Monday, October 19

Manfaat Bangun Pagi Bagi Kesehatan (sumber: dokumentasi pribadi indahladya.com)

Bangun pagi merupakan salah satu kebiasaan yang memiliki banyak sekali manfaat. Sayangnya, beberapa orang masih mengabaikan hal ini dikarenakan rasa mager untuk bangun pagi. Apalagi di masa pandemi saat ini, di mana siang dan malam cenderung tidak memiliki perbedaan yang pasti. Hal ini dikarenakan sebagian besar dari aktivitas kita masih dilaksanakan secara online, bukan?

Nah, supaya kamu lebih semangat untuk menerapkan kebiasaan bangun pagi, berikut ini beberapa manfaat yang akan kamu dapatkan ketika terbiasa bangun pagi.

Tubuh Terasa Lebih Segar

Udara yang kita hirup ketika bangun di pagi hari adalah udara yang masih segar dan belum terkontaminasi oleh debu dan polusi udara lainnya. Hal ini tentunya membuat tubuh terasa lebih segar ketika menghirup udara yang bersih ini. Selain itu, menghirup udara yang bersih akan memperlancar aliran darah karena kadar oksigen dalam darah yang meningkat.

Lebih Bahagia dan Terhindar Stres

Bangun di pagi hari akan membuat seseorang memiliki mood yang lebih terjaga dibandingkan mereka yang tidak bangun di pagi hari. Sebagai contoh sederhananya, seseorang yang bangun pagi tidak akan terburu-buru untuk melakukan segala sesuatunya. Sedangkan ketika kita bangun siang, maka kita akan cenderung terburu-buru sehingga menyebabkan mood kita menjadi tidak baik di hari itu.

Punya Banyak Waktu Untuk Menyiapkan Aktivitas di Pagi Hari

Masih berhubungan dengan poin sebelumnya, bangun pagi dapat membuat kita memiliki lebih banyak waktu untuk menyiapkan aktivitas di pagi hari. Apabila kita memiliki meeting di jam-jam tertentu, maka kita tidak akan mempersiapkan kebutuhan meeting tersebut dengan terburu-buru, melatih diri supaya lebih disiplin juga toh?

Meningkatkan Daya Ingat

Dilansir dari health.detik.com, seseorang yang memiliki kebiasaan bangun pagi akan memiliki kemungkinan terkena pikun lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak. Hal ini tentunya akan berpengaruh terhadap performa kita ketika bekerja, bukan?

Bisa Berolahraga Pagi

Salah satu manfaat yang sangat bisa dirasakan ketika bangun pagi adalah kesempatan untuk dapat berolahraga pagi. Udara di pagi merupakan udara yang sangat segar karena belum tercemar oleh berbagai polusi udara. Oleh karena itu, dengan terbiasa berolahraga di pagi hari maka kamu dapat menghirup udara bersih ini dalam jumlah yang lebih banyak sehingga akan menyehatkan tubuh.


Tips Untuk Bangun Pagi

Nah, setelah mengetahui berbagai manfaat yang didapatkan dari bangun pagi, pasti jadi lebih pengin menerapkan ini sebagai salah satu kebiasaan barumu, bukan? Beberapa tips di bawah ini akan membantumu agar terbiasa menerapkan kebiasaan bangun pagi.

Hindari Begadang

Hindari Begadang (sumber: dokumentasi pribadi indahladya.com)

Begadang merupakan salah satu faktor yang menyebabkan seseorang menjadi malas untuk bangun pagi. Sebagimana yang telah kita ketahui bahwa begadang merupakan salah kebiasaan yang tidak baik yang dapat memicu berbagai gangguan kesehatan seperti penyakit jantung hingga stroke.

Selain memicu penyakit-penyakit berbahaya tersebut, ternyata begadang juga membuat seseorang cenderung sulit untuk menerapkan bangun di pagi hari. Hal ini dikarenakan tubuh memberikan sinyal mengantuk yang menandakan tubuh belum mendapatkan waktu istirahat yang optimal.

Ketahui Jam Tidur yang Dibutuhkan

Ketahui Jam Tidur yang Dibutuhkan (sumber: dokumentasi pribadi indahladya.com)

Masih berhubungan dengan poin sebelumnya, penting bagi kita untuk mengetahui berapa jam tidur yang kita butuhkan. Jika rata-rata orang dewasa membutuhkan waktu tidur sebanyak 8 jam, maka untuk dapat membiasakan bangun pagi, setidaknya kita tidur di bawah jam 10 malam.

Letakkan Alarm di Tempat yang Tidak Mudah Terjangkau

Letakkan Alarm di Tempat yang Tidak Mudah Terjangkau (sumber: dokumentasi pribadi indahladya.com)

Ada banyak sekali tipe orang yang berusaha untuk bangun pagi menggunakan media berupa alarm. Sebagian orang termasuk yang mudah terbangun ketika mendengar suara alarm, sedangkan sebagiannya lagi cenderung sulit terbangun meskipun alarm tersebut sudah berbunyi berkali-kali..

Untuk mengakali hal ini, maka kamu perlu menempatkan alarm ini di tempat yang tidak mudah terjangkau oleh tangan. Hal ini akan membuatmu memberikan effort lebih besar untuk dapat bangun dan tersadar saat akan mematikan alarm tersebut.

Niatkan dengan Baik

Niatkan Dengan Baik (sumber: dokumentasi pribadi indahladya.com)

Poin terakhir ini merupakan kunci dari segala permasalahan yang telah dijelaskan di atas. Segala sesuatu itu tergantung dari niatnya. Seberapa banyak pun artikel yang kamu baca untuk menerapkan kebiasaan bangun pagi, tetapi jika kamu tidak berniat secara sungguh-sungguh maka akan tetap terasa sulit bagimu.

Berbeda halnya jika kamu berniat dengan sumgguh-sungguh maka meskipun awalnya terasa sulit, pada akhirnya nanti kamu akan lebih terbiasa untuk menerapkan salah satu kebiasaan baik ini. Jadi, jangan lupa diniatkan dengan baik ya! Selamat mencoba!

 

IndahLadya

 

Referensi :

DetikHealth, 2011, Bangun Tidur Selalu Kesiangan Cenderung Lebih Cepat Pikun, https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-1790609/bangun-tidur-selalu-kesiangan-cenderung-lebih-cepat-pikun

Everything About Ladya . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates