Wednesday, October 14

Tips Menjadi Mahasiswa Baru Saat Pandemi (sumber: dokumentasi pribadi indahladya.com)

Perpindahan status dari siswa sekolahan menjadi mahasiswa dari suatu universitas tentu menjadi saat yang membanggakan sekaligus mendebarkan. Beberapa individu mungkin sudah sangat tidak sabar untuk merasakan bagaimana menjadi mahasiswa baru itu sendiri. Membayangkan bagaimana proses ospek yang keliatannya seru banget. Membayangkan rasanya berkenalan dengan mahasiswa baru lainnya. Bahkan membayangkan bagaimana melihat kakak-kakak BEM yang kece-kece.

Namun, di tengah pandemi Covid-19 saat ini, sebagian harapan itu harus pupus begitu saja. Hal ini dikarenakan semua prosesi perkenalan kampus yang biasa dikenal dengan ospek ini harus dilaksanakan secara online.

Hmm, tapi jangan khawatir, sebagai mahasiswa baru, kita harus tetap semangat loh untuk menjalani kuliah secara efektif meskipun di tengah pandemi sekalipun. Berikut ini beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk menjadi mahasiswa baru agar kuliahmu tetap lancar dan berfaedah meskipun dilakukan secara daring. Yuk kita simak tipsnya di bawah ini!

Persiapkan Sarana Perkuliahan Daring

Persiapkan Sarana Perkuliahan Daring (sumber: dokumentasi pribadi indahladya.com)

Hal ini merupakan salah satu hal penting yang harus kita siapkan sejak awal sebelum masa perkuliahan berlangsung. Sesuai arahan pemerintah, sistem perkuliahan saat ini masih dilakukan secara online. Jadi, kita perlu menyiapkan segala sarana yang menunjang seperti laptop atau PC yang bisa digunakan selama proses perkuliahan.

Hal lain yang perlu disiapkan juga seperti kuota internet dan beberapa aplikasi yang biasa digunakan selama perkuliahan seperti Google Meet dan Zoom. Nah, ada baiknya kita mencari tahu terlebih dahulu aplikasi apa yang akan digunakan selama perkuliahan nanti. Jangan sampai baru nge-download semuanya di hari H kuliah perdana ya! Masa’ hari pertama udah telat? Hehe.

Catat Jadwal Perkuliahan

Catat Jadwal Perkuliahan (sumber: dokumentasi pribadi indahladya.com)

Sebagai mahasiswa baru, kegiatan akademik biasanya menjadi prioritas utama. Apalagi di tengah pandemi saat ini, boro-boro kepikiran buat ikut organisasi apaan, kan? Nah, untuk menunjang kegiatan akademik ini, sebaiknya kita mencatat jadwal perkuliahan yang telah diberikan.

Jangan lupa untuk menempelkan jadwal ini di bagian tempat yang selalu terlihat oleh kita, seperti cermin atau meja belajar. Hal ini akan mempermudah kita untuk mengetahui mata kuliah apa yang harus dipelajari hari itu dan meminimalisir supaya gak telat juga, kan?

Manajemen Waktu

Manajemen Waktu (sumber: dokumentasi pribadi indahladya.com)

Sepertinya sudah banyak sekali yang berbicara bahwa kuliah itu gak sama dengan masa-masa SMA kita dulu. Kenyataannya? Iya, bener banget, hehe. Kalau di SMA kita masih punya jadwal tetap, gak ada guru yang mau tiba-tiba pindah jadwal atau minta jam tambahan di luar jam kelas. Namun, kalo di perkuliahan beda lagi ceritanya.

Waktu untuk kuliah ini bisa dikatakan fleksibel, tetapi saking fleksibelnya terkadang membuat mahasiswa baru jadi bingung, “sebenarnya yang mana sih jadwal tetap kita itu?”. Nah, inilah pentingnya manajemen waktu. Kita harus mengatur waktu untuk kuliah dan waktu untuk mengerjakan tugas. Dan jangan segan untuk merevisi ulang jadwal yang sudah kita buat ketika ada perubahan jam yang diberikan oleh dosen. Kalau kata para kakak tingkat sih pasti “pinter-pinter ngatur waktunya aja dek!”.

Jangan Menunda Tugas

Jangan Menunda Tugas (sumber: dokumentasi pribadi indahladya.com)

Masih berhubungan dengan poin sebelumnya, mengenai manajemen waktu. Sebagai mahasiswa baru, biasanya kita kaget dengan tugas seabrek-abrek yang diberikan oleh dosen dengan deadline yang tidak tanggung-tanggung. Belum lagi beberapa dosen yang meminta jadwal tambahan di luar jam kelas. Hmm, pusing banget ya pasti rasanya?

Nah, inilah pentingnya untuk tidak menunda mengerjakan tugas. Kerjakanlah tugas tersebut sesaat setelah diberikan oleh dosen. Hal ini dikarenakan kita tidak pernah tahu ada kejutan apalagi di jadwal kita berikutnya. Kalau terus menunda-nunda, bisa-bisa kita jadi begadang di H-1 sebelum tugas dikumpulkan loh! Yahh, masa’ masih maba udah mengenal sistem SKS (Sistem Kebut Semalam)? Hehe.

Temukan Cara Belajar yang Ideal

Temukan Cara Belajar yang Ideal (sumber: dokumentasi pribadi indahladya.com)

Cara dan waktu belajar setiap orang tentunya berbeda-beda. Ada yang lebih suka belajar di pagi hari sebelum kelas berlangsung, dan ada juga yang lebih suka belajar di malam hari karena katanya sih suasanya lebih hening, jadi lebih fokus gitu. Gak ada yang salah dari semua pilihan waktu belajar ini. Lakukan saja senyamannya.

Kita tidak perlu mencontek jadwal belajar orang lain, percayalah bahwa kita juga punya golden time sendiri. Bahkan beberapa mahasiswa justru merasa lebih nyaman ketika tidur lebih awal di malam hari untuk bangun dan belajar di tengah malam. Jangan lupa juga untuk menentukan gaya belajar yang bagaimana yang sesuai dengan kita, simak lebih lengkapnya di sini ya.

Lakukan yang Terbaik Sejak Awal

Lakukan yang Terbaik Sejak Awal (sumber: dokumentasi pribadi indahladya.com)

Kebiasaan kita di awal perkuliahan sejak menjadi mahasiswa baru akan menentukan bagaimana kita hingga di akhir semester perkuliahan nanti. That’s why, dalam beberapa poin di atas saya sangat menekankan untuk gak jadi mahasiswa dengan sistem SKS (sistem kebut semalam) dan mahasiswa yang sering telat!

Kalau dari awal saja kebiasaan buruk ini sudah biasa kita bentuk, bagaimana ketika kita menjadi mahasiswa semester atas yang mata kuliah dan tugasnya berada di level kesulitan yang lebih tinggi lagi? Tentu hal ini akan menyulitkan kita ke depannya. Jadi, kuncinya adalah displin sejak awal perkuliahan. Jangan sampai menyesal di akhir ya!

Be Friends With Seniors

Be Friends With Seniors (sumber: dokumentasi pribadi indahladya.com)

Nah, ini termasuk hal yang penting lagi nih! Jangan takut untuk berteman sama senior. Di masa perkuliahan ini kita akan sangat saling membutuhkan satu sama lain. Contohnya di jurusan saya (Farmasi), kita membutuhkan kakak tingkat yang di universitas saya disebut sebagai kakak asuh. Kakak asuh ini akan membantu saat kita  ingin meminjam jas lab, peralatan untuk keperluan praktikum, dan beberapa buku farmasi yang akan menunjang proses pembelajaran kita.

Selain itu, berteman dengan senior akan mendatangkan manfaat lebih banyak loh! Karena ketika kita berteman dengan senior, akan lebih mudah bagi kita untuk mendapatkan informasi mengenai beberapa mata kuliah yang mungkin agak sulit kita hadapi. Nah, jadi gak ada salahnya kan untuk berteman dengan senior? Asal jangan sampai baper aja, hehe.

Setelah membaca beberapa tips di atas, jadi bagaimana? Sudah siap menjadi mahasiswa baru? Tetap semangat meskipun harus menjadi mahasiswa baru di tengah pandemi kali ni ya! Semoga bumi lekas membaik!

 

IndahLadya

Everything About Ladya . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates