Friday, October 9

Membangun Kebiasaan Menulis (sumber gambar: dokumentasi pribadi indahladya.com)

Masalah klasik yang dialami oleh penulis pemula adalah masalah mood yang hilang silih berganti ketika mereka mulai memutuskan untuk menjadi penulis. Ada banyak sekali alasan yang mendasari seseorang untuk menulis, ada yang menulis karena kebutuhan untuk self-healing, ada yang menulis karena pekerjaan, dan ada juga yang menulis karena iseng aja sih.

Terlepas dari semua alasan tersebut, gak ada yang salah kok untuk mulai mencoba menjadi penulis. Yang jadi masalah adalah, mampukah kita konsisten untuk membangun kebiasaan menulis ini sendiri?

Saya bisa katakan bahwa menulis adalah kegiatan yang melatih kedisiplinan seseorang, karena kalau hanya mengandalkan mood saja, gak akan ada habisnya toh? Penulis yang baik akan mengendalikan mood-nya dan menciptakan momen tersendiri yang mendorong ia untuk terus menulis.

Loh, nanti jadi gak jujur dong kalo nulis gak sesuai mood? Eits, jangan salah kaprah dulu. Kita bisa tetap menulis kok sesuai dengan mood kita pada saat itu. Lagi sedih? Bisa dicoba tuh buat menulis cerita pendek yang mellow abis. Lagi bahagia? Bisa dicoba juga buat menulis artikel non fiksi yang temanya asik. Lagi marah? Hmm, mungkin puisi bisa menjadi salah satu penyalur emosinya. Yang penting, nulis aja dulu.

Agar niat kita untuk menjadi penulis ini tidak sia-sia, ada beberapa tips yang bisa diterapkan loh! Yuk, simak ulasannya berikut ini!

Make A Big Why

Make a Big Why (sumber gambar: dokumentasi pribadi indahladya.com)

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, alasan setiap orang untuk menulis ada banyak sekali, dengan berbagai latar belakang yang berbeda. Namun, jika kita belum mengetahui alasan terbesar kita untuk menulis, sebaiknya dicari tahu dulu ya! Karena hal ini penting loh, tidak hanya untuk meluruskan niat, tetapi juga sebagai reminder jika di tengah jalan kita mulai merasa jenuh dan bosan.

“Never give up and remember why you start” - Indah Ladya

Ketika kita sudah menemukan alasan untuk mulai menjadi penulis, maka jangan lupa dituliskan di selembar sticky notes yang bisa ditempelkan di tempat yang sering kita lihat, di cermin misalnya. Hal ini akan sangat membantu kita untuk membangun kebiasaan menulis ini menjadi lebih mudah.

Menciptakan Suasana Nyaman Ketika Menulis

Menciptakan Suasana Nyaman (sumber gambar: dokumentasi pribadi indahladya.com)

Tidak ada waktu saklek yang mengharuskan kita menulis di jam-jam tertentu. Hal ini dikarenakan setiap orang memiliki golden time-nya masing-masing. Ada yang lebih suka menulis di pagi hari karena masih fresh katanya. Ada juga yang lebih suka menulis di malam hari karena suasana pada saat itu sudah sepi dan hening sehingga memudahkan mereka dalam merangkai kata-kata.

Kenyamanan dalam menulis ini kita sendiri yang ciptakan loh! Tidak perlu terpaku dengan golden time orang lain. Setelah kita menemukan golden time ini sendiri, maka akan lebih mudah bagi kita untuk mengatur jadwal menulis supaya lebih disiplin.

Menulis Setiap Hari

Menulis Setiap Hari (sumber gambar: dokumentasi pribadi indahladya.com)

Menulislah di mana saja dan kapan saja. Kita bisa membangun kebiasaan menulis setiap hari ini dengan menyiapkan sebuah buku kecil yang bisa kita bawa kemana pun kita pergi. Ketika tiba-tiba ide menulis itu datang, bisa langsung dituliskan di buku tersebut, sepulangnya dari sana bisa langsung dieksekusi deh. Atau kalau mau lebih simpelnya, bisa pakai fitur notes di smartphone, sangat membantu bukan?

Memasang Target Kecil

Memasang Target Kecil (sumber gambar: dokumentasi pribadi indahladya.com)

Poin ini masih berhubungan dengan poin sebelumya. Memasang target kecil di sini maksudnya adalah mentargetkan beberapa hal mengenai tulisanmu berdasarkan kesanggupan dirimu sendiri. Sebagian orang mungkin merasa menulis 600 kata/hari adalah hal yang biasa. Namun, beberapa orang masih sangat keberatan dengan hal ini. Nah, kita bisa memasang target selama kepenulisan kita sesuai dengan kemampuan masing-masing. Again, tidak perlu terpaku dengan orang lain.

Mulailah dari target kecil seperti minimal menulis 300 kata/hari, lalu minggu berikutnya dinaikkan menjadi 400 kata/hari, dan begitu seterusnya hingga target utama kita tercapai. Memasang target ini merupakan salah satu tips yang paling ampuh untuk menerapkan kebiasaan menulis versi saya loh. Boleh nih dicoba! Hehe.

Banyak Membaca

Banyak Membaca (sumber gambar: dokumentasi pribadi indahladya.com)

Ketika kita memutuskan untuk mulai menjadi penulis, maka berarti kita harus siap untuk menjadi pembaca yang baik. Selain untuk menambah kosakata, membaca juga dapat membantu penulis dalam mencari ide untuk dituangkan ke dalam bentuk tulisan yang baru.

Bukan plagiat ya! Ingatlah bahwa tidak ada ide yang orisinal, seseorang hanya perlu banyak membaca dan mengamati lingkungan sekitarnya sehingga dapat mengkombinasikan beberapa ide yang ia dapatkan lalu dituangkan ke dalam bentuk tulisan yang menarik. Hal ini biasa disebut dengan melahirkan ide yang kreatif.

Ikut Beberapa Kelas Menulis

Ikut Beberapa Kelas Menulis (sumber gambar: dokumentasi pribadi indahladya.com)

Salah satu cara yang paling ampuh lagi, ini nih! Kita bisa ikut kelas menulis atau kelas blogger kalau ingin menulis dengan media website. Sudah banyak sekali tersedia berbagai jenis kelas menulis dan kelas blogger ini, salah satunya kelas blogger yang diadakan oleh Kak Dewi Rieka yang dinamakan dengan “Kelas Blog untuk Pemula Ruang Aksara”. Untuk info lebih lengkapnya, bisa klik di sini ya.

Di kelas blogger ini, kita akan dibimbing untuk menjadi penulis sebuah wesbite dari nol. Mulai dari tata cara pembuatan suatu website, cara mendadani website, bahkan hingga tips agar artikel kita terlacak oleh sistem pencarian bernama Google. Supaya konten kita lebih SEO friendly sih kalau istilah kerennya.

Disiplin

Disiplin (sumber gambar: dokumentasi pribadi indahladya.com)

Last but not least, kunci dari keberhasilan seorang penulis adalah dengan menjadi penulis yang disiplin. Berkomitmenlah dengan semua target yang sudah kita buat. Ketika mulai jenuh dan ingin menyerah, maka ingatlah alasan terkuat kita ketika memutuskan untuk mulai menjadi penulis.

Saat kegiatan menulis ini menjadi rutinitas dan kebutuhan, maka penulis akan selalu mencari cara dan waktu luang agar tetap bisa konsisten menulis meskipun di tengah kesibukannya yang padat sekalipun.

Jadi, bagaimana? Sudah siap jadi penulis? Selamat mencoba ya!

 

IndahLadya

30 comments:

  1. Ikuti komunitas membantu banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya betul mbak, ikut beberapa komunitas ini juga merupakan salah satu hal yang sangat membantu, karena kita jadi bisa ketemu teman dengan visi misi yang sama, jadi bisa saling nyemangatin deh, hehe.

      Delete
  2. Bener banget nih! Aku juga baru2 mulai nulis eh, dah setahun juga! Menulis itu emang enak untuk berbagi pengalaman dan sharing2! Harus banget deh pokoknya nulisπŸ˜†

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, iya mbak, begitulah kalau sudah menjadikan menulis sebagai salah satu kebutuhan kita, insyaAllah selalu ada "waktu" buat nyempetin nulis, hehe. Semangat terus mbak nulisnya!

      Delete
  3. Iya, semangat nulis memang harus selalu dijaga ya, jangan sampai bablas kelamaan nggak nulis, makin susah untuk mulai lagi :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, kalo udah libur nulis lama nahh alamat mulai dari awal lagi nih, hehe

      Delete
  4. Halo mbak Indah :) aku setuju banget nih kalau menulis bisa jadi self healing, karena aku sangat merasakan efeknya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, jadi lebih tenang yaa setelahnya 😊

      Delete
  5. Bener banget mba. Buat disiplinnya dan konsistennya itu membutuhkan niat dan tekad yang kuat. Aku setuju mba ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, jadi bisa diperkuat lagi alasan kenapa kita memulainya 😊

      Delete
  6. Nulis setiap hari, itu yg buat aku masih susah mba...huehehehehe...salam kenaaal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh dicoba bikin jadwal mbak, misal seminggu ini mau nulis tema apa aja gitu, insyaAllah nanti terbiasa 😊

      Delete
  7. Pas untuk saya tips nya mba as a newbie. Salam kenal mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal kembali mbak, semangat terus nulisnya! 😊

      Delete
  8. Disiplin dan konsisten, itu yang paling sulit.... tapi tetep harus semangat kan yaa... hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, bisa diperkuat lagi a big why nyaa, hehe, semangat terus nulisnya mbak!😊

      Delete
  9. Aku setuju banget sama yang di tulis mbak Indah ini..
    emang harus sering-sering dibiasakan untuk menulis. Diawal aku membuat blog ini, aku juga nulisnya jarang banget karena memang se-enaknya gitu haha.. nah kalau sekarang ini aku udah niatin untuk nyeriusin blogging sambil memperluas pengetahuan juga :D

    Menarik banget mbak Indah tema tentang kedisiplinan menulis ini.. bisa ngebantu aku banget yang kadang masih newbie dalam dunia blogging ini <3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huhu aku pun masih newbie banget mbak, kita sama-sama belajar ya mbakk, semangat terus untuk menjadi lebih baik! πŸ˜ŠπŸ’•

      Delete
  10. Tipsnya bermanfaat banget, sampai aku catat :D, terima kasih ya Mbak!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, semoga tips nya bermanfaat ya mbak, semangat nulisnya! 😊

      Delete
  11. Terima Kasih, Mbak.. Semoga saya yang lebih newbie ini, bisa dapet golden-time yang tepat untuk menulis.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, semangat terus ya! 😊

      Delete
  12. Klo udah lama ga nulis rasanya ada aja alasan tak bisa menulis lagi ya .Mbak .
    Ayo semangat trus Mbak, sukses ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, jadi harus dibiasakan nulis terus, ga masalah dipublishnya kapan, yg penting nulis aja dulu😊 yukk sama sama semangat yaa!

      Delete
  13. Masih PR banget nih, Mbak, buat aku supaya bisa menulis setiap hari... Dikasih DL aja masih ditunda2... Semoga dg ikutan kelas blog ini makin nambah motivasi ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk yuk semangat mbak nulisnya! 😊

      Delete
  14. Betuuuulll, konsistensi adalah yang utama :D btw aku sukaaa banget sama desain gambarnyaa bagus dan sangat relevan sama tulisan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, terima kasih mbak😊

      Delete
  15. Mbaak ini tipsnya bermanfaat banget buat aku yang masih angin anginan nulisnya.. smg bisa konsisten.. aamiin

    ReplyDelete

Everything About Ladya . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates