Saturday, October 17

Khasiat Minum Air Putih Secara Rutin (sumber: dokumentasi pribadi indahladya.com)

Air putih sudah menjadi salah satu kebutuhan utama makhluk hidup tak terkecuali siapa pun. Minum air putih adalah salah satu kebiasaan baik yang harus diterapkan secara rutin. Sebagaimana yang telah kita ketahui bahwa air putih ini memiliki banyak sekali manfaat, salah satu diantaranya adalah untuk membantu proses pencernaan makanan di dalam tubuh kita.

Ternyata, selain itu masih banyak lagi loh beberapa manfaat yang dihasilkan dari mengkonsumsi air putih secara rutin. Yuk, simak ulasannya berikut ini!

Membantu Proses Pencernaan

Membantu Proses Pencernaan (sumber: dokumentasi pribadi indahladya.com)

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, mengkonsumsi air putih secara rutin dapat membantu proses pencernaan. Hal ini dikarenakan apabila kebutuhan air putih seseorang telah terpenuhi maka akan menyebabkan cairan tubuh terjaga dan mencegah terjadinya dehidrasi.

Sebagai dampak lebih lanjutnya, kebutuhan cairan tubuh yang cukup ini dapat menyebabkan tubuh terhindar dari beberapa gangguan pencernaan seperti gangguan penyerapan makanan di usus halus dan juga sembelit.

Mencegah Gangguan Pada Ginjal

Mencegah Gangguan Pada Ginjal (sumber: dokumentasi pribadi indahladya.com)

Sudah tidak asing lagi bahwa kekurangan air putih dapat menyebabkan gangguan pada organ ginjal. Ginjal merupakan salah satu organ pengeksresi sisa metabolisme dalam tubuh. Apabila cairan dalam tubuh ini tidak terpenuhi, maka ginjal akan mengalami kerja yang lebih keras sehingga keseulitan dalam mengekskresikan sisa metabolisme dari dalam tubuh termasuk beberapa racun.

Selain itu, kekurangan air putih juga dapat menyebabkan potensi terbentuknya batu ginjal menjadi lebih tinggi. Nah, untuk menjaga organ ginjalmu, jadi jangan lupa untuk mengkonsumsi air putih secara rutin ya!

Membantu Menjaga Berat Badan

Membantu Menjaga Berat Badan (sumber: dokumentasi pribadi indahladya.com)

Air putih merupakan salah satu jenis minuman yang termasuk non-kalori. Berbeda halnya dengan soft drink dan beberapa minuman kemasan lainnya yang di jual beberapa toko, air putih tidak mengandung gula tambahan seperti minuman kemasan lainnya tersebut.

Kebiasaan minum air putih secara rutin ini juga telah banyak digunakan sebagai solusi sebagian orang yang berjuang untuk menurunkan berat badannya. Meski efeknya tidak langsung, menggunakan air putih sebagai pengganti minuman berkalori tinggi tentu saja akan sangat membantu.

Memelihara Kesehatan Kulit

Memelihara Kesehatan Kulit (sumber: dokumentasi pribadi indahladya.com)

Kulit kita sebenarnya memiliki banyak sekali kandungan air yang dapat mencegah terjadinya dehidrasi. Apabila cairan dalam tubuh ini berkurang, maka kulit akan tampak lebih kusam dan mudah berkerut.

Meskipun kita mendapatkan cairan dari makanan dan minuman lainnya, tetapi ingatlah bahwa sumber hidrasi terbaik adalah air putih. Dengan mengkonsumsi air putih secara teratur, maka hal ini akan membantu kita dalam mencegah kulit agar tidak mudah kering.

Mempertahankan Suhu Normal Tubuh

Mempertahankan Suhu Normal Tubuh (sumber: dokumentasi pribadi indahladya.com)

Dilansir dari cnnindonesia.com, saat suhu udara panas, biasanya suhu tubuh manusia akan normal kembali setelah berkeringat. Namun, apabila suhu dan kelembapan udara tinggi, berkeringat tidaklah efektif untuk mempertahankan suhu normal tubuh. Justru yang terjadi adalah senyawa kimia dalam darah bisa merusak organ internal, termasuk otak dan ginjal.

Untuk mempertahankan suhu normal tubuh, maka penting bagi kita untuk mengkonsumsi air putih secara rutin untuk mencegah gejala dehidrasi yang memiliki banyak sekali dampak buruk.

Kita tidak hanya perlu mengandalkan rasa haus untuk mengkonsumsi air putih. Jangan sampai kita mengalami dehidrasi dikarenakan kekurangan minum air putih lantaran tidak merasa haus saja. Hal ini bisa berbahaya loh!

Jadi, mulai dari sekarang, jangan lupa konsumsi air putih secara rutin ya! Eits, tapi jangan kelebihan juga, karena justru akan menyebabkan suatu dampak yang biasa disebut sebagai keracunan air putih. Simak lebih lengkapnya di sini ya!

Jangan lupa jaga pola hidup sehat! Semoga bumi lekas membaik!

 

IndahLadya

 

Referensi :

Munaya Nasiri, 2016, Mengapa Harus Minum Banyak Air Putih Saat Cuaca Panas?, https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20160902134646-255-155670/mengapa-harus-minum-banyak-air-putih-saat-cuaca-panas

24 comments:

  1. Wah, setuju sekali sama tulisannya mbak . ..

    ReplyDelete
  2. Mantap, bener banget Kak. Aku ngerasain manfaat minum air putih secara rutin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah mbak, semoga selalu dirutinkan ya :)

      Delete
  3. Bener nih banyak minum bikin kulit sehat..

    ReplyDelete
  4. Wah, banyak banget ya khasiatnya. Harus rajin minum air putih nih saya. Soalnya kadang suka malas, hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangat mbak! Bisa buat alarm nih misalkan suka lupa ๐Ÿ˜…

      Delete
  5. Ternyata banyak juga manfaatnya..

    ReplyDelete
  6. Aku termasuk yang sudah banget minum air putih...
    Padahal sering denger kalo minum air putih itu banyak manfaat nya.
    Ada tips nggak kak supaya dorongan untuk cukup minum air putihnya jadi semangat..he

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmm apa yaa, mungkin kita berpikir ke depan mbak, seperti yg sudah kita ketahui kalo banyak banget penyakit yg bisa disebabkan karena kurang minum air putih, contohnya gagal ginjal. Nah kalo udah sampe stage5, pilihannya tinggal rutin hemodialisis mbak, jadi mending rutin minum air putih drpd rutin hemodialisis๐Ÿ˜…

      Atau mbaknya bisa coba pasang alarm tiap brp jam supaya rutin minum air putihnya, semoga membantu yaa mbak๐Ÿ’•

      Delete
  7. Aku semenjak punya anak malah jarang minum air putih. Makasih mba tipsnya.

    ReplyDelete
  8. Reminder banget ini. Suka lupa minum air putih yang banyak saat sudah sibuk kerja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan lupa sediakan tumblr di dekat kita kalo begitu mbak๐Ÿ˜…

      Delete
  9. Kalau dihitung2 aku juga jarang minum air putih, ๐Ÿค” self reminder banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangat menerapkan kebiasaan baiknya mbak! ๐Ÿ˜Š

      Delete
  10. Yeay aku suka air putih sebenernya tapi karena suka lupa minum jadi ya tetep kurang :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa dipasang alarmnya mbak supaya ga lupa๐Ÿ˜…

      Delete

  11. MaasyaAllah harus bersyukur dikasih air sama Allah:)

    Semua karena Allah

    ReplyDelete
  12. Ingat, minimal 8 gelas per hari. For self reminder...

    ReplyDelete

Everything About Ladya . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates