Sunday, October 18

Tips Menata Kamar Tidur Agar Selalu Rapi (sumber: dokumentasi pribadi indahladya.com)

Kamar tidur merupakan salah satu tempat ternyaman yang menjadi tujuan utama kita untuk beristirahat di akhir hari. Nah, sebagai salah satu tempat yang terpenting, kira-kira gimana sih perasaanmu kalau ngeliat kamar tidur berantakan? Padahal kamu udah capek beraktivitas seharian eh pulang-pulang jadi harus nambah waktu ekstra buat ngerapihin-nya dulu.

Setelah lelah beraktivitas seharian, biasanya yang kita inget pertama kali sih ya tempat tidur, kan? Nah, supaya kamu bisa cepat beristirahat dengan nyaman, maka ada baiknya kamu meninggalkan kamar tidurmu dalam keadaan rapi sebelum memulai aktivitas di pagi hari.

Mungkin jika di era sebelum Covid-19 ini menyerang dunia, maka salah satu kebiasaan yang kita lakukan adalah merapikan kamar tidur sebelum keluar dari rumah. Nah, beda ceritanya kalau di masa pandemi begini kan? Meskipun sudah memasuki masa New Normal, namun beberapa sekolah dan perusahaan masih menerapkan sistem belajar dan bekerja dari rumah.

Tentunya hal ini membuat kita menghabiskan lebih banyak waktu di rumah. Apalagi untuk sebagian orang yang tidak memiliki ruang kerja di rumahnya, udah fix sih bakalan seharian di kamar aja ngerjain tugas dari guru atau virtual meeting dengan beberapa klien bagi yang sudah bekerja.

Nah, jika kamu termasuk salah satu orang yang tidak mempunyai ruang kerja khusus di rumah, maka kamu harus tetap memastikan kamar tidurmu untuk selalu rapi meskipun kerap kali digunakan untuk mengerjakan tugas dan sebagainya. Beberapa tips di bawah ini akan sangat membantumu untuk menata kamar tidur agar selalu rapi.

Membuat Partisi

Membuat Partisi (sumber: dokumentasi pribadi indahladya.com)

Partisi ini merupakan salah satu hal penting yang harus diterapkan terutama pada masa new normal saat ini. Usahakan agar kamu memiliki meja khusus untuk online class atau virtual meeting bagi yang sudah bekerja. Nah, dengan begini maka kamu tidak perlu membuat tempat tidurmu berantakan karena kerap kali dijadikan sebagai tempat untuk melakukan berbagai kegiatan online ini ya.

Manfaatkan Dinding Kosong

Manfaatkan Dinding Kosong (sumber: dokumentasi pribadi indahladya.com)

Sisi dinding yang kosong pada bagian kamar tidurmu dapat dimanfaatkan sedemikian rupa untuk dipasangkan beberapa rak, seperti rak buku atau beberapa rak untuk menyusun baju-bajumu yang mungkin tak semuanya muat di dalam lemari. Dengan memaksimalkan penggunaan dinding kosong ini, maka tidak akan ada lagi barang yang berserakan di kamar tidurmu karena gak tahu harus ditaruh dimana. Praktis banget kan?

Jangan Biarkan Space Kosong Terlalu Besar

Jangan Biarkan Space Kosong Terlalu Besar (sumber: dokumentasi pribadi indahladya.com)

Menata kamar tidur agar tampak lega memang merupakan salah satu hal yang penting untuk diperhatikan. Namun, jangan sampai hal ini justru membuatmu menyisakan space yang terlalu besar di dalam kamar tidurmu. Hal ini biasanya justru akan memicu kemalasan.

Contohya, ketika kamu baru saja pulang dari mall dan membeli beberapa barang yang masih berbungkus plastik/paper bag. Apabila kamu mendapati space di dalam kamar tidur yang terlalu besar, maka biasanya kamu akan cenderung menggeletakkan paper bag beserta isinya tadi di space yang terlalu besar tersebut, dan sepertinya kamu juga akan menjadi malas untuk membereskan spot tersebut kalau belum berantakan banget. Iya apa iya?

Menggunakan Floating Table

Menggunakan Floating Table (sumber: dokumentasi pribadi indahladya.com)

Floating table ini merupakan salah satu trik khusus untuk kamu yang memiliki kamar tidur minimalis. Meskipun berukuran yang tidak cukup besar, kamu tetap bisa menata kamar tidurmu agar selalu tampak rapi dengan menyediakan floating table di dalamnya. Dengan menggunakan floating table, maka akan tetap tersisa space kosong di bagian bawah floating table tersebut yang masih bisa dimanfaatkan untuk mengisi/menata barang lainnya.

Jangan Menumpuk Pakaian Kotor

Jangan Menumpuk Pakaian Kotor (sumber: dokumentasi pribadi indahladya.com)

Kebiasaan menunda-nunda ini memang sudah menjadi akar permasalahan dari kasus kamar tidur yang cepat berantakan. Mungkin awalnya kamu bakal bilang “iya nanti ditaruh di tempat cucian kok”, tapi sampai keesokan harinya pun tetap aja judulnya “nanti” yang gak tahu pasti kapan bakal dilakuin.

Nah, supaya kamar tidurmu tidak penuh dengan tumpukan baju kotor, maka sebaiknya kamu selalu meletakkan baju kotor tersebut sesaat setelah kamu tidak menggunakannya lagi. Apabila kamu cukup mager untuk melangkahkan kaki ke tempat cucian di rumahmu, maka salah satu ide yang baik adalah dengan menyiapkan keranjang khusus tempat pakaian kotor. Jadi, kamu tidak perlu menumpuk pakaian kotormu di atas kasur lagi ya! Eits, tapi tetap gak boleh ditunda-tunda loh!

Buat Kesan Kamar Lebih Luas dengan Cermin

Buat Kesan Kamar Lebih Luas dengan Cermin (sumber: dokumentasi pribadi indahladya.com)

Ide terakhir yang akan menjadi sangat menarik adalah dengan menambahkan cermin pada kamar tidurmu untuk memberikan kesan ruangan yang lebih luas. Kamu bisa memilih beragam jenis cermin untuk diletakkan di kamar tidurmu. Mulai dari cermin bulat hingga cermin full body. Kamu juga bisa mengkreasikan cermin tersebut dengan menambahkan beberapa lampu tumblr di sekelilingnya, biar estetik gitu deh!

Nah, itu tadi beberapa tips yang bisa kamu terapkan agar memiliki kamar tidur yang tidak mudah berantakan. Memiliki kamar tidur yang nyaman tidak harus selalu besar loh, asalkan kamu bisa menata perabotan di dalamnya dengan baik dan tidak menunda-nunda saat akan membersihkan dan merapikan kamar tidurmu. Karena gak ada ruginya loh, kalau kamarnya rapi kan kita sendiri yang jadi nyaman di sana. Selamat mencoba ya!

 

IndahLadya

Everything About Ladya . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates