Tuesday, May 11

Mengenal Bahasa Cinta Pasangan
Mengenal Bahasa Cinta Pasangan (indahladya.com)

Dalam menjalani suatu hubungan, kita pasti menginginkan yang terbaik bagi pasangan kita. Namun, kamu sudah pernah mencoba mengenal bahasa cinta pasanganmu belum nih?

Meskipun terdengar sepele, namun nyatanya tidak semua hal yang menurut orang lain baik juga akan terasa baik jika dilakukan kepada orang yang lainnya. Karena setiap orang pasti memiliki bahasa cintanya masing-masing.

Apa itu Bahasa Cinta (Love Language)?

Pengertian Bahasa Cinta
Pengertian Bahasa Cinta (indahladya.com)

Sebelum melangkah lebih jauh, kamu udah tahu belum nih, apa sih maksud bahasa cinta yang udah aku sebutin di awal tadi?

Bahasa Cinta atau yang lebih dikenal sebagai Love Language adalah cara bagi seseorang untuk dapat mengekspresikan rasa cintanya kepada orang lain. Jika bahasa cinta ini tidak dipahami dengan baik, maka seseorang tidak akan merasa bahwa dirinya dicintai dengan baik.

Baca Juga : Mengapa Seseorang Bisa Selingkuh?

Meskipun tidak melulu berkaitan dengan hubungan yang romantis, namun bahasa cinta yang akan dibahas kali ini adalah bahasa cinta dalam suatu hubungan percintaan. Karena dengan mencoba mengenal bahasa cinta pasangan kita, tentunya akan mempermudah kita dalam mengetahui hal apa saja yang perlu dilakukan dan hal apa saja yang perlu dihindari.

Mengapa Perlu Mengenal Bahasa Cinta Pasangan?

Alasan Mengenal Bahasa Cinta Pasangan
Alasan Perlu Mengenal Bahasa Cinta Pasangan (indahladya.com)

Setiap orang memiliki bahasa cinta yang berbeda. Meskipun katanya kamu udah klik banget nih sama satu orang ini, belum tentu bahasa cintanya juga sama loh.

Baca Juga : 8 Rules dalam Hubungan yang Tidak Boleh Kamu Abaikan

Kamu pernah gak melihat seseorang yang merasa sangat sedih ketika pasangannya melupakan hari ulang tahunnya? Di kasus yang lain, justru ada beberapa pasangan yang merasa oke-oke aja ketika pasangannya tidak mengingat hari ulang tahunnya tersebut. Nah, di sinilah perbedaan bahasa cinta itu bekerja.

Sesuatu yang mungkin terlihat sangat penting bagi sebagian besar orang, belum tentu menjadi sepenting itu di sebagian kecil lainnya. That’s why, kita perlu mencari tahu dulu nih kira-kira pasangan kita memiliki bahasa cinta yang mana. Karena kita tetap tidak bisa memukul rata apa yang membuat seseorang menjadi merasa dicintai dengan baik.

5 Bahasa Cinta yang Perlu Kamu Ketahui

5 Bahasa Cinta Pasangan
5 Bahasa Cinta Pasangan (indahladya.com)

Bahasa cinta ini menjadi populer setelah hadirnya buku The 5 Love Language karya Gary Chapman. Nah, di dalam buku tersebut setidaknya ada 5 jenis bahasa cinta yang perlu kita ketahui untuk memiliki hubungan yang baik dengan pasangan kita. Yuk, simak penjelasan lengkapnya berikut ini!

1. Pujian

Words of affirmation atau bisa diartikan sebagai kalimat-kalimat yang baik adalah jenis bahasa cinta yang pertama. Semua hal yang berhubungan dengan pujian, apresiasi, bahkan seberapa sering kamu mengucapkan “I love you” akan menjadi hal yang sangat penting untuk tipikal orang yang memiliki bahasa cinta yang pertama ini.

Kalimat-kalimat pujian seperti ini bisa diterima dengan baik oleh seseorang yang memiliki bahasa cinta ini, baik dalam bentuk lisan maupun tulisan. Nah, seseorang dengan bahasa cinta ini akan merasa lebih bersemangat dan lebih dicintai ketika ia menerima pujian/apresiasi dari pasangannya.

Action to Take & Things to Avoid

Ketika kamu memiliki pasangan dengan bahasa cinta berupa “words of affirmation”, kamu perlu mengetahui beberapa hal yang perlu dilakukan, seperti mengirimkan pesan text berisi pujian atau apresiasi secara tiba-tiba. Adapun hal yang perlu kamu hindari adalah menjadi sosok yang tidak peka atau tidak mengapresiasi usaha yang pasanganmu lakukan.

Baca Juga : White Lies Dalam Suatu Hubungan, Bolehkah?

Meskipun terkadang kaum lelaki seringkali dikenal sebagai seseorang yang tidak peka, namun tidak ada salahnya untuk mencoba menjadi seseorang yang lebih mengapresiasi pasanganmu sendiri. Sesimpel memuji hasil karyanya pada hari itu, atau bahkan memberikan apresiasi ketika ia membuatkanmu sebuah menu masakan baru. She will feel very loved!

2. Sentuhan Fisik

Bahasa cinta pasangan yang selanjutnya yaitu physical touch atau sentuhan fisik. Seseorang dengan bahasa cinta berupa sentuhan fisik akan merasa lebih dicintai ketika pasangannya melakukan hal-hal yang berhubungan dengan kontak fisik, seperti menepuk bahu, menggenggam tangannya, atau bahkan memeluknya.

And again, untuk hal yang satu ini hanya boleh dilakukan setelah halal ya! There’s no excuse for this love language. Namun, yang pasti ketika pasangan halalmu memiliki bahasa cinta yang satu ini, maka pastikan untuk tidak melupakan sentuhan fisik ketika mengekspresikan bentuk apresiasi/pujianmu agar ia merasa lebih dicintai.

Action to Take & Things to Avoid

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, untuk membuat pasanganmu merasa lebih dicintai kamu bisa melakukan sentuhan fisik seperti menggenggam tangannya ketika tengah bepergian ke suatu tempat. Dan tentu saja hal yang perlu dihindari adalah mengabaikan sentuhan fisik ini sendiri.

Jika kamu adalah pasangan yang halal, tidak ada salahnya untuk melakukan beberapa sentuhan fisik yang wajar ketika sedang bepergian dengan pasanganmu, sesimpel menggenggam tangan pasanganmu tadi contohnya.

3. Hadiah

Kamu pernah gak sih melihat seseorang yang ngambek karena pasangannya lupa mempersiapkan suatu hadiah di hari ulang tahun / hari anniversary kalian? Nah, bisa jadi hal ini dikarenakan bahasa cinta yang dimiliki oleh seseorang tersebut berupa hadiah. Jadi, ketika ia tidak menerima bahasa cinta tersebut, maka akan timbul perasaan sedih dan kecewa terhadap pasangannya.

Action to Take & Things to Avoid

Ketika kamu memiliki pasangan dengan bahasa cinta berupa hadiah, maka kamu perlu mencatat pasti hari-hari penting bersama pasanganmu, contohnya hari ulang tahunnya, hari pertunangan, dan bahkan hari pernikahan kalian.

Karena bagi seseorang dengan bahasa cinta berupa hadiah ini, maka hari-hari penting tersebut akan menjadi suatu momen yang sangat spesial bagi mereka. Pasangan dengan bahasa cinta ini juga biasanya merasa senang ketika ia diapresiasi setelah memberikan pasangannya suatu hadiah. Jadi, hindari untuk menjadi seseorang yang tidak ekspresif ketika menerima hadiah dari pasanganmu yang memiliki bahasa cinta yang satu ini ya!

4. Quality Time

Terkadang beberapa orang juga memiliki bahasa cinta berupa quality time atau waktu yang berkualitas bersama pasangannya. Pasangan dengan bahasa cinta yang satu ini akan sangat menghargai ketika mereka bisa menghabiskan waktu bersama pasangannya atau sesimpel melakukan suatu hal secara bersama-sama.

Action to Take & Things to Avoid

Jika kamu memiliki pasangan dengan bahasa cinta berupa quality time, maka kamu harus menyediakan satu waktu yang bisa kamu habiskan bersama pasanganmu. Tidak perlu lama, yang penting dalam satu waktu tersebut kamu bebas bisa membahas apa saja dengan pasanganmu.

Seseorang dengan bahasa cinta berupa quality time ini mungkin akan merasa agak kesulitan ketika akan menjalani hubungan LDR, namun tentunya semua bisa diatasi dengan baik kok, asalkan kamu dan pasanganmu sama-sama memiliki komitmen untuk meluangkan waktu bersama-sama.

Again, tidak perlu terlalu lama, yang pasti bisa menghapus rasa rindumu dengan pasangan setelah lelah menjalani rutinitas dan aktivitasmu di hari itu. Percayalah, seseorang dengan bahasa cinta satu ini akan sangat menghargai 1 telpon darimu. Yang penting, kamu tidak mengabaikan dia terlalu lama, agar ia tidak merasa kesal karena bahasa cintanya merasa tidak terpenuhi dengan baik.

5. Pelayanan

Bahasa cinta yang selanjutnya perlu kamu ketahui yaitu sebuah bentuk pelayanan. Seseorang dengan bahasa satu ini akan merasa lebih dicintai ketika ia mendapatkan bantuan atau pelayanan dari pasangannya.

Action to Take & Things to Avoid

Apabila kamu memiliki pasangan dengan bahasa cinta berupa pelayanan, maka kamu harus siap untuk ada di saat ia membutuhkanmu. Sesimpel membantunya melakukan suatu pekerjaan atau bahkan sekedar memberikan saran ketika ia merasa jenuh dengan pekerjaannya. She will feel so much better!

Dan hal yang perlu dihindari tentu saja mengabaikan pasanganmu ketika ia membutuhkan. Sesimpel ketika ia memintamu membantunya membereskan rumah misalnya. Hal sekecil ini bisa jadi masalah besar loh jika kamu tidak memahami bahasa cinta pasanganmu yang satu ini.

Bagaimana Cara Memahami Bahasa Cinta Tersebut?

Cara Mengenal Bahasa Cinta Pasangan
Cara Mengenal Bahasa Cinta Pasangan (indahladya.com)

Nah, setelah mengetahui 5 jenis bahasa cinta pasangan tadi, maka mungkin kamu akan bertanya-tanya bagaimana cara mengetahui bahasa cinta tersebut. Apalagi untuk kaum laki-laki yang biasanya lebih kurang peka nih, haha.

Hal yang perlu kamu lakukan adalah sesimpel memperhatikan ekspresinya ketika kamu melakukan suatu hal, misalkan ketika kamu memberikannya apresiasi dan ia menunjukkan ekspresi sangat senang setelahnya, maka bisa jadi pasanganmu tersebut memiliki bahasa cinta berupa words of affirmation.

Atau kamu juga bisa melihat ekspresinya ketika kamu melupakan suatu hari penting, misalkan ketika kamu melupakan hari ulang tahunnya, dan ketika ia menjadi kecewa ataupun marah setelahnya, maka bisa jadi ia memiliki bahasa cinta berupa hadiah. Namun, ketika ia terlihat biasa-biasa saja, mungkin memang bukan hadiah yang menjadi bahasa cinta pasanganmu tersebut.

Selain cara di atas, kamu juga bisa melakukan pertanyaan secara langsung, kira-kira dia lebih suka diperlakukan seperti apa. Hal ini tentunya akan menjadi lebih simpel toh dibandingkan menerka-nerka bahasa cinta pasanganmu sendiri?

Ketahuilah bahwa mengenal bahasa cinta pasangan adalah salah satu hal yang penting untuk dilakukan. Misalkan ketika istrimu memiliki bahasa cinta berupa pelayanan dan suami memiliki bahasa cinta berupa pujian, nah ketika sang suami membantu membereskan rumah kemudian istrinya memuji dan mengapresiasi usaha suaminya tersebut, maka kedua jenis bahasa cinta ini akan sama-sama saling terpenuhi bukan? Kebayang kan gimana pentingnya memahami bahasa cinta pasanganmu ini sendiri?

Nah, kamu punya cerita unik gak nih ketika mencoba mengenal bahasa cinta pasanganmu? Yuk, sharing sama aku di kolom komentar ya! 

Everything About Ladya . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates