Friday, February 5

Cara Milenial Menghasilkan Uang
7 Cara Milenial Menghasilkan Uang Dengan Mudah (indahladya.com)

“Setiap generasi memerlukan sebuah revolusi baru.” - Thomas Jefferson

Masih ingat dengan bagaimana cara orang-orang terdahulu berusaha memenuhi kebutuhan hidupnya? Atau masih ingat dengan pejuang amplop coklat yang mengeluh jenuh setelah berulang kali ditolak berbagai perusahaan?

Yap, dunia memang sekeras itu. Namun, seiring perkembangan teknologi dan digital, maka sudah sepantasnya kamu, sebagai generasi milenial, mampu bersaing dengan memanfaatkan fasilitas-fasilitas yang ada.

Generasi Milenial Menyambut Era Digital 4.0

Generasi Milenial Menyambut Era Digital 4.0
Generasi Milenial Menyambut Era Digital 4.0 (indahladya.com)

Mungkin zaman dahulu, gak pernah ada yang kepikiran kalau internet juga bisa menjadi penghasil uang yang mudah. Ditambah lagi dengan berbagai marketplace yang telah memberikan kemudahan setiap penggunanya untuk dapat melakukan transaksi jual beli via online.

Namun, kamu pernah kepikiran gak sih? Ternyata kemudahan-kemudahan yang didapatkan saat ini merupakan salah satu hasil adaptasi setiap generasi dengan perkembangan teknologi dan digital yang semakin marak.

Saat ini, dunia sedang memasuki sebuah era baru yang dikenal dengan Revolusi Industri 4.0, atau yang juga biasa dikenal sebagai era digital 4.0. Di era ini, tidak hanya pekerja industri saja yang terdampak, tapi semua orang juga ikut merasakan dampaknya, termasuk generasi milenial.

Peluang Menghasilkan Uang Via Online

Peluang Menghasilkan Uang Via Online
Peluang Menghasilkan Uang Via Online (indahladya.com)

Sebagai salah satu generasi yang ikut merasakan dampaknya, maka kamu perlu tahu dan memahami bagaimana memanfaatkan peluang di era digital 4.0 ini semaksimal mungkin.

Tanpa sadar, kamu pasti pernah mendadak menemukan iklan dari produk yang memang kamu cari selama ini. Betul apa betul?

Jangan bingung dulu, ini merupakan salah satu bentuk dari perkembangan digital di mana para pemilik iklan memanfaatkan riwayat pencarianmu untuk menghasilkan iklan yang lebih terarah.

Dengan begitu, maka kamu sebagai konsumen dan pihak lain sebagai pemilik usaha jadi sama-sama ikut diuntungkan, bukan?

Oleh karena itu, seiring berjalannya waktu, peluang menghasilkan uang di era digital ini semakin terlihat menjanjikan. Jadi, sudah saatnya kamu sebagai generasi milenial mau beradaptasi dan ikut menjadi salah satu orang yang memanfaatkan perkembangan tersebut.

Berikut ini 7 cara yang milenial banget untuk bisa kamu coba dalam menghasilkan uang dengan mudah. Here we go!

1. Membangun Online Shop

Membangun Online Shop
Membangun Online Shop (indahladya.com)

Secara sadar ataupun tidak, kamu pasti ikut merasakan bahwa berbagai bisnis berbasis online ini merupakan salah satu bisnis yang tetap eksis selama pandemi. Meningkatnya penularan virus Covid-19 saat ini membuat banyak orang beralih untuk memanfaatkan toko berbasis online untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka.

Kamu bisa memanfaatkannya dengan cara mencoba membuka dan mengembangkan bisnis online di berbagai platform yang telah tersedia saat ini. Kabar baiknya lagi, kamu tidak perlu pusing memikirkan traffic dari bisnis online yang kamu punya jika kamu memilih marketplace sebagai sarana penjualanmu.

Karena marketplace tersebut sudah mengatur sedemikian rupa kebutuhan konsumennya beradasarkan riwayat pencarian yang mereka miliki masing-masing, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Jadi, gak perlu ragu lagi deh untuk ide satu ini!

2. Mengembangkan Sebuah Blog

Mengembangkan Sebuah Blog
Mengembangkan Sebuah Blog (indahladya.com)

Tren pencarian di berbagai search engine menjadikan peluang besar untuk dapat kamu manfaatkan saat ini. Kamu bisa memulainya dengan cara membuat dan mengembangkan sebuah blog yang dapat kamu isi dengan berbagai informasi menarik yang dibutuhkan banyak pembaca di luar sana.

Peluang menghasilkan uang dari blog ini pun bukan sekedar mengharapkan adsense saja. Kamu juga bisa memanfaatkan berbagai kerja sama berbagai brand yang melakukan content placement di blog yang kamu punya.

Selain itu, kamu juga bisa membangun portofolio melalui blog yang kamu punya untuk lebih memudahkan ketika akan melamar pekerjaanmu nanti. Keren banget kan?

3. Menjadi Youtuber

Menjadi Youtuber
Menjadi Youtuber (indahladya.com)

Di zaman sekarang, siapa sih yang gak suka nonton Youtube? Hadirnya berbagai content creator yang menyajikan video yang menarik dan informatif menjadikan Youtube sebagai platform yang disukai banyak orang.

Jika kamu mempunyai bakat sebagai story teller melalui sebuah video, maka ide satu ini bisa banget untuk kamu coba. Dengan mengandalkan keahlian dan ilmu yang kamu miliki, kamu bisa mengemasnya ke dalam sebuah bentuk video menarik yang dapat mendatangkan traffic ke channel Youtube yang kamu punya.

4. Membuka Kursus Online

Membuka Kursus Online
Membuka Kursus Online (indahladya.com)

Di zaman yang serba digital ini, kamu bisa membuka kursus online dengan menawarkan keahlian dan ilmu yang kamu miliki. Contohnya, jika kamu memiliki skor TOEFL di atas rata-rata, kamu bisa coba membagikan ilmu yang kamu punya dengan cara membuka kursus TOEFL online.

Kamu hanya perlu menyiapkan keahlian dan kuota yang kamu miliki untuk dapat mewujudkan ide satu ini. Kamu bisa memulainya dengan menawarkan kursus online-mu dengan orang-orang terdekat terlebih dahulu.

Tidak perlu khawatir, karena saat ini kursus online menjadi hal yang paling diminati oleh berbagai kalangan masyarakat. Mengingat sulitnya beraktivitas di luar rumah saat pandemi kali ini, maka membuka kursus online menjadi hal yang sangat menjanjikan bukan?

5. Membuka Layanan Endorsement

Membuka Layanan Endorsement
Membuka Layanan Endorsement (indahladya.com)

Apabila kamu merupakan user yang aktif di salah satu platform media sosial, contohnya instagram, maka ide satu ini bisa banget untuk kamu coba. Dengan memanfaatkan followers yang kamu punya, kamu bisa mulai untuk membuka layanan endorsement terhadap berbagai online shop yang membutuhkannya.

Kamu cukup menampilkan kontak yang dapat orang lain hubungi untuk melakukan kerja sama tersebut di bio instagram yang kamu punya. Untuk tarifnya pun sangat bervariasi, mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah, menyesuaikan followers dan engagement dari setiap konten yang kamu post. Sangat menarik, bukan?

6. Menjadi Freelancer

Menjadi Freelancer
Menjadi Freelancer (indahladya.com)

Seiring perkembangan digital, freelancer merupakan salah satu job yang telah diminati banyak orang. Ada banyak peluang yang dapat kamu coba untuk menjadi seorang freelancer, mulai dari content writer, copywriter, digital marketer, ilustrator, bahkan desainer.

Kamu bisa menampilkan hasil karya yang telah kamu miliki untuk dapat mulai sebagai seorang freelancer. Kamu juga bisa memulainya dengan mencari job di sribulancer.com. Pada situs tersebut, berbagai jenis pekerjaan sebagai freelancer tersedia dengan berbagai tarif yang bervariasi.

7. Menjual Stok Foto

Menjual Stok Foto
Menjual Stok Foto (indahladya.com)

Apabila kamu adalah seorang pecinta fotografi, maka ide satu ini bisa banget untuk kamu coba. Hasil foto yang kamu miliki bisa kamu jual di berbagai situs yang telah tersedia, contohnya Shutterstock.

Kamu cukup meng-upload foto yang kamu punya untuk ditawarkan kepada user lainnya di situs tersebut. Jadi, jika ada orang lain yang berminat dengan foto hasil jepretanmu, maka mereka harus membayar terlebih dahulu untuk mendapatkan lisensinya.

Nah, itu dia berbagai cara milenial yang bisa kamu coba untuk dapat menghasilkan uang dengan mudah di era digital saat ini. Tidak perlu khawatir akan suatu hasilnya nanti, yang penting kamu sudah mau memulainya sejak hari ini.

"Karena di era yang serba cepat ini, ada sesuatu yang lebih berharga daripada kecepatan, yaitu proses" - Pandji Pragiwaksono

Selamat memulai dan jangan lelah untuk berproses ya!

 

Referensi :

https://chataja.co.id/blog-detail/era-digital

16 comments:

  1. Benar sekali sisi positif dari perkembangan teknologi dan efek dirumah aja memaksa kita jadi lebih kreatif untuk mengembangkan online bisnis. berita bagus untuk para mompreneeur niy.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih mbak, secara gak langsung era serba online ini udah mempermudah kita

      Delete
  2. Lengkap banget kak, aku baru nyoba youtube sama blog hehe

    ReplyDelete
  3. Setelah mengkaryakan blog sekarang lagi pengen nyoba jualan stok foto. Lagi dipilah pilih mana yg oke. Srmoga bisa jd.pemasukan tambahan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, jualan stok foto ini cukup menjanjikan juga, apalagi yang skill fotografi nya udah pada expert, hehe

      Delete
  4. Wah mbak hapir semua aku lakuin, tapi yang unik itu yang jual foto mbak, Hahhahaha jadi pengen coba, mayan juga tuh kayaknya.

    ReplyDelete
  5. Terhentak saat membaca kutipan dari Panji Pragiwaksono. Sebagai millenials, cari kerja itu memang sangat sulit, karena semakin mudah akses kemanapun sehingga lawannya juga semakin banyak. Tulisan Mbak Indah ini pasti membantu sekali teman-teman millenials yang belum mendapatkan pekerjaan. Pekerjaan yang Mbak Indah cantumkan juga kekinian banget nih, patut untuk dicoba :)

    ReplyDelete
  6. Setelah baca tulisan mba , aku jadi mikir. Sebenernya kalau kita mau effort sedikit untuk belajar dan melawan malas. Pintu untuk menjemput rezeki sudah banyak Allah siapkan. Tinggal kitanya aja mau pilih yang mana, atau mau diem aja sambil rebahan >.<

    ReplyDelete
  7. Saya tertarik sama ini, mbak: mengembangkan Sebuah Blog. Di masa sekarang serba digital berbasih gambar bergerak/video, sebenarnya bagaimana peluang blog dalam lima-sepuluh tahun ke depan? Apakah bisnis berbasis tulisan seperti blog, masih bisa bertahan dalam beberapa waktu ke depan? ini sharing aja, ya, mbak, hehehe

    ReplyDelete
  8. Sisi positif dari pandemi ini memang memaksa semua untuk menjadi lebih kreatif dan harus pintar-pintar cari peluang.

    ReplyDelete
  9. Iya, banyak peluang untuk menghasilkan uang dari internet ya tinggal kita mau menekuni atau tidak. Kalau jago motret tuh bisa jual foto ke situs seperti Pixabay dll ya ada teman yang begitu

    ReplyDelete
  10. haaa aku setuju sekali mba indaahhh, sekarang banyak cara utk menghasilkan uang via online. zaman sudah berubah, kita harus bisa adaptasi sama keadaan ☺️

    ReplyDelete
  11. Betul sekali mbak Ladya.. banyak banget peluang-peluang untuk mengasilkan di dunia 4.0 ini, bahkan bisa dibilang sudah banyak perubahan di era digital ini. Kerjaan-kerjaan convensional sudah banyak yang dibuat digital, jadi lebih maju dan kita sebagai generasi yang dipintu perubahan ini harus bisa beradaptasi haha.. susah-susah gampang, tetap semangat yang pasti untuk ngeblog hehe

    ReplyDelete
  12. Peluang juga buat ibu ibu yang di rumah saja tapi pingin dapat tambahan penghasilan ya..Mbak, terima kasih infonya..

    ReplyDelete
  13. huhuhu, pengen banget bisa mengoptimalkan blog yang kupunya. tapi sepertinya masih harus bersabar :') semoga jadi orang yang beruntung bisa mendapatkan rezeki dari hal-hal yang disebut di atas.

    ReplyDelete

Everything About Ladya . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates