Saturday, October 31

Mengapa Seseorang Bisa Selingkuh? (sumber: dokumentasi pribadi indahladya.com)

Dewasa ini, selingkuh adalah hal yang sudah tidak awam lagi untuk kita temui di kehidupan sehari-hari. Seberapa sering kamu mendapatkan berita kasus perselingkuhan ini? Atau bahkan kamu adalah korban dari kasus ini sendiri?

Memiliki pasangan yang setia kepada dirinya sendiri adalah dambaan setiap manusia, terlepas dari perempuan ataupun laki-laki, semua memiliki keinginan yang sama. Sayangnya, tidak semua pasangan memiliki niat demikian. Beberapa di antaranya merasa tidak puas untuk dekat dengan satu orang saja.

Mengapa Seseorang Selingkuh?

Biasanya selingkuh ini tidak hanya dilakukan oleh laki-laki saja, terkadang juga banyak ditemui kasus perselingkuhan di mana si laki-laki justru menjadi korbannya. Jadi, kita gak bisa mengkotak-kotakkan gender seperti ini ya guys! Semua pasti punya kesempatan yang sama.

Ada banyak sekali kasus perselingkuhan yang terjadi dengan berbagai alasan, mulai dari karena “ada kesempatan” sampai karena adanya usaha untuk “membuat kesempatan” itu sendiri. Berikut ini beberapa alasan dari kasus perselingkuhan yang sering terjadi.

Rasa Tidak Puas

Rasa Tidak Puas (sumber: dokumentasi pribadi indahladya.com)

Manusiawi jika manusia tidak pernah merasa puas atas apa yang sudah dimilikinya saat ini. Namun, jika hal ini diiringi dengan rasa bersyukur, maka tentunya rasa tidak mudah berpuas diri ini bisa lebih diminimalisir.

Biasanya orang yang menjadikan alasan seperti ini untuk membenarkan ia selingkuh adalah tipikal orang yang merasa pasangannya tidak memahami apa yang ia inginkan pada saat itu. Hal ini menyebabkan ia mencari “pemahaman” tersebut dari orang yang ia anggap lebih mengerti dirinya.

Jenuh dan Bosan Terhadap Pasangan

Jenuh dan Bosan Terhadap Pasangan (sumber: dokumentasi pribadi indahladya.com)

Alasan yang sering kita temui selanjutnya adalah rasa jenuh dan bosan ketika menjalani hubungan yang monoton. Hal ini biasa dirasakan oleh pasangan yang sudah menjalani hubungan dalam jangka waktu yang panjang. Rasa bosan seperti ini biasanya tidak bisa dihindari sehingga membuat seseorang cenderung mencari orang lain untuk mendapatkan hubungan yang tidak monoton.

Sebagai Ajang Balas Dendam

Sebagai Ajang Balas Dendam (sumber: dokumentasi pribadi indahladya.com)

Hal ini biasa dilakukan oleh beberapa orang yang menjalani hubungan “balikan” dengan mantannya yang terdahulu. Ada banyak sekali alasan yang membuat seseorang untuk memutuskan kembali menjalin hubungan bersama sang mantan.

Sayangnya, beberapa orang memanfaatkan kesempatan ini untuk balas dendam terhadap apa yang dulunya si mantan lakukan untuknya. Hmm, jangan begini ya guys! Kalau kalian terus saling balas dendam, gak akan ada habisnya loh!

Adanya Kesempatan

Adanya Kesempatan (sumber: dokumentasi pribadi indahladya.com)

Sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya, faktor terpenting dari timbulnya perselingkuhan adalah karena adanya kesempatan. Kesempatan ini bisa datang dari mana saja, misalnya mantan yang tiba-tiba hadir ketika kamu sudah menjalani hubungan dengan pasanganmu yang baru. Atau seseorang yang bertajuk “curhat” lalu berlanjut dengan rasa “kasihan” hingga pada akhirnya menimbulkan rasa nyaman dan ingin memiliki. Hmm, kenapa senyum-senyum? Kamu banget ya? Hehe.

Genetik

Genetik (sumber: dokumentasi pribadi indahladya.com)

Hal yang tidak bisa dihindari selanjutnya adalah faktor genetik. Dalam sebuah seminar, dokter Ryu Hasan, seorang ahli bedah saraf mengatakan bahwa orang yang memiliki orang tua yang berselingkuh akan menurunkan keturunan yang memiliki kecenderungan yang sama (id.theasianparent.com).

Namun, hal ini sebenarnya tetap bisa diubah loh jika memang kamu memiliki niat yang kuat untuk merubah dirimu sendiri. Hal ini bisa dilakukan dengan memotivitasi diri dan berada di lingkungan yang mendukungmu untuk terus menjadi lebih baik.

Masalah Persepsi Pribadi

Masalah Persepsi Pribadi (sumber: dokumentasi pribadi indahladya.com)

Sebagian orang berpikir bahwa selingkuh ini adalah hal yang wajar. Hal ini dikarenakan ia tidak memiliki batasan pasti antara hubungan perempuan dan laki-laki. Mungkin sebagian orang berpendapat bahwa jalan dan menjalin hubungan komunikasi setiap hari dengan lawan jenis itu adalah hal yang wajar. Namun, beberapa orang akan berpendapat bahwa hal ini merupakan hal yang tidak wajar toh?

Bagaimana Supaya Tidak Selingkuh?

Bagaimana Supaya Tidak Selingkuh? (sumber: dokumentasi pribadi indahladya.com)

Pertanyaan yang sudah sangat sering kali ditanyakan oleh banyak orang kepada para pasangan yang langgeng adalah “kok bisa sih hubungannya tetap langgeng?”. Maka jawabannya adalah “bertanggung jawab”.

Poin penting ketika ingin memulai suatu hubungan adalah kita harus siap untuk bertanggung jawab dalam menjaga hati dan perasaan pasangan kita. Tentu saja akan selalu datang orang yang terlihat lebih menarik daripada pasangan kita sendiri. Namun, ingatlah bahwa kita pun bukan orang yang sempurna untuknya, tetapi ia tetap memilihmu untuk menjadi satu-satunya pendamping hidup selamanya.

 

IndahLadya

 

Referensi:

Syahar Banu, Mengapa Seseorang Selingkuh Sekalipun Pernikahannya Bahagia?, https://id.theasianparent.com/selingkuh-sekalipun-pernikahannya-bahagia


Baca Juga :

Sudahkah Kamu Berdamai dengan Masa Lalumu?
Self Love : Ini Masalah Penerimaan Diri
Being a Perfectionist

2 comments:

  1. Karna dia nggak sayang beneran juga jadi alasan kenapa bisa selingkuh kak hahaha

    Tapi ya itu ya, syedih banget pokoknya kok ada bisa selingkuh kek gini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walah, betul juga nih mbak, hihi. Mau dipakein tips apapun kalau udah gak sayang sepenuh hati ya ambyar juga kanšŸ¤­

      Delete

Everything About Ladya . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates