Tuesday, January 26

Mengutamakan Suatu Proses Dibanding Hasil
Mengutamakan Suatu Proses Dibanding Hasil (indahladya.com)

Apa yang kita dapatkan dari suatu proses akan berakhir pada sebuah hasil. Namun, terkadang hasil yang kita dapatkan ini bisa sesuai atau bahkan tidak sesuai dengan ekspektasi kita sebelum memulai untuk melakukan suatu hal.

Hasil yang diluar ekspektasi kita ini ternyata seringkali membuat kita menghukum diri karena dianggap tidak mampu untuk mencapai impian yang selama ini telah kita usahakan.

Namun, selama menggapai impian tersebut, kita terkadang lupa akan hadirnya suatu pembelajaran yang kita dapatkan dari proses yang panjang tersebut. Siapa sangka bahwa nyatanya kamu menjadi sosok yang lebih matang setelah melewati jalan yang berliku-liku yang bahkan membuatmu ingin menyerah kemarin?

Pentingnya Suatu Proses Dibanding Hasil

Pentingnya Suatu Proses Dibanding Hasil
Pentingnya Suatu Proses Dibanding Hasil (indahladya.com)

Suatu artikel yang pernah saya baca menyebutkan bahwa proses merupakan inti dari suatu hasil. Tanpa melakukan suatu proses, maka kita tidak akan mendapatkan hasil apapun.

Oleh karena itu, peran suatu proses dalam menggapai suatu hal yang kita impikan adalah jauh lebih penting dibandingkan hasil yang kita dapatkan nantinya. Karena hasil sebaik apapun, apabila tidak didapatkan dengan proses yang baik, maka tidak akan membawamu kemanapun.

Pembelajaran Dari Suatu Proses

Pembelajaran Dari Suatu Proses
Pembelajaran Dari Suatu Proses (indahladya.com)

Banyak pembelajaran yang kita dapatkan selama melalui proses yang panjang tersebut apabila kita mau merenungkannya sejenak. Kegagalan yang berulang kali terjadi bukan disebabkan karena kita yang tidak mampu atau bahkan usaha kita yang tidak terlalu kuat.

Bagaimana mungkin kita akan terus hidup dalam penyesalan? Perihal rencana dan angan yang mungkin membuahkan hasil yang tidak sesuai keinginan, atau bahkan usaha keras yang seperti tidak mengubah apapun dalam dirimu.

Dari suatu proses kita bisa belajar bahwa hidup adalah sebuah rangkaian peristiwa. Kamu boleh berusaha dan berencana setinggi-tingginya. Namun, untuk mendapatkan hasil yang kamu inginkan, kamu perlu melewati suatu jalan yang bernama proses.

Hingga pada akhirnya proses inilah yang menentukan seberapa bernilai hasil yang kamu dapatkan nanti. Bukankah suatu hasil yang didapatkan dengan kerja keras akan memberikan rasa yang berbeda untukmu nantinya?

Mengubah Sudut Pandang Dalam Menilai Suatu Hasil

Mengubah Sudut Pandang Dalam Menilai Hasil
Mengubah Sudut Pandang Dalam Menilai Hasil (indahladya.com)

Saya jadi teringat pesan dari salah seorang teman, beliau kala itu meminta saya untuk merenungkan suatu hal. Bagaimana rasanya setelah kita mendapatkan sesuatu seusai menantikannya dalam jangka waktu yang cukup lama, dan tentunya dengan usaha yang tidak main-main? Akankah rasanya sama dengan mendapatkan suatu hal hanya dengan cuma-cuma?

Hingga pada akhirnya saya memahami bahwa rasa tidak pernah berbohong. Dan mungkin hal inilah yang tengah Tuhan usahakan agar kita dapat menghargai suatu hasil berdasarkan proses yang telah kita lalui.

Percayalah bahwa masih sangat banyak faktor luar yang mempengaruhi hasil yang kita dapatkan. Tidak ada usaha yang sia-sia, semuanya memberikan dampak dan hasil dalam hidupmu. Hanya saja, mungkin kamu melewatkannya karena menganggap hal itu bukan menjadi suatu tujuan utama yang kamu rencanakan sebelumnya.

Ada orang yang berniat lalu berhasil, lalu ada orang yang berniat lalu tidak berhasil, dan bahkan ada orang yang tidak berniat lalu berhasil. Lantas, apakah usaha mereka yang tidak berhasil ini menjadi sia-sia? Tentu saja tidak!

Apabila kamu mampu melihat nilai suatu hasil berdasarkan proses yang kamu lalui, maka kamu akan memahami bahwa semua orang punya waktu dan bagiannya masing-masing.

Jangan samakan prosesmu dengan proses orang lain yang hanya kamu lihat dari luar saja. Karena kamu tidak akan pernah tahu perjuangan apa yang sebenarnya sudah ia lakukan jauh sebelum dirimu memulai proses itu sendiri.

Pada akhirnya, proses yang baik akan menghasilkan hasil yang baik. Begitu juga dengan sebaliknya, proses yang tidak baik akan menghasilkan hasil yang tidak baik pula. Suatu hasil mungkin penting untuk dijadikan tolak ukur keberhasilan suatu visi yang tengah kamu usahakan. Namun, hal yang perlu kamu ingat bahwa tidak ada yang bisa menggantikan manfaat yang kamu dapatkan dari menjalani suatu proses.

Jadi, jangan takut untuk berproses ya! Karena kamu akan segera sampai pada satu titik terbaik dalam hidupmu, selamat berjuang!

 

IndahLadya


Baca Juga :

Peran Harapan dan Cinta Dalam Self Motivation
Seni Mengontrol Emosi
Jangan Insecure, Semua Orang Punya Standar Bahagianya Sendiri!

Everything About Ladya . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates