Friday, May 7

5 Menu Sahur Favorit
5 Menu Sahur Favorit (indahladya.com)

Kebanyakan orang memilih menu sahur favorit di bulan Ramadan dengan resep masakan yang simpel dan gak butuh waktu lama dalam membuatnya. Namun, selain harus simpel, menu masakan ini juga harus tetap enak dan mengenyangkan. Karena sebagaimana yang kita tahu, menu sahurmu akan sangat mempengaruhi energimu ketika akan beraktivitas saat berpuasa.

Pemilihan Menu Sahur Favorit di Bulan Ramadan

Pemilihan Menu Sahur Favorit
Pemilihan Menu Sahur Favorit (indahladya.com)

Biasanya orang pasti memiliki pertimbangan-pertimbangan sendiri dalam memilih menu sahur favorit mereka di bulan Ramadan. Ada yang lebih suka jenis masakan berkuah karena menjadi lebih segar ketika disantap. Namun, sebagian orang lainnya lebih suka dengan makanan yang tidak terlalu berkuah. It depends on taste, right?

Baca Juga : 5 Resep Andalan Saat Ramadan, Bisa Jadi Inspirasi Menu Buka Puasa nih!

Menu Sahur Favorit di Bulan Ramadan

Menu Sahur Favorit
Menu Sahur Favorit (indahladya.com)

Sama seperti sebagian besar orang lainnya, keluargaku selalu memilih jenis masakan simpel yang akan dihidangkan sebagai menu sahur favorit di bulan Ramadan. Yang penting menu-menu sahur yang dihidangkan ini harus tetap mengenyangkan dan mampu memberikan energi cadangan ketika tengah berpuasa nantinya.

Penasaran sama menu sahur favorit keluargaku? Yuk, simak apa aja yang jadi menu andalan selama sahur di bulan Ramadan versi keluargaku berikut ini!

1. Nasi Goreng

Nasi goreng seringkali dijadikan menu sahur favorit hampir setiap orang di Indonesia. Hal ini dikarenakan cara memasaknya yang simpel sehingga tidak membutuhkan waktu lama selama proses pembuatannya.

Bahkan, saking simpelnya, saat ini sudah banyak tersedia bumbu nasi goreng instan yang dijual dengan berbagai merk. Tinggal kamu lebih suka dan cocok dengan merk bumbu instan nasi goreng yang mana.

Tapi, jujur saja, kalau keluargaku lebih suka dengan bumbu nasi goreng yang dibuat sendiri ya, haha. Entahlah, tapi rasa yang ditawarkan pun jadi jauh lebih natural dan enak. Kalian ngerasa gitu juga gak sih?

Baca Juga : Yuk, Belajar Masak dari Channel Youtube Berikut Ini!

Oh iya, ketika kamu membuat nasi goreng, jangan lupa untuk menambahkan beberapa bahan tambahanan lainnya. Kamu bisa menggunakan taburan suiran ayam, oseng tempe, atau bahkan telur sebagai pelengkap menu sahur favoritmu yang satu ini.

2. Soto Ayam

Menu sahur favorit di bulan Ramadan selanjutnya yaitu soto ayam. Nah, siapa sih yang gak suka sama menu sahur yang satu ini? Menu masakan berkuah biasanya akan sangat cocok untuk dikonsumsi saat sahur karena akan memberikan rasa segar seusai menyantapnya.

Soto ayam adalah menu masakan dengan bahan utama berupa ayam yang ditambah dengan beberapa bahan tambahan lainnya seperti sayur-sayuran kol dan tomat. Bahkan, beberapa orang juga terbiasa untuk menambahkan bihun ke dalam soto ayam versi mereka.

Jadi, kamu bisa banget untuk berkreasi dengan menu sahur favoritmu yang satu ini loh. Gimana, tertarik untuk mencoba?

3. Capcay Kuah

Capcay adalah salah satu menu sahur favorit orang Indonesia. Hal ini dikarenakan banyaknya sayur-sayuran yang terdapat dalam satu porsi capcay yang sangat pas untuk menjadikan menu masakan satu ini sebagai makanan saat sahur.

Namun, capcay ini sendiri bisa kamu masak dengan 2 tipe. Ada resep capcay yang kering dan juga ada capcay kuah. Cara memasaknya pun kurang lebih sama, meskipun ada beberapa perbedaan seperti ketika menambah sejumlah air ke dalam capcay yang dibuat.

Nah, kalau untuk menu sahur favorit keluargaku sih prefer capcay kuah. Karena mengonsumsi makanan-makanan yang berkuah itu emang bikin lebih seger. Selain itu, jadi bisa mencegah dehidrasi juga ketika menjalankan aktivitas selama berpuasa nantinya. Kalau kamu, tim capcay kering atau capcay kuah nih?

4. Sop Ayam

Masih dengan menu masakan berkuah lainnya, sop ayam adalah menu sahur favorit yang diminati mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Selain karena rasanya yang lezat, sop ayam ini juga diminati karena cara memasaknya yang cenderung simpel sehingga tidak membutuhkan waktu yang lama ketika akan menghidangkannya saat sahur.

Untuk membuat sop ayam, kamu perlu menyediakan beberapa bahan seperti ayam, sayur-sayuran seperti wortel, kentang, tomat, dan kembang kol. Untuk bahan tambahan lainnya, bisa kamu variasikan sendiri sesuai seleramu loh.

Biasanya sop ayam ini akan menjadi menu andalan ketika akan sahur di bulan Ramadan. Karena cara memasaknya tidak terlalu ribet, apalagi kalau kamu sudah mempreparasi semua bahan-bahan yang akan digunakan sejak malam sebelum sahur tersebut. Jadi lebih simpel lagi kan?

5. Tumis Kangkung

Kangkung adalah salah satu menu sahur favorit di keluargaku. And again, salah satunya karena cara memasaknya yang simpel. Dan teruntuk aku yang memang tidak begitu suka dengan sayur-sayuran, tapi kangkung justru menjadi menu favoritku.

Entahlah, aku merasa bahwa rasa yang ditawarkan dari kangkung ini lebih bisa diterima oleh lidahku sebagai bukan penggemar sayur tulen. Jadi, supaya tetap bisa mengonsumsi sayur, biasanya kangkung akan menjadi pilihan utamaku.

Biasanya keluargaku akan mengolah kangkung ini ke dalam beberapa jenis masakan, salah satunya dengan membuat tumis kangkung. Tidak perlu waktu lama yang lama selama proses pembuatannya, karena tumis kangkung hanya memerlukan bahan utama berupa kangkung dan beberapa bahan tambahan lainnya seperti teri (opsional) dan beberapa bumbu-bumbu tambahan lainnya.

Selain simpel, hidangan tumis kangkung ini juga sangat enak untuk dikonsumsi saat sahur. Karena seperti yang kita tahu, sayur merupakan salah satu bahan makanan yang wajib kita konsumsi saat sahur bukan?

Nah, itu dia beberapa menu sahur favorit versi keluargaku. Kalau kamu, lebih suka menu sahur yang mana nih? Sharing sama aku di kolom komentar ya!

Everything About Ladya . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates