Thursday, May 6

5 Resep Andalan Saat Ramadan
5 Resep Andalan Saat Ramadan (indahladya.com)

Dari begitu banyak menu masakan yang ada, setiap orang pasti memiliki resep andalan saat Ramadan versi mereka masing-masing. Mulai dari olahan daging ayam hingga olahan sayur-sayuran. Mulai dari yang simpel hingga yang agak ribet juga nih. Tergantung estimasi waktu yang mereka miliki masing-masing.

Baca Juga : Menyambut Bulan Ramadan 2021, Berikut 7 Tips Berpuasa Saat Pandemi!

Biasanya menu berbuka puasa yang dipilih akan lebih kompleks dibandingkan menu ketika sahur. Hal ini dikarenakan waktu yang bisa lebih panjang ketika akan mempersiapkan menu berbuka puasa, sehingga resep andalan yang dipilih pun cenderung lebih kompleks.

Resep Andalan Saat Ramadan

Resep Andalan Saat Ramadan
Resep Andalan Saat Ramadan (indahladya.com)

Keluargaku termasuk kelompok orang yang bebas bisa masak resep makanan apa saja ketika berbuka atau pun sahur. Jadi, kalau ditanya perihal “resep andalan saat Ramadan” sih sebenernya banyak, haha. Tapi, mungkin jika diukur berdasarkan frekuensi seberapa sering menu-menu makanan dimasak, maka ada 5 jenis resep andalan versi keluargaku.

Baca Juga : Yuk, Belajar Masak dari Chanel Youtube Berikut Ini!

Penasaran? Yuk, langsung simak apa aja 5 resep andalan saat Ramadan versi keluargaku!

1. Bihun Orak-Arik

Bihun Orak Arik
Bihun Orak Arik (dapurkobe.co.id)

Resep andalan saat Ramadan yang pertama yaitu bihun orak-arik. Siapa sih yang gak suka sama menu andalan satu ini?

Bihun orak-arik adalah resep makanan yang dibuat dengan bahan utama berupa bihun, telur, dan beberapa bahan tambahan lainnya. Untuk resep lengkapnya, bisa simak bahan-bahan dan cara memasaknya di bawah ini ya!

 

Bahan-Bahan:

  1. Bawang putih 1 siung
  2. Bawang merah 5 siung
  3. Merica halus 1/4 sendok teh
  4. Garam 1/2 sendok teh
  5. Daun sop 2 batang
  6. Daun bawang 2 batang
  7. Telur 1 butir
  8. Kaldu jamur
  9. Saos tiram
  10. Cabai merah (optional)

 

Cara Memasak:

  1. Seduh bihun dengan air panas sebentar, lalu tiriskan.
  2. Tumis bawang merah dan bawang putih hingga setengah kuning.
  3. Masukkan telur, lalu orak-orak bersama tumisan bawang merah dan bawang putih tadi.
  4. Masukkan daun sop dan daun bawang ke dalam tumisan.
  5. Masukkan beberapa bumbu seperti garam dan merica.
  6. Masukkan bihun yang telah diseduh kemudian aduk hingga rata.
  7. Tambahkan saos tiram dan kaldu jamur sebagai penambah rasa.
  8. Beri air secukupnya.
  9. Aduk hingga rata, kemudian angkat.
  10. Taburkan bawang goreng, kemudian sajikan.

 

2. Capcay Bakso

Capcay Bakso
Capcay Bakso (indozone.id)

Capcay bakso adalah resep andalan saat Ramadan yang berikutnya. Sebagaimana namanya, capcay bakso adalah menu makanan yang dibuat dengan sayur-sayuran dan juga bakso. Resep yang dikenal sebagai menu makanan yang simpel ini bisa banget loh untuk kamu coba sebagai menu berbuka puasamu. Berikut bahan-bahan dan cara masaknya ya!

 

Bahan-Bahan:

  1. Bawang putih 1 siung
  2. Bawang merah 5 siung
  3. Garam 1 sendok teh
  4. Gula 1/2 sendok teh
  5. Merica halus 1/4 sendok teh
  6. Bakso 1/4 kg
  7. Sawi manis 1/4 kg
  8. Wortel 1/4 kg
  9. Kentang 1/4 kg
  10. Kembang kol 1/4 kg
  11. Jagung manis 1 buah
  12. Saos tiram secukupnya
  13. Daun bawang 2 batang
  14. Udang 1/4 kg

 

Cara Memasak:

  1. Haluskan bawang merah dan bawang putih beserta garam dan merica.
  2. Tumis bahan yang telah dihaluskan tersebut.
  3. Goreng kentang hingga matang, sisihkan.
  4. Masukkan bakso yang telah diiris-iris ke dalam tumisan.
  5. Aduk sebentar lalu masukkan sayur-sayuran (sawi manis, kembang kol, wortel, dan jagung manis).
  6. Masukkan daun bawang, kemudian tumis kembali.
  7. Lalu masukkan udang ke dalam tumisan tersebut.
  8. Beri air secukupnya.
  9. Tambahkan saos tiram, kemudian masukkan kentang yang telah digoreng sebelumnya.
  10. Aduk hingga rata, lalu angkat.
  11. Tambahkan taburan bawang goreng, kemudian sajikan.

 

3. Oseng Tempe

Oseng Tempe
Oseng Tempe (cookpad.com)

Resep andalan saat Ramadan yang berikutnya yaitu oseng tempe. Wah, sepertinya resep yang satu ini udah jadi andalan hampir semua orang ya? Selain cara memasaknya yang simpel, oseng tempe ini juga bisa jadi menu yang pas untuk disandingkan dengan menu makanan apapun loh. Untuk bahan-bahan dan cara memasaknya bisa simak di bawah ini ya!

 

Bahan-Bahan:

  1. Tempe 1 papan (ukuran sedang)
  2. Bawang merah 5 siung
  3. Bawang putih 2 siung
  4. Teri 1/2 ons
  5. Daun bawang 2 batang
  6. Saos tiram
  7. Cabe hijau 5 buah
  8. Cabe rawit besar (cabe setan) 5 buah
  9. Garam 1/2 sendok teh
  10. Kecap manis 1 sendok makan

 

Cara Memasak:

  1. Goreng teri hingga matang, kemudian sisihkan.
  2. Tumis bawang merah dan bawang putih.
  3. Masukkan teri yang telah matang ke dalam tumisan tersebut.
  4. Masukkan daun bawang, cabe hijau, dan cabe rawit besar secara perlahan.
  5. Kemudian masukkan tempe yang sudah diiris sesuai selera.
  6. Masukkan kecap manis.
  7. Tambahkan saos tiram.
  8. Beri air secukupnya.
  9. Aduk hingga rata kemudian sajikan.

 

4. Sop Ayam

Sop Ayam
Sop Ayam (detikfood.com)

Sop ayam merupakan resep andalan saat Ramadan yang bisa banget kamu coba loh. Selain hemat, menu ini juga baik karena terdapat berbagai jenis sayuran di dalamnya, seperti kentang, wortel, jagung, dan lain-lain. Bagi beberapa orang mungkin akan menambahkan jenis sayuran lainnya, seperti buncis contohnya. Namun, untuk mencoba resep sop ayam versi keluargaku, bisa kamu simak resepnya di bawah ini ya!

 

Bahan-Bahan:

  1. Bawang merah 5 siung
  2. Bawang putih 2 siung
  3. Ayam 1/4 kg
  4. Merica halus 1/4 sdt
  5. Wortel 1/4 kg
  6. Kentang 1/4 kg
  7. Garam 1 sendok teh
  8. Gula 1/4 sendok teh
  9. Daun sop 1 batang
  10. Daun bawang 2 batang
  11. Jagung manis 1 buah


Cara Memasak:

  1. Rebus ayam, kemudian sisihkan kaldunya.
  2. Goreng ayam yang telah direbus, angkat, kemudian suir-suir,
  3. Tumis bawang merah dan bawang putih.
  4. Tambahkan merica dan garam sebagai penyedap rasa.
  5. Beri air secukupnya.
  6. Masukkan wortel, kentang, dan jagung manis.
  7. Masukkan ayam suir dan kaldu.
  8. Tambahkan saos tiram sesuai selera.
  9. Tambahkan gula.
  10. Aduk hingga rata kemudian angkat.
  11. Beri taburan bawang goreng, kemudian sajikan.

 

5. Udang Masak Tauco

Udang Masak Tauco
Udang Masak Tauco (pinterest.com)

Salah satu resep andalan saat Ramadan yang berikutnya yaitu udang masak tauco. Rasa gurih yang ditawarkan dari tauco yang dipadukan dengan udang ini benar-benar bikin nagih loh. Simak resepnya di bawah ini ya!

 

Bahan-Bahan:

  1. Bawang putih 1 siung
  2. Bawang merah 5 siung
  3. Cabe hijau 5 buah
  4. Daun bawang 2 batang
  5. Udang 1/4 kg
  6. Pete 2 batang
  7. Tahu 1 buah
  8. Tomat kecil 3 buah
  9. Tauco 4 sdm
  10. Gula merah/gula aren 1 sdm


Cara Memasak:

  1. Goreng tahu, kemudian sisihkan.
  2. Tumis bawang merah dan bawang putih hingga setengah kuning.
  3. Kemudian masukkan udang ke dalam tumisan tersebut.
  4. Masukkan daun bawang dan pete.
  5. Masukkan tauco dan tahu kemudian aduk hingga rata.
  6. Beri air secukupnya.
  7. Masukkan gula merah/gula aren.
  8. Masukkan tomat kecil.
  9. Aduk hingga rata, kemudian sajikan.

 

Nah, itu dia 5 resep andalan saat Ramadan versi keluargaku. Kamu punya inspirasi resep andalan lainnya? Yuk, sharing sama aku di kolom komentar ya!

Everything About Ladya . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates