita semua bahwa “virus ini masih ada loh!”

Lantas, menjadi orang yang lebih memilih untuk #dirumahaja seringkali kita meresahkan akan kewarasan diri pribadi yang menjadi minim berkomunikasi dengan orang lain. Atau bahkan kita yang sudah mulai lupa untuk melakukan quality time dengan diri sendiri karena sepertinya setiap hari rebahan sudah sama dengan me time bukan? Haha.

Me Time Tidak Harus Selalu Mewah

Me Time Tidak Harus Selalu Mewah
Me Time Tidak Harus Selalu Mewah (indahladya.com)

Sebagian di antara kita mungkin mengartikan me time dalam banyak makna. Ada yang prefer untuk melakukan kegiatan outdoor atau bahkan prefer untuk melakukan kegiatan indoor dengan sekedar melakukan kegiatan sederhana yang tidak perlu memakan banyak biaya.

Tapi sebelum itu, kamu perlu tahu bahwa me time ini adalah sarana seseorang untuk menghargai dirinya, semacam self love. Mungkin di antara kita sudah mulai penat dengan jadwal harian yang begitu-begitu saja? Nah, jika kamu adalah salah satu orangnya, maka ini adalah saat yang tepat untuk mengaplikasikan 7 ide me time yang dapat kamu lakukan tanpa harus keluar rumah. Yuk, simak ulasannya berikut ini!

Ide Me Time Seru di Tengah Pandemi

Ide Me Time Seru
Ide Me Time Seru di Tengah Pandemi (indahladya.com)

Movie Marathon

Siapa sih yang gak suka nonton film? Saya yakin sih banyak yang sangat menikmati kegiatan ini. Namun, biasanya ada beberapa di antaranya yang lebih memilih untuk menonton film dan sebagian lainnya lebih memilih untuk menonton drama series. 

Tak masalah apapun pilihanmu, karena pada akhirnya kegiatan movie marathon ini bisa membuatmu sedikit menurunkan level stres akibat berkutat dengan jadwal harian yang itu-itu saja. Hitung-hitung sebagai refreshing kan? Siapa tahu jadi mendapatkan ide menulis baru dari sana? Hihi.

Tren Berkebun yang Mulai Eksis

Nah, kalau tren yang ini udah pada tahu kan ya? Yap, berkebun! Berkebun dapat menjadi salah satu ide aktivitas me time yang menarik untuk dicoba loh! Dengan menghirup udara segar atau dengan menyentuh tanah akan memberikan pengalaman baru untukmu yang tentunya akan menimbulkan rasa rileks sesaat setelah melakukannya.

Selain itu, berkebun ini juga akan “memaksa” dirimu untuk dapat bergerak aktif. Aktivitas-aktivitas seperti mencangkul, mengisi polybag, memotong rumput, atau bahkan menyiram dan merawat tanaman di setiap harinya akan membuat tubuhmu terbiasa melakukan banyak gerakan sehingga akan membuat tubuh menjadi lebih bugar. Jadi, gak ada salahnya loh untuk mencoba tren satu ini!

Menamatkan Novel yang Belum Sempat Terbaca

Mungkin jika selama “mengejar setoran” kemarin kamu belum sempat menamatkan beberapa novel yang baru terbaca setengahnya, maka inilah akan menjadi saat yang tepat. Menurutku pribadi, dengan membaca novel maka kita turut memainkan kreativitas dan fantasi di setiap lembar halamannya.

Dan jujur saja, aku lebih suka membaca novel dibandingkan dengan harus menonton film. Karena terkadang ada beberapa part yang sangat indah jika kita mengandalkan kemampuan berkhayal kita, hihi. But again, semua orang punya cara dan pilihannya masing-masing ya!

Mencoba Resep Baru

Hal ini sepertinya sempat tren di awal masa pandemi lalu. Di mana semua orang berlomba-lomba meniru berbagai resep yang dihadirkan di sosial media. Masih ingat dengan dalgona coffee? Yap, itu adalah satu tren yang sempat menyelamatkan kegabutan kalian selama PSBB kemarin, bukan?

Dan sekarang sih sepertinya sudah lebih banyak lagi resep-resep masakan yang bisa kalian coba. Mulai dari resep dessert sampai makanan berat. Jadi, ide satu ini bisa banget loh dicoba, terutama untuk kamu yang sekarang memang lagi belajar masak.

Perawatan Diri

Sepertinya sudah tidak asing lagi, sebagaimana me time yang biasa diidentikkan dengan aktivitas merawat diri, seperti pedi meni misalnya. Meskipun me time ini tidak melulu berkaitan dengan hal-hal persalonan, ide me time satu ini bisa kamu coba untuk kembali me-refresh fisik dan pikiranmu agar lebih siap menghadapi aktivitas harianmu setelahnya.

Berolahraga

Berolahraga dapat menjadi pilihan tepat untuk kamu yang merasa lebih sering rebahan selama pandemi kali ini. Karena dengan berolahraga, maka kita sudah melakukan suatu usaha untuk tetap bergerak meskipun hanya di rumah aja. Ada banyak sekali ide olahraga yang bisa kamu terapkan selama pandemi kali ini.

Kamu bisa men-download salah satu aplikasi khusus olahraga yang bisa membantumu untuk menyesuaikan gerakan dan jadwal berolahragamu, terutama untuk para pemula yang baru bangkit dari kebiasaan rebahannya nih! Hihi.

A Little Laziness Won’t Hurt Anybody

Kaum rebahan pasti bakal senang banget nih waktu ngebaca poin terakhir ini. Karena sebenarnya sedikit bermalas-malasan tidak akan menjadi suatu masalah. Asalkan porsinya tetap harus diatur ya. Hayo, inget gak, udah pada nulis apa aja nih di daftar resolusi tahun 2021 ini? Gak mau kecolongan lagi kan? Jadi, jangan lupa untuk disiplin dalam melakukan kegiatan penting lainnya ya!

Nah, setelah membaca 7 ide me time di atas, jadi terbukti bahwa me time tidak harus selalu dilakukan di luar rumah kan? Siapa bilang me time-mu gak bakal seru kalau kamu cuma diam di rumah saja. Kalau kamu lebih suka ide yang mana? Yuk, sharing di kolom komentar!

 

IndahLadya


Baca Juga:

Self Love : Ini Masalah Penerimaan Diri
Berteman Dengan Rasa Malas

13 comments:

  1. Tips yang sangat membantu kak, apa lagi pandemi masih kaya gini jadi ya harus buat aktifitas sendiri yang gak keluar rumah

    ReplyDelete
  2. No 7? Betul betul betul. Harus sigap nih. Tak hanya melawan Corona, tapi juga berjibaku melawan rebahan yang tak terhitung lamanya. Semangat semangat!

    ReplyDelete
  3. Wah, udah coba semuanya apalagi yang terakhir. Eh, tapi olahraga di rumah yang aku belum, itu, hihihi ....

    ReplyDelete
  4. aku paling suka maskeran sambil rebahan mbaa, gausah macem2 dah itu udah nenangin bangeett ahahhaha

    ReplyDelete
  5. Sejak wfh saya jadi punya banyak waktu cobain hobby baru, salah satunya dengan mencoba menulis Blog hehehe. Me Time kalo aku kebanyakan tiduran sambil main game atau sambil nonton drama 😁

    ReplyDelete
  6. Wah.. Makasih banyak mba tips2nya... Sangat bermanfaat 😊

    ReplyDelete
  7. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  8. dari semua tips di atas, yang paling susah dilakukan itu ... olahraga... jujur ini yang paling susah konsisten. padahal butuh banget. apalagi kalau melihat ukuran baju yang mengecil #ups, hahahaha

    ReplyDelete
  9. Aku paling senang melakukan perawatan diri! Dari pakai lotion yang wangi, scrubing, hair masking, dan pakai parfum yang wangi sebelum tidur itu adalah beberapa me time singkat yang sering aku lakukan. Bener sih, sebenarnya kalau mau dicari, me time itu akan sangat bervariasi macamnya. Asal kita mau untuk melakukannya aja hehe

    ReplyDelete
  10. Poin favoritku adalah movie marathon, olahraga sama lazy time hahaha. Tiga hal yang bikin mood bisa langsung meroket, setelah lakuin itu biasanya suka ada ide nulis sih kalau aku~

    Tapi ada 1 hal yang bikin aku seneng diem di rumah, main game hahaha xD

    ReplyDelete
  11. Kalau aku ditengah pandemi seperti ini lagi suka berkebun dan menyelesaikan membaca buku.. dan satu lagi yaitu ngerajinin untuk blogging hehe!
    Me time juga penting banget, kegiatan rutin sebelum aku tidur adalah menyempatkan waktu untuk diriku sendiri. Bisa melakukan bermacam-macam kegiatan seperti menyalalakan lilin yang membuat kamarku jadi harum, ah bisa buat tidurku nyenyak sekali hehe

    Terima kasih mbak Ladya sudah sharing!

    ReplyDelete
  12. Sebagai ibu rumah tangga saya sering kekurangan waktu, sampai 2 ga sempet mikirin me time walaupun di rumah saja.. rasanya pekerjaan tak pernah habis
    Semoga sehat selalu Mbak

    ReplyDelete
  13. Iyaa, aku suka baca buku dan nonton drakor...mulai berkebun juga. Sekarang pengen disiplin olahraga setiap hari semoga istiqomah..

    ReplyDelete

Everything About Ladya . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates