Friday, February 12

Kesalahan Penggunaan Parfum
Kesalahan Penggunaan Parfum (indahladya.com)

Kamu pernah gak sih? Udah ngerasa pakai parfum, tapi kok aromanya gak begitu tahan lama ya? 

Atau kamu pernah, ketika tertarik dengan aroma parfum yang digunakan temanmu lalu mencoba ikut-ikutan menggunakan parfum yang sama? Eh, tapi kok ketika digunakan ke tubuhmu, malah aromanya berbeda ya?

Pentingnya Penggunaan Parfum

Pentingnya Penggunaan Parfum
Pentingnya Penggunaan Parfum (indahladya.com)

Dewasa ini, menggunakan parfum merupakan salah satu hal yang penting untuk dilakukan sebelum beraktivitas, terutama ketika akan berhadapan dengan orang lain. Kamu tentu gak mau kan kalau orang lain jadi memiliki first impression yang buruk ketika bertemu denganmu hanya karena aroma tidak sedap dari tubuhmu?

Sayangnya, terkadang usahamu untuk menggunakan parfum ini justru menjadi sia-sia karena kamu tidak menyemprotkan parfum tersebut dengan benar. Untuk menghindari hal tersebut, yuk simak 7 kesalahan yang paling sering dilakukan banyak orang ketika menggunakan parfum!

1. Menyemprotkan Parfum di Pakaian

Menyemprotkan Parfum di Pakaian
Menyemprotkan Parfum di Pakaian (indahladya.com)

Kesalahan yang pertama dan yang paling sering dilakukan banyak orang adalah menyemprotkan parfum di pakaian. Parfum merupakan jenis wewangian yang dibuat untuk menutupi aroma tidak sedap dari tubuhmu.

Oleh karena itu, untuk mendapatkan hasil yang maksimal, maka kamu perlu untuk menggunakan parfum langsung ke bagian kulitmu. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan aroma parfum yang lebih tahan lama.

Beberapa anggota tubuh yang dapat kamu semprotkan parfum, yaitu pergelangan tangan, leher, bagian belakang telinga, bagian dalam siku tangan, bahkan bagian belakang lutut. Bagian-bagian tubuh ini merupakan bagian titik nadi tubuh, sehingga apabila kamu menyemprotkan parfum di bagian tersebut maka aroma yang dihasilkan akan lebih maksimal dan tahan lama.

2. Menggosokkan Pergelangan Tangan Setelah Menggunakan Parfum

Menggosokkan Pergelangan Tangan
Menggosokkan Pergelangan Tangan (indahladya.com)

Kesalahan berikutnya yang sering dilakukan adalah menggosokkan pergelangan tangan setelah menyemprotkan parfum. Rasanya hampir semua orang paham bahwa teknik ini merupakan cara yang salah. Namun, entah mengapa, tetap saja masih banyak orang yang melakukannya.

Energi panas yang dihasilkan dari pergelangan tanganmu akan menyebabkan aroma parfum menjadi lebih cepat pudar. Alhasil, parfum yang kamu gunakan menjadi tidak tahan lama. Sayang dong ya parfumnya?

3. Tidak Menggunakan Pelembab

Mengabaikan Pelembab
Tidak Menggunakan Pelembab (indahladya.com)

Tidak menggunakan pelembab sebelum menggunakan parfum adalah kesalahan yang sering dilakukan selanjutnya. Hal yang perlu kamu ketahui bahwa aroma parfum akan menjadi lebih cepat terurai pada kulit dengan kondisi kering.

Oleh karena itu, untuk memaksimalkan penggunaan parfum yang kamu punya, kamu harus mandi terlebih dahulu ya untuk dapat melembabkan kulitmu. Setelahnya, kamu bisa menggunakan pelembab seperti body lotion yang memiliki aroma yang senada dengan parfum yang akan kamu gunakan. Dengan demikian, aroma parfum ini akan menjadi lebih tahan lama karena kondisi kulitmu yang lebih lembab.

4. Menyimpan Parfum Dalam Jangka Waktu Panjang

Menyimpan Parfum Terlalu Lama
Menyimpan Parfum Terlalu Lama (indahladya.com)

Sebagian orang yang memiliki ketertarikan untuk mengoleksi parfum biasanya akan melakukan kesalahan satu ini. Saking banyaknya parfum yang telah kamu koleksi, maka biasanya parfum yang akan sering kamu gunakan justru hanya yang itu-itu saja.

Alhasil, parfum lainnya justru terbengkalai dan hanya disimpan begitu saja. Yang lebih parahnya lagi, apabila kamu menyimpan parfum ini tidak di tempat yang benar. Contohnya, menyimpan di tempat yang terkena sinar matahari langsung. Wah, hal ini akan merusak komposisi di dalamnya loh.

Parfum bisa saja memiliki perubahan aroma ketika disimpan dalam jangka waktu yang terlalu lama atau disimpan di tempat yang tidak sesuai. Oleh karena itu, mulai dari sekarang, perhatikan penyimpanan parfummu ya!

5. Ikut-Ikutan Aroma Parfum Orang Lain

Mencontoh Aroma Parfum Lain
Mencontoh Aroma Parfum Lain (indahladya.com)

Kamu pasti pernah merasa tertarik dengan parfum yang digunakan orang lain lalu mencoba untuk membeli dan menggunakan parfum yang sama pula. Sayangnya, aroma yang dihasilkan parfum tersebut di tubuhmu justru berbeda. Hmm, kenapa bisa begitu ya?

Ternyata, aroma parfum yang digunakan oleh seseorang menyesuaikan dengan suhu tubuh dan aroma tubuh alami dari orang yang menggunakannya. Jadi, cara terbaik untuk mengetahui aroma parfum secara pasti adalah dengan mencobanya langsung ke kulit tubuhmu ya!

6. Dengan Cepat Menyimpulkan Aroma Parfum

Menyimpulkan Aroma Parfum
Menyimpulkan Aroma Parfum (indahladya.com)

Kamu pernah mencoba sebuah tester parfum dan langsung jatuh hati setelahnya? Eh, tapi kok lama kelamaan aromanya justru berubah ya?

Nah, hal yang perlu ketahui bahwa parfum tidak hanya memiliki satu aroma. Ada 3 bagian yang biasa disebut sebagai top note, middle note, dan base note.

Top note adalah aroma yang dihasilkan saat parfum pertama kali disemprotkan ke kulit tubuh. Aroma dari top note ini biasanya lebih kuat daripada aroma middle note, tetapi lebih cepat menguap. Contoh dari top note ini seperti aroma buah-buahan, citrus, atau bahkan lavender.

Aroma dari top note inilah yang kamu rasakan ketika pertama kali mencium aroma dari parfum yang kamu gunakan, atau bisa dibilang sebagai first impression dari parfum tersebut.

Middle note adalah aroma yang dihasilkan setelah aroma top note menguap. Aroma ini biasanya akan kamu rasakan setelah 15 sampai 30 menit setelah menyemprotkan parfum ke kulit tubuhmu. Contoh dari middle note ini seperti floral dan kayu manis.

Base note adalah aroma yang dihasilkan setelah aroma top note dan middle note menguap. Biasanya aroma ini dapat kamu rasakan setelah 30 menit sampai 1 jam setelah menyemprotkan parfum ke kulit tubuhmu. Contoh dari base note ini seperti sandalwood, vanila, patchouli, dan musk.

7. Terlalu Banyak Menyemprotkan Parfum

Menyemprotkan Parfum Berlebihan
Menyemprotkan Parfum Berlebihan (indahladya.com)

Sebagian orang berpendapat bahwa semakin banyak parfum yang disemprotkan, maka semakin tahan lama wangi dan aroma yang dihasilkan. Namun, hal tersebut tidak sepenuhnya benar loh.

Ketahanan aroma dari parfum yang kita gunakan tergantung dari komposisi essential oil dan alkohol yang terdapat dalam parfum tersebut. Semakin sedikit kandungan alkoholnya, maka semakin lama aroma parfum tersebut dapat bertahan pada kulit tubuhmu.

Jadi, dengan menyemprotkan parfum secara berlebihan ke kulit tubuhmu tidak akan membuat aroma parfum tersebut menjadi lebih tahan lama ya! Apalagi aroma dari parfum yang disemprotkan secara berlebihan ini justru bikin pusing loh. Kebayang kan, yang tadinya mau dibilang wangi eh malah bikin orang di sekeliing kita pusing? Hehe.

Nah, itu tadi 7 kesalahan ketika menggunakan parfum yang sering dilakukan oleh banyak orang. Apa kamu termasuk salah satunya?


Baca Juga :

5 Kesalahan Dalam Penggunaan Sheet Mask
Review : Scarlett Whitening Body Care, Wangi Parfum Mahal

1 comments:

  1. kalau aku rewel banget soal parfum. Maklum hobi. Hihihi... tapi aku sering juga menyemprotkan parfum di pakaian. Kadang ada lho, parfum yang lebih bagus ketika disemprotkan ke pakaian dan bukannya badan. Nggak cocok sama chemistry badannya tapi cocok ketika dipakaikan ke pakaian.

    Dosa aku paling besar sih yaa, suka naruh parfum sembarangan jadi wanginya berubah. Sekarang selalu diusahakan ditaruh di lemari tertutup supaya nggak kena sinar matahari 😅

    Salam kenal yaa, senang bisa mampir ke mari!

    ReplyDelete

Everything About Ladya . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates