Saturday, October 10

Tips Menabung Anti Gagal (sumber gambar: dokumentasi pribadi indahladya.com)

Selain menabung di bank, menabung di rumah ternyata dapat menjadi cukup efektif apabila dilakukan dengan cara yang baik dan benar. Jika kita menabung di bank akan mengikuti prosedur dan sistem dari sana, maka dengan menabung di rumah, kita harus menciptakan sistem dan peraturan yang kita buat sendiri.

Untuk dapat menciptakan sistem dan peraturan ini sendiri, ada baiknya kita mempelajari terlebih dahulu bagaimana tips menabung di rumah anti gagal berikut ini. Yuk kita simak tips-tipsnya!

Make A Big Why

Make a Big Why (sumber gambar: dokumentasi pribadi indahladya.com)

Bahasa lainnya sih “mencari alasan yang kuat”, kira-kira mengapa kita memutuskan ingin menabung di rumah? Sebenarnya poin nomor satu ini tidak hanya berlaku ketika ingin menabung, untuk melakukan segala aktivitas yang akan melahirkan suatu keputusan pun perlu mengetahui apa alasan terbesarnya.

“Never give up and remember why you start”- Indah Ladya

Dengan alasan yang kuat, maka akan lebih mudah bagi kita untuk menjalankan proses dalam menabung nantinya. Tentunya hal ini akan bikin kita gak gampang nyerah. Ketika mulai jenuh, maka cobalah mengingat kembali apa alasan terbesarmu ketika ingin menabung dulu.

Jangan Remehkan Uang Receh

Jangan Remehkan Uang Receh (sumber gambar: dokumentasi pribadi indahladya.com)

Ketika kita membeli suatu barang, lalu uang kembalian yang receh kira-kira dikemanain tuh? Kadang kita malah gatau larinya kemana ya, ntah nyelip di saku baju, atau malah berakhir di laci bersama tumpukan struk belanjaan kita yang tadi.

Padahal uang receh ini meskipun nominalnya kecil, tetapi kalau dikumpulin bisa jadi banyak juga loh. Sekecil apapun nominalnya, cobalah untuk menyiapkan satu tempat khusus untuk mengumpulkan uang-uang receh ini. Ingat, uang satu juta pun kalau kurang Rp 500,00 saja gak jadi satu juga lagi loh! Hehe.

Pisahkan Berdasarkan Jenis Kebutuhan

Pisahkan Berdasarkan Jenis Kebutuhan (sumber gambar: dokumentasi pribadi indahladya.com)

Kalau biasanya nabung di bank, atm kita dipisahkan berdasarkan kebutuhan kan? Ada atm untuk kebutuhan sehari-hari, atm untuk kebutuhan mendesak (darurat), dan atm untuk dana liburan. Nah, gak cuma berlaku untuk atm, menabung mandiri di rumah pun bisa menerapkan prinsip ini loh.

Coba deh kita membuat beberapa tempat terpisah untuk mengkategorikan uang yang kita tabung. Tempat pertama bisa diisi dengan uang receh hasil kembalian dari belanja suatu barang. Tempat kedua bisa diisi dengan kumpulan uang yang kita ingin belikan suatu produk, seperti beli sepatu, laptop, atau apa pun yang kita rencanakan. Tempat ketiga bisa diisi untuk dana darurat, jadi tempat ketiga ini harus diisi rutin dan gak boleh diambil kecuali kalau kita punya kebutuhan mendesak.

Sisihkan Pendapatan di Awal Bulan

Sisihkan Pendapatan Di Awal Bulan (sumber gambar: dokumentasi pribadi indahladya.com)

Sebagian dari kita melakukan suatu kesalahan dalam menyisihkan pendapatan. Biasanya, beberapa orang cenderung menyimpan sisa dari pendapatannya di bulan itu. Padahal, sebaiknya pendapatan per bulan ini kita disisihkan di awal bulan, bukan di akhir bulan. Hal ini dimaksudkan untuk mengatur pengeluaran kita di bulan itu, karena kalau gak disisihkan di awal biasanya kita jadi lebih mudah foya-foya loh!

Investasikan Dalam Bentuk Emas

Investasikan Dalam Bentuk Emas (sumber gambar: dokumentasi pribadi indahladya.com)

Sebetulnya ada banyak sekali jenis investasi di masa modern saat ini. Nah, untuk beberapa masyarakat awam, investasi emas bisa menjadi salah satu pilihan yang mudah. Meskipun harga jual emas cenderung naik turun. Namun, pada akhirnya harga emas ini akan terus naik loh! Kalaupun turun, tidak akan turun secara drastis. Hmm, terlihat menjanjikan, bukan?

Nah, setelelah membaca beberapa tips di atas, jadi bagaimana? Tertarik untuk menabung di rumah? Sudah tidak ada lagi alasan untuk mengatakan menabung itu sulit, bukan? Selamat menabung, dan selamat mencoba!

 

IndahLadya

Everything About Ladya . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates