Sunday, March 7

Belajar Bareng ODOP Blogger Squad
Belajar Bareng ODOP Blogger Squad (indahladya.com)

Belum lama ini aku tergabung sebagai anggota dari ODOP Blogger Squad, sebuah komunitas yang memberikan banyak insight baru dari dunia blogging ini sendiri.

Sejak awal masa rekrut anggota ODOP (One Day One Post), aku sudah memilih platform blog untuk aku seriusi di komunitas ini. Jika ditanya kenapa, aku ingin menjadi seorang blogger profesional bersama ODOP Blogger Squad.

Karena jika ditarik garis ke belakang, sebenarnya sudah lama impian ini aku susun matang-matang. Sayangnya, saat itu aku terlalu pemula untuk menggapai impianku sendirian. Terlebih lagi teknik dasar blogging pun belum aku kuasai sepenuhnya. That’s why, bertemu dengan komunitas ini benar-benar memberikan insight baru dalam perjalananku untuk menjadi seorang blogger.

Apa Itu ODOP Blogger Squad?

Komunitas ODOP Blogger Squad
Komunitas ODOP Blogger Squad (indahladya.com)

ODOP Blogger Squad adalah sebuah komunitas blogger yang merupakan bagian dari komunitas ODOP (One Day One Post). Sesuai dengan namanya, komunitas ini mengajak para blogger untuk menjadi lebih konsisten dalam menulis.

Aku mengenal komunitas ini dari salah anggota ODOP sebelumnya yang aku ikuti di instagram. Sejak saat itu, tekatku menjadi semakin bulat untuk dapat menjadi blogger yang lebih profesional bersama ODOP Blogger Squad.

Menjadi Lebih Konsisten Bersama ODOP Blogger Squad

Menjadi Lebih Konsisten
Menjadi Lebih Konsisten (indahladya.com)

Mendengar kabar gembira dari open recruitment dari komunitas ini, maka aku tidak perlu pikir panjang untuk langsung mengikuti semua proses dan persyaratannya.

Dan salah satu manfaat yang paling aku rasakan dari komunitas ini yaitu kedisiplinan dan konsistensiku dalam menulis di sebuah blog pribadi yang telah lama tidak kunjung tersentuh olehku.

Pernah dengar istilah content is the king? Nah, hal inilah yang terus digaungkan oleh ODOP Blogger Squad agar para anggotanya terbiasa untuk menulis secara konsisten. Mungkin mengutak-ngatik tema dan juga perintilan-perintilan blog lainnya juga ikut berpengaruh dalam kesuksesanmu selama blogging. Namun, jika kamu tidak punya konten, maka blog tersebut akan menjadi sia-sia, bukan?

Mengenal Teknik Dasar Blogging

Teknik Dasar Blogging
Mengenal Teknik Dasar Blogging (indahladya.com)

Pelajaran berharga yang aku dapatkan selanjutnya yaitu teknik dasar blogging. Ketika kamu sudah mulai konsisten dalam menulis, maka kamu juga bisa belajar sedikit demi sedikit mengenal teknik dasar blogging. Karena kalau sudah punya konten, perintilan lainnya mah bisa ngikut.

Teknik dasar blogging yang aku maksud di sini seperti cara untuk menentukan tema dari tulisan yang akan kamu buat, mengenal fitur-fitur dashboard dari platform yang kamu gunakan, mengaktifkan Google Analytics, dan juga cara agar tulisanmu bisa dibaca oleh lebih banyak orang.

That’s why, makin kesini aku merasa bahwa usaha yang aku lakukan sebanding dengan apa yang aku dapatkan selama bergabung dengan komunitas ini.

Kenapa Harus Gabung di ODOP Blogger Squad?

Gabung ODOP Blogger Squad
Alasan Gabung di ODOP Blogger Squad (indahladya.com)

Setelah menyimak dengan saksama penjelasanku yang sebelumnya, maka tentunya akan lebih banyak yang bertanya-tanya “kenapa harus gabung di ODOP Blogger Squad sih?”.

Nah, supaya gak makin bingung, selain alasan-alasan utama yang sudah aku paparkan sebelumnya, berikut ini beberapa alasan yang akan membuat kamu semakin yakin untuk dapat menjadi seorang blogger profesional bersama komunitas blogger ini.

1. Mengerti Makna Punishment yang Sesungguhnya

Hayo siapa nih yang sering kesulitan untuk mendisiplinkan diri dalam menulis, tapi ngerasa gak sanggup juga kalau harus menyiapkan hukuman dan konsekuensi dari kesempatan-kesempatanmu untuk cheating?

Tenang, aku pun merasakan demikian. Jujur saja, dulu aku sangat ingin untuk menjadi lebih konsisten dalam menulis. Tapi, kalau gak ada hukumannya, rasanya jadi biasa aja gak sih ketika kamu ingin melanggar konsistensimu itu sendiri?

Nah, semenjak tergabung dalam komunitas ini, aku jadi lebih mengerti makna punishment yang sebenarnya sangat berpengaruh dengan kedisiplinanku dalam menulis saat ini.

Dimulai dari masa-masa open recruitment di mana aku harus menulis satu artikel setiap harinya untuk dapat lolos menjadi anggota komunitas ODOP. Tidak sampai di situ, ketika mulai memasuki bagian komunitas yang lebih spesifik, yaitu Blogger Squad, maka aku terlatih untuk tidak hanya menulis secara konsisten, tapi juga harus memperhatikan kualitas dari tulisanku itu sendiri, baik dari segi isi maupun dari segi SEO-nya.

“Kalau gak mengikuti persyaratannya terus gimana?”

Siap-siap di-kick dari grup ya! Hihi. Tapi punishment yang seperti ini ternyata membuatku semakin tertantang untuk dapat menyelesaikan setiap tugas yang aku dapatkan.

Meskipun terlihat sederhana, tapi dari mana lagi aku harus belajar mengenal konsep disiplin selain dari komunitas yang tengah aku ikuti saat ini. Toh kalau udah dapet feel-nya, kamu juga bisa tetap konsisten meskipun tanpa melihat punishment yang ada.

Sebagaimana sebuah kutipan menarik dari seorang Raditya Dika, “setiap pilihan yang kita ambil, ada keuntungan yang hilang, karena tidak mengambil alternatif lainnya”. Jadi, kalau kamu gak mau menerima tantangan, ya berarti kamu sudah kehilangan kesempatan untuk mendapatkan lebih banyak ilmu dari dunia blogging ini sendiri bukan? Hayoloh, katanya mau jadi blogger profesional? Hihi.

2. Memiliki Teman Satu Visi

Keuntungan yang berikut ini pasti akan kamu dapatkan ketika kamu tergabung dalam komunitas blogger manapun. Yang jelas, ketika kamu sudah memiliki teman satu visi maka kamu akan ikut tertular energi positif mereka loh. Karena kalau aku sih mikirnya “dia aja bisa, kenapa aku nggak?”

3. Pengetahuan yang Selalu Ter-Update

Banyak hal baru yang aku dapatkan selama tergabung dalam komunitas blogger ini. Kalau dulu sih, boro-boro paham artikel yang SEO friendly, DA sama PA aja masih belum ngeh maksudnya apa. Ada yang sama kayak aku dulu?

Nah, dari komunitas ini lah aku belajar banyak mengenai hal-hal yang mendukung kualitas dari tulisan dan blog yang aku miliki. Jadi, bisa dibilang bahwa pengetahuanku mengenai dunia blogging juga ikut ter-update kan?

4. Meningkatkan Traffic Blog

Last but not least, meskipun alasan yang satu ini lebih terlihat sebagai bonus, tapi aku rasa kamu juga perlu tahu. Aku memang belum lama tergabung dalam komunitas blogger ini, tapi traffic blog yang aku dapatkan sudah jauh lebih besar dibandingkan masa-masa di mana aku merintis blog sendirian.

Yap, masa-masa di mana aku belum mengenal apa itu SEO, DA, PA, Backlinks, dan masih banyak istilah-istilah blogging lainnya. Jadi, traffic blog yang aku dapatkan satu ini tidak lepas dari kemauanku untuk belajar beberapa hal yang sebelumnya aku jelaskan tadi, seperti belajar untuk konsisten, belajar menentukan tema tulisan, dan belajar untuk mengenal teknik dasar dari dunia blogging ini sendiri.

Tidak ada kata tidak mungkin jika kamu mau mengusahakan apa yang sedang kamu perjuangkan. Jadi, sudah siap untuk menjadi blogger profesional bareng ODOP Blogger Squad? Sharing sama aku di kolom komentar ya!


Baca Juga :

7 Alasan Kenapa Harus Punya Blog, Yuk Cari Tahu Alasanmu!
Menjadi Penulis yang Jujur
7 Cara Ampuh Atasi Writer's Block
Bangun Kebiasaan Baik Untuk Jadi Penulis

14 comments:

  1. Semoga aku juga bisa ikut keren seperti kakak2 di ODOP Blogger Squad ya...

    ReplyDelete
  2. Pengen ikut kak, tapi belum PD. Sementara masih menulis seminggu sekali bersama Ruang Aksara, itupun rasanya belum lancar. Sebenarnya pengen tahu juga blog yang bagus itu apa saja biar bisa ada gambaran agar tulisan di blog kita lebih meningkat. Kalo ada blog favorit, kasih tahu ya kak...thanks.

    ReplyDelete
  3. Keren banget deh bisa konsisten ngeblog sehari satu artikel..aku dulu menerapkan ODOP pas mau menaikkan DA blog baru hihi

    ReplyDelete
  4. Betul banget kalau ada temannya jadi lebih semangat apdet blog dan nulis ya...bisa tukar ide topik artikel juga

    ReplyDelete
  5. Pengen juga ikutan tapi aku belum bisa kalau harus mengikuti misi teratur, ini lagi mencoba konsisten setidaknya seminggu sekali huhu :")

    ReplyDelete
  6. Keren banget mba, aku pengen ikutannn tapi takut belum bisa ngatur posting...

    ReplyDelete
  7. Memang komunitas ini keren benget...mengajarkan untuk selalu bagaimana caranya disiplin untuk tetap menulis...semoga kita berdua dan semua teman-teman di grup ngga terdepak ya dari grup keren ini 🤭🤭🤭

    ReplyDelete
  8. Waah menarik mbaak! Jadi pengen join juga untuk menambah semangat menulis setiap hari ya
    Semoga suatu saat nanti bisa ikutan dalam ODOP squad yaa.. nulis blog itu emeng pas banget buat meluangkan pikiran/ creative output kita setiap hari ya.
    Trims informasinya mbak.. semoga bisa ikutan ya hehe

    ReplyDelete
  9. hebaaaaat mba nya nih.... kalau saya pasti udah terdepak ini mba... hampir pasti tidak bisa komit dengan one day one posting hahahaha/ paling kuat seminggu sekali. yang penting pokoknya menukis dengan bahagia ya mba.... salut buat mba indah ladya

    ReplyDelete
  10. jadi pengen ikutan jugaaa, biasanya seminggu ngepost dua kali aja udah seneng hahaha. sekarang groupnya masih oprec ga mba? :D

    ReplyDelete
  11. Sebenarnya aku pengen ikutan ini mbak cuma aku kurang konsisten gitu nulisnya, biasanya cuma sekali seminggu kalau lagi ada waktu luang bisa post dua artikel tapi kalau lagi kosong banget benaran gak post apa-apa. Hiks

    ReplyDelete
  12. Keren mba, gimana cara ikutan gabung grupnya mba. Saya termasuk newbie

    ReplyDelete
  13. That's cool mbak. Sayapun pengin bgt bisa konsisten ngide tulisan supaya bisa ODOP

    ReplyDelete
  14. Aku nih mba, suka ga konsisten jagain blog merawat blog, huks padahal di kepala banyak banget ide. Semoga suatu hari ditemukan teknologi untuk gunakan voice aja udah muncul di draft blog dimanapun berada hehehe. Belajar bareng odop di blogger squad pasti seru banget yaa.

    ReplyDelete

Everything About Ladya . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates