Tuesday, October 13

Tips Mendesain Kamar Mandi Berukuran Kecil (sumber gambar: dokumentasi pribadi indahladya.com)

Kamar mandi merupakan salah satu space yang disediakan di suatu rumah yang biasanya berukuran terbatas, tidak terlalu besar. Bahkan beberapa kamar mandi hanya berukuran 2x2 atau 2x1 meter saja. Hal ini menyebabkan beberapa orang kesulitan dalam mendesain kamar mandi berukuran kecil ini sehingga cenderung terasa sumpek ketika berada di dalamnya.

Sebenarnya, kamar mandiri berukuran 2x2 atau 2x1 meter ini tetap sah-sah saja loh. Asalkan kita mengetahui cara menata perabotan di dalamnya dengan benar. Pemilihan warna keramik pun gak kalah pentingnya. Jadi, kita tetap bisa kok memiliki kamar mandi minimalis yang gak terasa sumpek ketika berada di dalamnya.

Berikut ini beberapa tips yang bisa diterapkan untuk mendesain kamar mandi berukuran kecil agar terasa lebih lega. Yuk, simak tipsnya di bawah ini!

Memasang Cermin

Memasang Cermin (sumber gambar: dokumentasi pribadi indahladya.com)

Cermin merupakan salah satu perabot penting yang harus ada di ruangan yang tidak terlalu luas. Hal ini dimaksudkan untuk memberikan kesan atau ilusi lapang pada ruangan sempit tersebut. Nah, untuk kamar mandi berukuran kecil, cermin juga bisa menjadi salah satu solusinya loh!

Tidak hanya digunakan di kamar mandi modern dan mewah, penggunaan cermin ini juga bisa diterapkan di kamar mandi berukuran kecil sekalipun. Meskipun ruangan tersebut tidak terlalu besar, tetapi cermin ini mampu membuat kamar mandi kita terlihat lebih luas berkat pantulan ruang di sebelah sisinya.

Memaksimalkan Sisi Dinding Kosong

Memaksimalkan Sisi Dinding Kosong (sumber gambar: dokumentasi pribadi indahladya.com)

Sisi dinding kosong pada kamar mandi bisa kita manfaatkan untuk membuat beberapa rak di kamar mandi loh. Rak-rak ini bisa kita gunakan untuk menata beberapa alat mandi kita, seperti sampo, sabun, sikat gigi dan pasta gigi, serta tisu toilet sekalipun.

Pemanfaatan sisi dinding kosong ini tentunya sangat membantu bagi pemilik kamar mandi dengan ukuran yang tidak terlalu besar. Apabila kamu mampu memasang rak tertutup pada sisi dinding kosong ini, maka akan lebih baik lagi. Karena hal ini akan membuat kamar mandimu terlihat lebih rapi.

Memaksimalkan Bagian Belakang Pintu

Memaksimalkan Bagian Belakang Pintu (sumber gambar: dokumentasi pribadi indahladya.com)

Ketika sisi dinding yang kosong telah kita manfaatkan untuk memasang beberapa rak di kamar mandi, maka bagian belakang pintu yang kosong ini pun bisa kita manfaatkan untuk membuat beberapa gantungan untuk handuk. Hal ini tentunya akan sangat berguna karena hal ini telah membuat kita memiliki ruang gerak lebih banyak di sana.

Pemanfaatan bagian belakang pintu yang kosong ini juga bisa menghemat biaya kita, kan? Kita hanya perlu bermodalkan paku dan beberapa gantungan sederhana untuk bisa memanfaatkan bagian tersebut sebagai tempat untuk menggantung handuk.

Melengkapi Kamar Mandi dengan Exhaust Fan

Melengkapi Kamar Mandi dengan Exhaust Fan (edited by: indahladya.com)

Salah satu penyebab kamar mandi tampak sumpek dan pengap adalah tidak adanya ventilasi atau exhaust fan di dalamnya. Hal ini akan menyebabkan udara yang berada di kamar mandi tersebut akan berputar disitu-situ saja. Hmm, kebayang kan gimana pengapnya?

Nah, untuk mengatasi hal tersebut, kita bisa mengakalinya dengan memasang exhaust fan di dalam kamar mandi tersebut. Exhaust fan ini akan sangat berguna untuk menjaga kualitas udara dari suatu ruangan. Fungsi utamanya yaitu untuk mengekstrak udara lembap dari kamar mandi untuk dibawa keluar.

Alhasil, sirkulasi udara di kamar mandi agar berjalan dengan baik sehingga dapat membuang aroma yang tidak sedap dan memberikan udara bersih ke dalam ruang kamar mandi kita. Hmm, worth it banget ya?

Tidak Menggunakan Bak Mandi

Tidak Menggunakan Bak Mandi (sumber gambar: dokumentasi pribadi indahladya.com)

Apabila kita memiliki kamar mandi yang berukuran tidak terlalu besar, sebaiknya tidak menggunakan bak mandi atau bath tub di dalamnya. Hal ini akan menambah kesumpekan dari kamar mandi itu sendiri loh! Sebagai alternatifnya, kita bisa menggunakan shower sehingga ruang gerak di dalam kamar mandi tersebut akan lebih besar dan memberikan kesan lebih lega.

Tidak Memasang Sekat

Tidak Memasang Lekat (sumber gambar: dokumentasi pribadi indahladya.com)

Salah satu tips yang paling berpengaruh dalam membuat kamar mandi tampak lebih lega adalah menghilangkan sekat. Beberapa penggunaan shower di kamar mandi biasanya menggunakan sekat pemisah tersendiri. Nah, untuk penggunaan shower di kamar mandi yang berukuran tidak terlalu besar, sebaiknya penggunaan sekat ini tidak digunakan ya!

Keberadaan sekat pada kamar mandi kita justru akan membuat kamar mandi tampak lebih sempit. Sebagai alternatifnya, kita bisa memberikan pemisah antara area shower dan area kamar mandi lainnya dengan mengoptimalkan perbedaan warna lantai keramiknya. Selain lebih estetik, akan membuat kamar mandi tampak lebih lega juga kan?

Menggunakan Warna Keramik Netral

Menggunakan Warna Keramik Netral (sumber gambar: dokumentasi pribadi indahladya.com)

Seperti yang telah dijelaskan di awal, penggunaan warna keramik akan cukup menentukan kesan kita ketika berada di dalam kamar mandi tersebut. Warna keramik yang cerah dan netral akan membuat kamar mandi terasa lebih lega dan terang meskipun tidak memiliki jendela di dalamnya. Lebih efektif, bukan?

Nah, setelah membaca beberapa tips di atas, jadi bagaimana? Sudah siap membuat kamar mandi minimalis anti sumpek? Selamat mencoba ya!

 

IndahLadya

Everything About Ladya . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates