Tuesday, October 6

Cara Menghindari Overthinking (sumber gambar: dokumentasi pribadi indahladya.com)

Memikirkan sesuatu secara berlebihan tentu akan berdampak buruk terhadap mental seseorang, adapun hal ini biasa disebut dengan overthinking. Overthinking adalah istilah dari suatu perilaku yang memikirkan segala sesuatu secara berlebihan. Hal ini bisa dipicu oleh adanya kekhawatiran akan suatu hal, mulai dari masalah sepele dalam kehidupan sehari-hari, masalah besar, hingga trauma di masa lalu, yang membuat seseorang tidak bisa berhenti memikirkannya (alodokter.com).

Di satu sisi, overthinking mungkin baik, karena hal ini bisa membuat kita berpikir berulang kali sebelum melakukan sesuatu. Yang artinya adalah kita memikirkan kemungkinan-kemungkinan yang terjadi apabila kita melakukan hal tersebut.

Namun, apabila overthinking ini terus berlanjut, maka akan menimbulkan kecemasan dan kekhawatiran yang berlebih sehingga akan menyebabkan seseorang kehilangan kedamaian dalam hidupnya.

Atas dasar alasan tersebut, kondisi overthinking ini perlu mendapatkan perhatian khusus dan harus segera diatasi agar tidak terus menerus menyebab kerugian, baik terhadap mental maupun fisik seseorang.

Berikut ini beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk meminimalisir jiwa overthinking-mu :

Menjadwalkan Waktu untuk Merenung

Menjadwalkan Waktu untuk Merenung (sumber gambar: dokumentasi pribadi indahladya.com)

Cara pertama yang dapat kamu lakukan adalah dengan membuat jadwal pasti untuk kamu merenung. Hal ini dikarenakan proses untuk keluar dari overthinking ini bisa dibilang gampang-gampang susah, gak semua orang bisa keluar dari habit ini secepat itu.

Nah, dengan menjadwalkan waktu untuk merenung, maka kamu bisa meminimalisir kebiasaan overthinking-mu karena tidak semua waktu bisa kamu gunakan untuk merenung, yang mana kebiasaan merenung ini bisa menyebabkan dirimu terjebak kembali dalam kondisi overthingking tersebut.

Fokus pada Inti Permasalahan

Fokus pada Inti Permasalahan (sumber gambar: dokumentasi pribadi indahladya.com)

Seseorang yang overthinking biasanya mengalami kesulitan untuk fokus pada inti permasalahan. Hal ini dikarenakan kebiasaan overthinking membuat seseorang lebih mudah menyesali segala sesuatu yang terjadi.

Untuk meminimalisir hal ini, maka dibutuhkan kemauan diri untuk fokus pada penyelesaian dari masalah tersebut, bukan fokus pada penyebabnya. Alih-alih bertanya  mengapa sesuatu terjadi, lebih baik tanyakan pada dirimu apa yang dapat kamu lakukan untuk menyelesaikan masalahmu saat itu.

Mencari Distraksi

Mencari Distraksi (sumber gambar: dokumentasi pribadi indahladya.com)

Sesuatu yang telah terjadi tidak dapat diulang kembali. Daripada menyesali hal tersebut lalu membuatmu berlarut-larut dalam penyesalan, maka sebaiknya lakukan pengalihan dengan cara mencari tahu apa hal yang kamu senangi.

Kamu juga bisa memberikan sedikit waktu me-time dengan cara pergi ke suatu tempat yang membuat pikiranmu menjadi lebih relax. Hal ini tentunya akan sangat membantumu untuk tidak terjebak kembali dalam kondisi overthinking.

Menghadapi Pikiran Negatif

Menghadapi Pikiran Negatif (sumber gambar: dokumentasi pribadi indahladya.com)

Last but not least, cara terbaik dalam meminimalisir overthinking adalah dengan cara menghadapi pikiran negatif tersebut. Sebagaimana metode yang dipercaya mampu menyembuhkan seseorang dengan fobia tertentu, kamu juga bisa mencoba cara ini untuk melatih dirimu lebih berani dalam menghadapi dan melawan pikiran negatif yang terus muncul. Simak lebih lengkapnya disini.

Nah, selain cara-cara tersebut, kamu juga perlu mengapresiasi dirimu atas semua yang telah kamu capai selama ini. Menyesali segala sesuatu yang telah terjadi hanya akan memperparah kebiasaan overthinking-mu. Mulailah dengan cara menghargai dirimu saat ini dan bersyukur atas segala pencapaianmu.

 

IndahLadya

2 comments:

  1. Duh bener banget Mbak Ladya, over-thinking kills happiness..
    Aku juga masih sering over-thinking dan baru dalam proses untuk belajar mengurangi pikiran-pikiran yang sifatnya over-thinking. Dan semua yang mbak tuliskan disini memang bisa membantu agar kita bisa mengendalikan pikiran kita. Terima kasih mbak tips-tipsnya.
    Aku tunggu blogpost selanjutnya hehe <3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, honestly, saya pun sedang berada di titik yang sama, mencoba berproses untuk mengurangi overthinking ini, karena terkadang bbrp ide jadi sulit untuk dieksekusi karena kita kebanyakan "mikir" nya ya mbak😅.
      Terima kasih kembali mbak sudah berkunjung 💕

      Delete

Everything About Ladya . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates