Wednesday, January 6

5 Manfaat Mematikan Lampu Saat Tidur
5 Manfaat Mematikan Lampu Saat Tidur (indahladya.com)

Tidur menjadi salah satu sarana untuk melepas penat setelah melakukan aktivitas seharian yang melelahkan. Namun, ternyata saat tidur terdapat beberapa aspek yang harus diperhatikan, terutama dari segi pencahayaan.

Beberapa di antara kita mungkin terbiasa untuk tidur dengan lampu menyala. Tetapi, tidak sedikit juga yang lebih memilih untuk tidur dalam keadaan gelap. Nah, ternyata tidur dalam keadaan gelap memiliki banyak manfaat loh. Yuk, simak ulasannya berikut ini!

Tidur Menjadi Lebih Berkualitas

Tidur Menjadi Lebih Berkualitas
Tidur Menjadi Lebih Berkualitas (indahladya.com)

Manfaat paling utama yang kamu rasakan ketika tidur dalam keadaan gelap yaitu menjadi lebih nyenyak, bukan? Hal ini dikarenakan ketika tubuh berada dalam keadaan gelap maka otak akan lebih mudah memberikan sinyal untuk beristirahat.

Mengurangi Insomnia

Mengurangi Insomnia
Mengurangi Insomnia (indahladya.com)

Insonmia bisa disebabkan oleh banyak faktor. Namun, salah satu penyebab insomnia adalah tidur dalam keadaan lampu menyala. Hal ini dikarenakan respon mata dan otak yang menjadi lebih aktif ketika berada dalam keadaan terang sehingga mempersulit kamu untuk segera terlelap.

Mencegah Depresi

Mencegah Depresi
Mencegah Depresi (indahladya.com)

Cahaya dari alat elektronik mampu memicu perubahan mood seseorang. That’s why, kita banyak menemui artikel yang menganjurkan untuk tidak menatap layar handphone ketika akan tidur. Ternyata hal ini tidak hanya berlaku untuk cahaya dari handphone saja. Cahaya lampu kamar pun dapat memicu perubahan mood yang signifikan. Sebagaimana dikutip dari Journal of Affective Disorders, risiko depresi dapat dihindari dengan membuat kamar tidur malam hari dalam keadaan gelap.

Menjaga Kesehatan Kulit

Menjaga Kesehatan Kulit
Menjaga Kesehatan Kulit (indahladya.com)

Radiasi dari lampu kamar tidur dapat mempercepat terjadinya kerutan pada kulit sehingga kulit nampak lebih tua. Selain itu, akibat kualitas tidur yang menurun dikarenakan tidur dalam keadaan lampu menyala juga dapat menyebabkan lingkaran bawah mata menjadi lebih jelas.

Mengurangi Risiko Peningkatan Tekanan Darah

Mengurangi Risiko Peningkatan Tekanan Darah
Mengurangi Risiko Peningkatan Tekanan Darah (indahladya.com)

Dikutip dari Chronobiology International, berdasarkan kadar melantoin pada eksresi urin semalam menunjukkan hasil bahwa paparan cahaya di malam hari secara signifikan berhubungan dengan peningkatan tekanan darah pada orang tua di malam hari. Jadi, untuk menjaga tekanan darahmu, sebaiknya tidur dalam keadaan gelap ya!

Cara Membiasakan Tidur Dalam Keadaan Gelap

Cara Membiasakan Tidur dalam Keadaan Gelap
Cara Membiasakan Tidur Dalam Keadaan Gelap (indahladya.com)

Meskipun kita sudah mengetahui banyak manfaat yang didapatkan dari tidur dalam keadaan gelap, tetapi pastinya banyak di antara kita yang sudah terbiasa tidur dalam keadaan lampu menyala sehingga sulit untuk membiasakan tidur dalam keadaan gelap. Nah, berikut ini beberapa cara yang bisa kamu coba untuk mempermudah dirimu membiasakan tidur dalam keadaan gelap.

Menyesuaikan Diri Secara Bertahap

Saya paham betul bahwa tidak semua orang bisa menyesuaikan diri secepat itu. Oleh karena itu, dibutuhkan penyesuaian diri secara bertahap. Kamu bisa menggunakan lampu yang lebih redup ketika akan tidur di malam hari. Hal ini tentunya akan membantumu untuk membiasakan tidur dalam keadaan gelap.

Mengurangi Overthinking Terhadap Kegelapan

Ketakutan dari masa kecil yang terbawa hingga dewasa ini biasanya disebabkan oleh tontonan film horror yang identik dengan suasana gelap. Nah, di sinilah pentingnya kamu untuk kembali meluruskan perspektifmu terhadap keadaan gelap. Buatlah dirimu merasa senyaman mungkin ketika akan tidur di malam hari. Sehingga pikiran-pikiran negatif mengenai kegelapan tersebut perlahan akan hilang dengan sendirinya.

Mengatur Jam Tidur Dengan Baik

Menurut pengalaman saya pribadi, tidur di atas jam 12 biasanya akan menghasilkan rasa takut berlebih, terutama jika kamu memang sebelumnya terbiasa untuk tidur dalam keadaan terang. Jadi, usahakan untuk mengatur jam tidurmu sebaik mungkin untuk meminimalisir timbulnya rasa takut dalam kegelapan tersebut.

Tidur Bersama Hewan Peliharaan

Poin terakhir ini mungkin sekaligus bisa membuatmu berlatih untuk berani tidur tanpa ditemani oleh orang lain. Jika kamu memiliki hewan peliharaan seperti kucing, kamu bisa membawa kucingmu agar dapat menemanimu ketika akan tidur di malam hari. Setidaknya, kamu memiliki teman untuk meminimalisir rasa takutmu, bukan?

Hindari Tidur Dalam Keadaan Terlalu Hening

Suasana yang terlalu hening biasanya akan memicu pikiran-pikiran negatif mengenai kegelapan itu sendiri. Kamu bisa mengurangi rasa takutmu dengan menghidupkan AC atau kipas angin selama kamu tidur. Dengan demikian, suara yang dihasilkan dari AC atau kipas angin tersebut bisa mencegah pikiran negatif mengenai suara-suara aneh yang nyatanya hanya ada di dalam dunia fantasimu semata.

Nah, jadi bagaimana? Sudah siap untuk tidur dalam keadaan gelap? Atau jika kamu punya tips lainnya, yuk sharing pengalamanmu di kolom komentar ya!

 

IndahLadya

 

Referensi:

Obayashi, K., dkk., 2013, Journal of Affective Disorders, Exposure to light at night and risk of depression in the elderly, 151(1):331.

Obayashi, K., dkk., 2014, Chronobiology International, Association between light exposure at night and nighttime blood pressure in the elderly independent of nocturnal urinary melatonin excretion, 31(6):779.


Baca Juga :

Lack of Sleep (Kurang Tidur)
Jangan Malas, Ini Manfaat Bangun Pagi Bagi Kesehatan!
Tips Menata Kamar Tidur Agar Selalu Rapi

3 comments:

  1. Nggak sia - sia ternyata tidur selalu di matiin lampu. Malahan kalau lampu nya hidup nggak bisa tidur xd

    Makasih udah sharing manfaatnya kak!

    ReplyDelete
  2. Aku juga suka tidur di matiin lampunya, jadi tenang gtu hehe

    ReplyDelete
  3. Akunya malah ngga bisa tidur kalo lampunya nyala. Terlalu gelap juga ngga bisa. Kondisi kamar agak remang2 bikin tidur makin nyenyak. Hihihi

    ReplyDelete

Everything About Ladya . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates