Monday, May 3

Kegiatan Favorit Saat Ramadan
Kegiatan Favorit Saat Ramadan (indahladya.com)

Kamu pasti memiliki jawaban tersendiri ketika ditanya mengenai kegiatan favorit saat Ramadan tahun ini. Meskipun bulan Ramadan kali ini masih harus diselimuti oleh wabah Covid 19, namun hal ini tidak seharusnya membuat semangat kita menjadi lengah dalam berpuasa loh ya!

Kegiatan Favorit Saat Ramadan Tahun Lalu

Kegiatan Favorit Saat Ramadan Dulu
Kegiatan Favorit Saat Ramadan Tahun Lalu (indahladya.com)

Jika mungkin kemarin-kemarin aku sudah pernah membahas mengenai kegiatan favorit saat Ramadan versi anak kos, nah mungkin kali ini bisa dibuat versi anak rumahannya ya, a.k.a versi keluarganya, haha.

Sudah 2 kali bulan Ramadan ini aku menjalankan ibadah puasa bersama kedua orang tuaku. Karena di tahun-tahun sebelumnya aku masih menjadi mahasiswa yang harus ngekos supaya gak capek bolak-balik kampus.

Baca Juga : 5 Momen di Bulan Ramadan yang Paling Bikin Rindu Versi Anak Kos

Sebenernya bulan Ramadan ini adalah bulan Ramadan yang paling aku tunggu-tunggu, karena aku merindukan masa-masa saat aku masih SMA di mana aku bisa menjalankan ibadah tarawih di masjid dekat rumahku hampir di setiap harinya, kecuali ketika berhalangan ya bun, maklum wanita, hehe.

Entahlah, tapi aku selalu merasakan momen yang berbeda ketika bisa sholat tarawih di masjid secara langsung, tidak sekedar di rumah saja. Sayangnya bulan Ramadan kali ini aku harus menjalankan ibadah tarawihku di rumah bersama keluarga yang lainnya. And again, semua orang pasti memiliki alasannya masing-masing kan?

5 Kegiatan Favorit Saat Ramadan

5 Kegiatan Favorit Saat Ramadan
5 Kegiatan Favorit Saat Ramadan (indahladya.com)

Pada akhirnya semua hal yang terjadi saat ini menyadarkanku akan satu hal, bahwa kita harus mensyukuri setiap waktu dan kesempatan yang telah Tuhan berikan kepada kita. Karena kita tidak pernah tahu apakah kita masih memiliki kesempatan itu kembali atau justru hal itu tinggallah menjadi kenangan belaka.

Baca Juga : Menyambut Bulan Ramadan 2021, Berikut 7 Tips Berpuasa Saat Pandemi!

Dan karena hal ini juga pada akhirnya aku ingin membagikan beberapa kegiatan favorit saat ramadan ketika bersama keluargaku yang lain. Salah satunya ya sebagai wujud syukur karena di tengah pandemi kali ini tetap ada hal yang masih bisa aku syukuri keberadaannya.

1. Memasak Menu Buka Puasa

Memasak Menu Buka Puasa
Memasak Menu Buka Puasa (indahladya.com)

Seperti yang sudah aku ceritakan sebelumnya, sudah 2 kali bulan Ramadan ini aku menjalankan ibadah puasaku di rumah bersama keluargaku. Meskipun masih harus menjalankan tugasku sebagai mahasiswa profesi, namun dengan situasi dan keadaan saat ini kampusku masih memberlakukan sistem kuliah online. Jadi belum harus merantau lagi nih, hehe.

Nah, karena sistem perkuliahan secara online inilah pada akhirnya aku memiliki banyak waktu di rumah. Selain karena memang membatasi kegiatan di luar rumah, nyatanya aku memang anak rumahan tulen kok.

Dan kebetulan salah satu berkah pandemi kali ini adalah aku yang jadi tiba-tiba kepingin belajar masak nih. Meskipun mungkin menu masakannya masih sangat sederhana, tapi aku sangat menikmati setiap prosesnya.

Apalagi kalau harus mempersiapkan menu buka puasa, gak perlu muluk-muluk kan? Yang penting simpel, cepat, dan enak, haha. Iya apa iya?

2. Berkumpul Bersama Keluarga Besar

Berkumpul Bersama Keluarga
Berkumpul Bersama Keluarga Besar (indahladya.com)

Sebenarnya ini adalah salah satu kebiasaan dari keluarga besarku di setiap tahunnya. Minimal ada satu waktu untuk melaksanakan buka bersama. Kenapa cuma satu kali? Ya mengingat kesibukan anggota keluarga yang lain, sehingga mau tidak mau butuh waktu untuk mem-fix-kan kapan satu waktu terbaik itu kita pilih untuk melakukan buka bersama.

Alhamdulillah, di tahun ini keluarga besarku bisa menyusun waktu kembali untuk bisa berkumpul bersama. Meskipun mungkin yang biasanya punya ide untuk buka di luar, kalau selama pandemi kali ini lebih safety untuk buka di rumah saja. Toh, ini semua dilakukan untuk kebaikan bersama bukan?

3. Tarawih Bersama Keluarga

Tarawih Bersama Keluarga
Tarawih Bersama Keluarga (indahladya.com)

Jika tahun-tahun sebelumnya aku terbiasa untuk menjalankan ibadah tarawihku di masjid, sayangnya tahun ini aku hanya bisa melakukan tarawih di rumah bersama keluarga yang lain. But, it’s okay, ibadah tarawih ini adalah salah satu hal yang paling aku tunggu-tunggu. Dan selagi aku masih bisa menjalankannya, aku akan selalu mengambil kesempatan tersebut.

4. Berburu Baju Lebaran

Berburu Baju Lebaran
Berburu Baju Lebaran (indahladya.com)

Kegiatan favorit saat Ramadan versi aku yang berikutnya yaitu beburu baju lebaran. Meskipun harus dilakukan dengan cara yang berbeda a.k.a via online, namun hal ini tetap menjadi salah satu hal yang menyenangkan menurutku.

Sejujurnya aku memang bukan tipikal orang yang harus membeli baju baru di setiap tahunnya, tapi jika memang memungkinkan hal ini biasa aku lakukan bersama keluargaku yang lain, terutama mama sih yang paling doyan belanja. Mama kalian gitu juga gak sih?

5. Mengisi Toples Menjelang Lebaran

Mengisi Toples Menjelang Lebaran
Mengisi Toples Menjelang Lebaran (indahladya.com)

Hayoloh, siapa nih yang paling menanti kegiatan favorit saat Ramadan yang satu ini? Mengisi toples menjelang lebaran adalah hal yang sangat seru menurutku. Salah satunya sih karena aku bisa mencicipi setiap kue yang ada, haha. Kalian begitu juga gak nih?

Meskipun bukan tim “bikin kue sendiri”, tapi kalo tim “nyiapin kue lebaran” sih aku jadi nomor satunya. Entahlah tapi menikmati kue-kue kering di saat lebaran nanti akan menghasilkan suatu vibes yang berbeda dibandingkan ketika kita memakannya selain hari lebaran.

Selain itu, mengisi kue lebaran ini juga biasa aku lakukan bersama mama, biasanya sih sambil ngobrol juga. Jadi makin seru kan?

Nah, itu dia beberapa kegiatan favorit saat Ramadan versi aku di tahun ini. Kamu punya kegiatan favoritmu sendiri di Ramadan di tahun ini? Yuk, sharing sama aku di kolom komentar ya!

Everything About Ladya . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates