Sunday, February 28

kenapa harus punya blog
7 Alasan Kenapa Harus Punya Blog (indahladya.com)

Setiap orang pastinya memiliki alasan tersendiri ketika ditanya “kenapa harus punya blog sih?”

Tidak sedikit pula orang yang memiliki alasan menjadi blogger agar dapat menghasilkan cuan. Lantas, apakah alasan ini salah? Gak sepenuhnya salah kok. Hanya saja, kamu tentunya perlu membangun konsistensimu selama ngeblog agar dapat mencapai tujuan yang satu ini.

Blogging Itu Apa Sih?

Blogging Artinya
Pengertian Blogging (indahladya.com)

Sebelum menentukan alasan dan tujuanmu untuk menjadi seorang blogger, kamu perlu tahu makna blogging itu tersendiri bukan?

Blog adalah sebuah platform yang dapat digunakan siapa saja untuk membagikan sebuah tulisan, baik berupa pengalaman pribadi atau bahkan pemikiran dan pendapat mengenai isu yang tengah beredar.

Dari makna blog tersebut, maka blogging artinya melakukan aktivitas pengelolaan dari sebuah platform yang disebut blog tadi. Untuk platform yang digunakan pun bisa bermacam-macam, mulai dari wordpress, blogspot, hingga beberapa media lainnya seperti kompasiana dan medium.

Mengapa Orang Membuat Blog?

Mengapa Orang Membuat Blog
Mengapa Orang Membuat Blog (indahladya.com)

Nah, setelah tahu makna dari blogging itu sendiri, kamu tentunya harus menentukan Big Why kenapa harus punya blog. Karena Big Why inilah yang pada akhirnya akan menjadi reminder ketika kamu mengalami kesulitan-kesulitan dan tantangan ketika menjalani dunia blogging nantinya.

Ada banyak orang yang awalnya ikut-ikutan temen pada akhirnya hiatus dari dunia blogging dan tak kunjung kembali. Kalau ditanya alasannya, ya kebanyakan mengungkapkan bahwa mereka bosan dan lelah karena belum juga mendapatkan cuan sebagaimana yang mereka idam-idamkan sebelumnya.

Tak bisa saya pungkiri, saya pun awalnya tergugah dengan begitu banyaknya pengalaman para blogger yang menceritakan bagaimana mereka pada akhirnya bisa menghasilkan cuan dari ngeblog itu sendiri. Ya semacam berhasil mewujudkan hobi yang dibayar, sebagaimana hal yang diinginkan banyak orang kan?

Namun, karena di masa awal-awal ketika saya memulai dunia blogging, saya belum begitu memahami masalah-masalah teknis dari blog itu sendiri, bahkan pada saat itu saya belum tergabung dalam komunitas blog apapun. Kebayang kan, kalau dapet masalah gak punya tempat bertanya sama sekali? Hehe.

Hingga pada akhirnya kesulitan-kesulitan yang saya alami menjadi semakin ruwet, boro-boro dapet cuan, pageviews aja masih rendah banget. Nah, di masa inilah saya mulai menyadari, apabila saya tidak mengubah kembali Big Why yang membuat saya memulai blogging, maka sepertinya saya sudah berhenti di titik itu saja.

Ketika saya menyusun kembali formula Big Why ini, akhirnya saya bisa menjalani aktivitas blogging ini menjadi lebih ikhlas. Karena sebenarnya masih ada begitu banyak alasan lain yang bisa kamu gunakan ketika akan mulai menjadi seorang blogger.

That’s why, saya sebenarnya tidak pernah menyalahkan alasan seseorang untuk memperoleh cuan dari aktivitas ngeblog ini. Namun, sebaiknya alasan tersebut bukan menjadi alasan utama untuk kamu memulai blogging ini ya!

Nah, jadi sudah punya Big Why-nya belum? Kalau belum, yuk renungkan kembali apa yang menjadi alasan utamamu untuk menjadi seorang blogger.

Alasan Kenapa Harus Punya Blog

Kenapa Harus Punya Blog
Alasan Kenapa Harus Punya Blog (indahladya.com)

“Emangnya manfaat punya blog sendiri itu apa sih?”

Kalau pertanyaan tersebut sempat terlintas di kepalamu saat ini, selamat, karena setelah ini kamu akan memahami ada begitu banyak manfaat yang dapat dirasakan tidak hanya oleh para pembaca, tapi juga olehmu sebagai pemilik dan penulis blog itu sendiri.

1. Mengasah Kemampuan Menulis

Ada banyak orang yang memulai blogging dari hobi yang ia miliki, termasuk saya pribadi. Awalnya ingin menulis hanya karena mendapatkan kebahagiaan itu tersendiri selama proses menyelesaikan naskahnya. Namun, makin kesini justru saya menyadari bahwa ada banyak peningkatan dari tulisan yang telah saya buat.

Ada yang awalnya curhat melulu di blog? Gapapa, saya juga awalnya gitu kok. Percayalah bahwa proses adalah kunci. Jadi, kalau kamu mau mencoba konsisten dari hal yang kamu mulai, maka kamu akan memetik hasilnya di kemudian hari.

2. Menambah Wawasan

Membaca dan menulis tentunya menjadi dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Jika kamu ingin menulis, maka kamu harus mau membaca. Sebagai contohnya, emangnya ada orang mau nulis tentang MPASI tapi belum pernah baca buku atau referensi mengenai MPASI itu sendiri? Lantas, mau dapet darimana ilmunya kan?

Nah, ketika mulai mempunyai blog sendiri, mau tidak mau saya harus menjadi lebih rajin membaca. Membaca apa saja, bisa membaca artikel-artikel blog lain, membaca buku self improvement, atau apapun itu. Karena sebenarnya ide untuk menulis itu bisa datang dari mana saja loh.

Ketika kamu sudah terbiasa dengan proses menggali informasi sebelum menulis, maka secara otomatis wawasanmu pun akan ikut bertambah. Jadi, kamu bisa memandang suatu hal tidak hanya dari satu sudut pandang saja. Supaya lebih open minded sih kalau kata orang-orang.

3. Melatih Diri Untuk Menjadi Lebih Disiplin

Siap menjadi seorang blogger berarti siap untuk menjadi disiplin. Karena blogging itu bukan aktivitas yang bisa dilakuin asal kita mau doang, atau asal kepingin nulis doang.

Kalau menulis harus menyesuaikan dengan mood pada saat itu, saya setuju sih. Tapi kalau tiap hari badmood melulu, jadi kapan nulisnya dong?

Nah, di sinilah tantangan untuk memperkuat alasan untuk menjadi seorang blogger. Kamu harus meluangkan waktumu untuk mengisi blog yang sudah kamu buat tadi. Tidak masalah jika kamu mungkin punya kesibukan lain sehingga tidak mampu mengisi blog setiap harinya secara konsisten.

Namun, minimal kamu harus berusaha mencari waktu yang tepat agar tetap menjadi blogger yang disiplin. Kalau sudah begini sih, biasanya kedisiplinan tersebut jadi terimplementasikan juga di kehidupan sehari-hari. Iya apa iya?

4. Memperluas Relasi

Menjadi seorang blogger berpotensi membuatmu lebih dikenal banyak orang. Apabila kamu berhasil membuat suatu tulisan yang dibutuhkan oleh banyak orang, maka biasanya orang tersebut akan meninggalkan komentar atau mengirimkan email kepadamu sebagai bentuk ucapan terima kasih karena telah membantunya dalam menemukan informasi yang sedang ia cari.

Nah, dari sini maka kita bisa menjalin relasi dengan banyak orang baru di belahan dunia manapun. Apalagi kalau kamu sudah tergabung dalam sebuah komunitas blogger, wah jadi bisa punya makin teman satu visi kan?

5. Menjual Produk Menjadi Lebih Mudah

Poin plus yang bisa kamu dapatkan ketika kamu mempunyai blog sendiri adalah mempermudahmu untuk menjual suatu produk. Tidak sedikit blogger yang memanfaatkan blog yang ia miliki untuk sharing mengenai produk yang sedang ia jual.

Apabila kamu sudah mendapatkan kepercayaan dari para pembaca setiamu, maka menawarkan suatu produk tentu bukan menjadi hal yang sulit bukan?

6. Membangun Kepercayaan Diri

Saya percaya bahwa blog dapat menjadi sarana seseorang untuk dapat membangun personal branding. Dengan personal branding yang baik, maka kepercayaan diri dari seseorang itu juga bisa meningkat loh.

Ketika kamu mendapatkan komentar bahwa seseorang telah berhasil mendapatkan informasi yang ia cari dari artikel yang kamu buat, maka rasa senangnya bukan main kan?

Nah, kebahagiaan-kebahagiaan sederhana seperti inilah yang pada akhirnya bisa membuatmu merasa lebih dihargai oleh orang lain lewat tulisan yang kamu share di blog pribadimu.

7. Menghasilkan Uang Secara Online

Seperti yang telah saya jelaskan sebelumnya, mengharapkan uang dari blogging itu nggak sepenuhnya salah kok. Karena pada nyatanya sangat banyak para blogger yang berhasil memenuhi kebutuhannya sehari-hari hanya dengan aktivitas blogging ini sendiri.

Namun, tentunya kamu harus memegang teguh kedisiplinan dan konsistensimu dalam merawat blog yang sudah kamu buat tadi. Karena pada akhirnya suatu hasil akan sangat bergantung dari sebesar apa usaha yang telah kamu lakukan bukan?

Jadi gimana nih guys, sudah pada terjawab alasan kenapa harus punya blog nya? Kalau sudah, yuk sharing di kolom komentar ya untuk dapat menginspirasi pembaca lainnya!


Baca Juga :

Menjadi Penulis yang Jujur
Bangun Kebiasaan Baik Untuk Jadi Penulis
7 Cara Ampuh Atasi Writer's Block
Cara Menemukan Ide Menulis Kreatif

14 comments:

  1. Makasih sharing-nya, Mbak. Jadi semangat, nih, buat ngeblog lagi ^^

    ReplyDelete
  2. memegang teguh kedisiplinan dan konsistensi dalam merawat blog itu yang paling menantang yah buat saya.... apalagi di tengah tugas2 kita yang lain yang juga prioritas seperti bekerja dan mengasuh anak anak. tapi sampai sekarang saya masih yakin ngeblog itu membuat saya jd long life learner... seperti nilai hidup yg saya junjung... semangat kita yaaa mbaaa

    ReplyDelete
  3. aku punya blog dari dulu mba, tapi lebih suka gonta ganti theme dari pada ngisinya hahahha

    ReplyDelete
  4. Iya saya juga sedang proses belajar menulis. Sering iri jika membaca tulisan2 senior yang keren2. Thanks utk tips nya yang bisa menambah motifasi menulis saya.

    ReplyDelete
  5. Konsistensi itu ya mba kuncinya. Makanya gabung di komunitas ini supaya aku lebih konsisten

    ReplyDelete
  6. Sepakat banget dengan nomor 4 kak Indah, setelah gabung dengan teman-teman se-visi di squad blog, relasinya makin kerasa banget

    ReplyDelete
  7. Wah, keren. Saya sih gak terlalu memikirkan cuan. Pengen nulis dan disiplin saja. Mudah-mudahan ikut grup ini, jadi terpacu. Gak nyangka teman-teman yang kain bagus dan profesional blognya. ๐Ÿ‘

    ReplyDelete
  8. Banyak manfaatnya yaa ngeblog, ada pembaca yang merasa tulisan kita bermanfaat itu rasanya bahagia sekali..m

    ReplyDelete
  9. Aku sepemikiran banget nih, aku niat nge blog karena liat temen-temen blogger, salah satunya Mba Dew. Kayanya seru, buat ngasah kemmapuan nulis, bisa saling tukar pikiran, dan ada kegiatan BW gini tuh seru.. soal cuan ya bisa diatur nanti, Alhamdulillah kalau dapet xD

    ReplyDelete
  10. Setujuu.. banyak banget ya keuntungan membuat blog itu.. aku belajar banyak dari blogging mbak, dan seneng banget akhirnya aku bisa ketagihan untuk menulis dan berbagi informasi. Jadi seperti wadah yang bisa membuat produktif dan giat untuk terus belajar hal-hal baru

    ReplyDelete
  11. Wah makasih sharingnya mba. Jadi semakin semangat nih buat ngeblog ๐Ÿ˜Š

    ReplyDelete
  12. aku nomer 1,2 dan 4 pas banget. bacain tulisan2 orang tuh nambah pengetahuan sekaligus bisa nambah relasi yaa

    ReplyDelete
  13. setuju banget aama big why. semuanya harus dimulai dengan why, biar di tengah jalan kita ga mudah belok2 hahhahaa

    ReplyDelete
  14. Serasa mendapat suply oksigen bagi saya, saya sdh punya blog tapi jarang ngisi, makasih mbak artikelnya

    ReplyDelete

Everything About Ladya . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates