Sunday, January 24

Self Motivation
Peran Harapan dan Cinta Dalam Self Motivation (indahladya.com)

Motivasi adalah suatu alasan yang mendorong seseorang untuk melakukan suatu hal dalam mencapai tujuan tertentu. Hadirnya motivasi ini tentunya akan membuat seseorang menjadi lebih semangat ketika akan memulai segala sesuatu.

Terkadang sebagian orang merasa kesulitan untuk menemukan motivasi ini sendiri. Namun, pernahkah kalian mendengar istilah self motivation? Untuk lebih jelasnya, yuk simak ulasannya berikut ini!

Motivasi Ekstrinsik

Motivasi Ekstrinsik
Motivasi Ekstrinsik (indahladya.com)

Motivasi berdasarkan faktor penyebabnya terbagi menjadi motivasi ekstrinsik dan motivasi intrinsik. Motivasi ekstrinsik adalah jenis motivasi berupa dorongan dari luar yang membentuk perilaku tertentu untuk mendapatkan suatu keuntungan, seperti penghargaan sosial atau untuk menghindari suatu hukuman.

Jenis motivasi yang seperti ini datangnya dari statement yang diucapkan oleh para motivator berupa quote sebagai motivasi hidup, atau bahkan karena ada dorongan tertentu yang membuat dirimu mau tidak mau harus menyelesaikan suatu hal apabila tidak ingin dijatuhi suatu hukuman.

Motivasi Intrinsik

Motivasi Intrinsik
Motivasi Intrinsik (indahladya.com)

Berbeda dengan motivasi ekstrinsik, motivasi intrinsik merupakan jenis motivasi berupa dorongan dari dalam diri sendiri. Motivasi intrinsik ini datang karena adanya rasa untuk memegang kendali atas hidup seorang individu. Motivasi intrinsik memungkinkan seseorang untuk dapat menampilkan sendiri dorongan untuk bekerja tanpa adanya kebutuhan akan rangsangan dari luar.

Apa Itu Self Motivation?

Apa Itu Self Motivation?
Apa Itu Self Motivation? (indahladya.com)

Sebagaimana namanya, self motivation adalah sebuah motivasi yang datangnya dari dalam diri sendiri. Self motivation merupakan salah satu hasil pengaplikasian dari sebuah bentuk motivasi intrinsik.

Jenis motivasi yang seperti ini memungkinkan seseorang untuk dapat termotivasi untuk dapat melakukan suatu hal tanpa dorongan dari luar, seperti lingkungan.

Kamu Adalah Motivator Untuk Dirimu Sendiri

Kamu Adalah Motivator Untuk Dirimu Sendiri
Kamu Adalah Motivator Untuk Dirimu Sendiri (indahladya.com)

Mungkin sebagian orang akan bertanya-tanya, “bagaimana sih supaya saya jadi punya motivasi?”. Kalau kamu merupakan salah satu orangnya, maka kamu perlu merenungkan suatu hal, yakni jika memang motivasi sesulit itu untuk dicari, lantas apa yang membuatmu sampai hingga ke titik ini?

Kamu perlu memahami bahwa terdapat dua hal yang masih membuatmu termotivasi hingga saat ini, yaitu hadirnya harapan dan cinta.

Harapan

Peranan Harapan
Peranan Harapan (indahladya.com)

Harapan dan tujuan hidupmu adalah hal yang masih membuatmu ingin terus berjuang hingga ke tahap ini. Bayangkan bagaimana rasanya jika kamu tidak pernah punya harapan dan tujuan? Tentunya kamu akan jadi tipikal orang yang “ngalur aja”. Nggak pernah kepikiran untuk punya pencapaian, gak punya standar bahagia, semua terasa hambar begitu saja.

Dengan hadirnya harapan inilah yang nantinya mendorongmu untuk terus menggapai mimpi-mimpi yang sudah kamu usahakan hingga saat ini. Meskipun semua akan kembali pada takdir Tuhan, tetapi mengusahakan suatu hal selagi bertawakal bukanlah hal yang salah, bukan?

Cinta

Peranan Cinta
Peranan Cinta (indahladya.com)

Hal yang selanjutnya dapat menjadi motivasi terbesarmu adalah cinta. Sebagian besar orang pasti pernah merancang suatu rencana, kapan ia akan segera membelikan kedua orang tuanya tempat tinggal yang nyaman, berencana untuk mengajak orang terkasih liburan ke tempat yang mereka impikan, atau bahkan berencana untuk memwujudkan dream wedding yang selama ini mereka harapkan.

Meskipun mungkin akan terdengar klise, tetapi hadirnya cinta benar-benar membuat seseorang menjadi lebih hidup. Pernahkah kamu melihat seorang ibu yang mengeluhkan perutnya yang begah ketika sedang hamil besar? Pernahkan kamu melihat seorang ayah yang mengeluhkan peluh dan keringatnya yang bercucuran ketika tengah mencari nafkah?

Mengapa hal itu tidak pernah terjadi? Apa motivasi terbesar dalam hidupnya? CINTA! Seorang ibu yang di masa lajangnya takut dengan jarum suntik ketika hamil maka mau tidak mau termotivasi untuk bisa melawan rasa takutnya demi cinta, demi melahirkan anak yang selama ini mereka nantikan.

Pernah dengar istilah pengorbanan karena cinta? Ya, karena kekuatan cinta memang sedahsyat itu. Bisa membuat orang mampu mengerahkan semua kekuatan dan keberanian yang dimilikinya karena sebuah motivasi yang dihasilkan dari rasa cinta.

Pada akhirnya, cinta itu tidak sesederhana dua insan yang saling suka lalu menikah dan hidup bahagia selamanya. Terdapat sebuah motivasi besar yang hadir dari perasaan tersebut.

Selagi kamu masih memiliki cinta, harapan, dan tujuan hidup yang jelas, maka kamu sudah tidak setergantung itu lagi dengan motivasi yang berasal dari luar. Kamu bisa menggali dorongan untuk melakukan segala sesuatu hal dari dalam dirimu sendiri. Motivasi yang berasal dari luar lebih bersifat sebagai suatu hal yang bisa menginspirasimu. Namun, seungguhnya motivasi terbesar hanya bisa kamu dapatkan dari dalam dirimu sendiri. Jadi, jangan mudah berputus asa dan tetap semangat ya!

 

IndahLadya


Baca Juga :

Haruskah Kembali Menyusun Kembali Resolusi di Tahun 2021?
What's On Your Mind?
Self Love : Ini Masalah Penerimaan Diri

2 comments:

Everything About Ladya . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates