Wednesday, May 5

Tips Meningkatkan Produktivitas Saat Puasa
Tips Meningkatkan Produktivitas Saat Puasa (indahladya.com)

Rasa kantuk dan lemas saat berpuasa terkadang membuat kita perlu mempersiapkan diri untuk meningkatkan produktivitas saat puasa loh!

Terkadang udah punya niat mateng-mateng, “hari ini aku harus produktif!”, eh malah keterusan rebahan. Entahlah, sepertinya gaya tarik kasur ketika berpuasa bisa menjadi besar banget ya. Tapi, sebenarnya kamu tahu gak sih kenapa hal ini bisa terjadi? Yuk, simak penjelasannya setelah ini ya!

Mengapa Sering Mengantuk Saat Berpuasa?

Alasan Mengantuk Saat Berpuasa
Alasan Mengantuk Saat Berpuasa (indahladya.com)

Kalian penasaran gak sih? Sebenernya kenapa ya kita bisa menjadi lebih gampang mengantuk ketika sedang berpuasa? Nah, ternyata ada penjelasan ilmiahnya nih!

Ketika berpuasa, tubuh kita mengalami penurunan kadar glukosa. Sebagaimana yang kita tahu, otak membutuhkan hampir 60% dari keseluruhan glukosa yang ada di dalam tubuh. Jadi, ketika kadar glukosa ke otak menurun maka akan terjadi penurunan konsentrasi terhadap tubuhmu.

Namun, dalam kondisi penurunan glukosa ini, tubuh secara otomatis akan merespon dengan cara memanfaatkan cadangan glikogen yang disimpan untuk meningkatkan energi pada tubuh. Nah, cadangan glikogen inilah yang bisa memberikanmu energi tambahan ketika tengah berpuasa.

Tapi, kalau cadangan glikogen ini juga sudah menurun, maka tubuh akan menjadi lemas dan kadar glukosa dalam darah akan menurun. Hal inilah yang bisa menyebabkanmu merasa mengantuk ketika berpuasa (halodoc.com).

Selain dari faktor ilmiah tersebut, sebenarnya secara logika pun kita bisa tahu loh kenapa kita lebih sering mengantuk ketika berpuasa. Salah satunya disebabkan oleh pola tidur kita yang berubah.

Bayangkan saja, kamu yang biasanya jam 2-3 pagi masih tertidur pulas, ketika bulan puasa harus segera mempersiapkan menu sahurmu di jam tersebut. Alhasil, tubuhmu pada akhirnya harus melakukan adaptasi kembali bukan?

Tips Meningkatkan Produktivitas Saat Puasa

Meningkatkan Produktivitas Saat Puasa
Meningkatkan Produktivitas Saat Puasa (indahladya.com)

Rasa kantuk ketika berpuasa adalah hal yang wajar untuk dirasakan. Sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya, perubahan pola tidur dan juga metabolisme tubuh akan menyebabkan tubuh kita memerlukan waktu untuk beradaptasi kembali. Namun, hal ini tidak boleh dijadikan alasan agar kamu bisa tetap rebahan sepanjang hari loh ya! Hihi.

Sejatinya puasa tidaklah menjadi penghalang bagi seseorang agar dapat meningkatkan produktivitas saat puasa. Penasaran sama tipsnya? Yuk, simak penjelasannya berikut ini ya!

1. Istirahat Cukup

Tips meningkatkan produktivitas saat puasa yang pertama yaitu istirahat yang cukup. Pola tidur yang berubah tentunya akan berpengaruh besar terhadap kemampuan tubuhmu untuk berkonsentrasi ketika berpuasa.

Oleh karena itu, kamu perlu menyesuaikan kembali waktu tidurmu. Hindari untuk begadang karena hal yang tidak terlalu penting/urgent. Lalu, usahakan untuk tidur setelah kamu menyelesaikan kewajibanmu di malam hari ya!

2. Membuat Daftar Hal yang Perlu Dilakukan

Mungkin bagi sebagian besar orang yang sudah terbiasa untuk menuliskan “to do list” nya di setiap hari, maka tips meningkatkan produktivitas saat puasa ini sepertinya tidak terlalu menjadi hal yang baru bagimu.

Karena ketika kita menuliskan apa saja yang perlu kita lakukan di hari itu, maka secara otomatis otak kita akan mengingat hal-hal penting tersebut. Coba bedakan dengan kita yang hanya berandai-andai saja untuk melakukan banyak hal, ujung-ujungnya jadi pusing sendiri, gak tahu hal mana yang harus dikerjakan duluan dan pada akhirnya jadi gak ngapa-ngapain deh. Iya apa iya?

3. Hindari Menunda Pekerjaan

Untuk meningkatkan produktivitas saat puasa, kita harus menghindari kebiasaan menunda-nunda pekerjaan. Terkadang kalau sudah terbiasa untuk menunda pekerjaan, maka kamu jadi gak terbiasa untuk on time juga loh!

Yang lebih parahnya lagi, ketika kamu terlena untuk menunda suatu pekerjaan, maka potensi terlupa akan suatu kewajiban tersebut akan menjadi lebih besar. Atau bahkan pekerjaan-pekerjaan yang ditunda ini justru seperti bola salju yang tergulung-gulung, yang tadinya kerjaan kecil eh jadi gede banget karena tertumpuk dengan pekerjaan-pekerjaan yang lainnya. Nah, jadi jangan kebiasaan menunda pekerjaanmu lagi ya!

4. Penuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

Seperti yang telah kita ketahui sebelumnya, penting bagi kita untuk tetap memenuhi kebutuhan cairan tubuh meskipun tengah berpuasa. Jadi, puasa pun tidak menjadi alasan supaya kita tidak mengonsumsi air putih secara optimal loh.

Karena umumnya, orang dewasa membutuhkan konumsi air putih sebanyak 2 liter per hari. Untuk pengaturan waktu konsumsinya, kamu bisa baca penjelasannya di sini ya!

5. Pilih Menu Sahur dan Berbuka yang Sehat

Pemilihan asupan saat sahur dan berbuka ini merupakan tips meningkatkan produktivitas saat puasa yang selanjutnya. Bagaimana tidak, menu makananmu saat sahur tentunya akan berpengaruh besar terhadap energimu saat berpuasa nantinya.

Jadi, usahakan untuk mengonsumsi makanan yang bergizi dan mengandung karbohidrat kompleks ketika sahur ya, supaya tubuhmu tetap memiliki cadangan energi ketika glukosa dalam darahmu mulai menurun ketika berpuasa nanti ya!

6. Mencari Kegiatan Setelah Sahur

Salah satu jam-jam rawan mengantuk ketika bulan puasa yaitu setelah sahur. Sebagaimana sebagian orang yang mungkin menormalisasi kebiasaan “sahur sambil merem” adalah kelompok orang yang menormalisasi tidur kembali setelah sahur ini.

Namun, seperti yang telah kita ketahui sebelumnya, tidur sesaat setelah makan berat tidaklah dianjurkan dalam dunia kesehatan. Hal ini bisa menyebabkan tekanan dalam lambung meningkatkan sehingga makanan dan cairan lambung dapat naik kembali ke kerongkongan. Jika terjadi secara terus menerus, maka akan menyebabkan penyakit asam lambung (GERD).

Nah, jadi sebaiknya lakukan suatu aktivitas ketika kamu selesai makan saat sahur ya! Kamu bisa mengisi waktumu menjelang Subuh dengan membaca Al Qur’an, melakukan muraj’ah terhadap hapalan-hapalanmu, atau bahkan menuliskan “to do list” di hari itu. Biar gak bablas sholat Subuh juga nih! Hehe.

7. Melakukan Peregangan Untuk Mengatasi Rasa Kantuk

Tips meningkatkan produktivitas saat puasa berikutnya yaitu melakukan peregangan. Ketika rasa kantuk melanda di tengah hari-harimu saat berpuasa, maka melakukan peregangan bisa menjadi salah satu pertolongan pertamamu.

Tubuh kita bisa merasa jenuh hingga pada akhirnya mengantuk ketika tidak melakukan banyak aktivitas, atau justru tetap berada di posisi konstan untuk waktu yang panjang. Nah, kalau udah mulai merasa ngantuk bisa nih peregangan tipis-tipis supaya rasa kantuknya gak berlanjut.

8. Manfaatkan Waktu Menjelang Berbuka

Waktu menjelang berbuka adalah salah satu waktu yang bisa kamu manfaatkan untuk meningkatkan produktivitasmu saat berpuasa. Kamu bisa mengisinya dengan membaca Al Qur’an, melakukan sisa pekerjaanmu yang belum selesai, atau bahkan memutuskan untuk berolahraga. Jadi lebih produktif kan?

9. Tidur Siang Secukupnya

Mungkin tips ini tidak bisa dilakukan oleh semua orang. Namun, jika kamu memiliki kesempatan untuk tidur siang, maka manfaatkan kesempatan ini sebaik mungkin. Karena tidur siang adalah salah satu caramu untuk beristirahat sejenak ketika telah beraktivitas cukup lama. Yang penting gak boleh terlalu lama juga ya!

10. Lakukan Olahraga Ringan

Kamu juga bisa tetap melakukan olahraga meskipun tengah berpuasa loh! Hanya saja, mungkin perlu dilakukan penyesuaian waktu dan juga jenis olahraga yang akan dipilih nantinya. Selengkapnya bisa kamu simak penjelasannya di sini ya!

11. Mandi Menggunakan Air Dingin

Mandi menggunakan air dingin adalah tips meningkatkan produktivitas saat puasa yang selanjutnya. Ketika kita mandi menggunakan air dingin, maka tubuh kita akan merasakan sensasi segar yang dapat mengurangi frekuensimu untuk merasa kantuk.

12. Menjaga Wudhu

Hampir sama dengan tips sebelumnya, selain untuk menjalankan sunah Rasul, menjaga wudhu juga bisa membuatmu terjaga dari rasa kantuk loh. Jadi, kalau rasa kantuk mulai menyerangmu, bisa dicoba tips yang satu ini ya!

13. Melakukan Latihan Pernapasan

Meskipun terdengar sepele, namun latihan pernapasan adalah hal yang penting untuk kamu lakukan. Dengan melatih pernapasan seperti menghirup napas dalam-dalam, menahannya sejenak, lalu mengeluarkannya perlahan akan membuat tubuhmu menjadi rileks sehingga akan sangat berpengaruh terhadap produktivitasmu selama berpuasa.

Ada begitu banyak aplikasi yang menawarkan panduan latihan pernapasan ini, salah satu aplikasi yang pernah aku coba yaitu aplikasi Riliv. Di dalam aplikasi tersebut sudah tersedia berbagai pilihan goals dari latihan pernapasan yang akan kamu lakukan. So far, aplikasi ini sangat membantu dalam kegiatan keseharianku, contohnya dalam mengendalikan emosi bahkan untuk mengembalikan mood agar menjadi lebih produktif di hari tu. So, I think that you need to try this one, seriously.

Merasa lelah mungkin bisa saja menjadi hal yang wajar ketika kamu tengah berpuasa, karena tubuhmu sedang berusaha dalam beradaptasi dengan pola tidur dan pola makanmu saat ini. Namun, untuk tetap menjadi produktif, kamu bisa mencoba beberapa tips meningkatkan produktivitas saat puasa ini loh. Gak ada salahnya mencoba untuk lebih baik bukan? Kalau kamu punya tips lainnya, sharing sama aku di kolom komentar ya!

Everything About Ladya . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates