Monday, May 10

5 Momen Lebaran Paling Berkesan
5 Momen Lebaran Paling Berkesan (indahladya.com)

Lebaran sebentar lagi, kamu masih ingat gak sih apa aja momen lebaran paling berkesan bersama keluargamu saat ini?

Meskipun lebaran tahun ini harus kembali diselimuti dengan suasana pandemi, namun hal ini seharusnya tidak menyurutkan semangatmu dalam menuju hari lebaran yang tinggal menghitung hari.

Momen Lebaran Paling Berkesan

Momen Lebaran Paling Berkesan
Momen Lebaran Paling Berkesan (indahladya.com)

Momen lebaran adalah momen yang paling ditunggu-tunggu oleh umat muslim di seluruh penjuru dunia. Selain untuk kembali suci, kamu juga pastinya menantikan saat-saat untuk saling bermaafaan yang menjadikan hal tersebut momen lebaran paling berkesan untukmu.

Teruntuk aku sendiri yang sudah menjalani momen lebaran dalam beberapa situasi dan kondisi, tentunya ada beberapa momen yang memiliki makna tersendiri sehingga menjadi momen lebaran paling berkesan untukku. Berikut 5 momen lebaran paling berkesan versi aku ya!

1. Bersih-Bersih Rumah Menjelang Lebaran

Membersihkan Rumah Menjelang Lebaran
Membersihkan Rumah Menjelang Lebaran (indahladya.com)

Sepertinya setiap keluarga pastinya akan bergotong royong dan saling membantu ketika menjelang lebaran. Salah satu hal yang biasa dilakukan di saat-saat menjelang lebaran ini yaitu bersama-sama membersihkan rumah.

Simpel saja, karena ketika lebaran akan ada beberapa keluarga yang mungkin akan bersilaturahmi ke rumah kita. Apalagi jika orang tuamu adalah anggota keluarga yang dituakan sehingga mau tak mau rumahmu harus menjadi titik kumpul dari seluruh anggota keluargamu ketika lebaran.

Baca Juga : 10+ Kue Khas Lebaran yang Wajib Ada di Rumah, Ada Kue Favoritmu di Sini?

Biasanya bersih-bersih rumah ini akan dilakukan sekitar H-2 hingga H-1 menjelang lebaran. Eits, gak cuma bagian ruang tamunya saja. Kamu juga harus kerja ekstra untuk membereskan kamarmu. Karena kalau kata orang tua sih “beresin geh kamarnya, biar gak malu kalau ada tamu!”. Padahal mah, tamu mana yang mau masuk ke kamar ya? Haha.

Namun, nyatanya memang rutinitas-rutinitas seperti ini sudah biasa dilakukan oleh keluargaku. Yang biasanya mungkin beres-beres rumah ala kadarnya, maka ketika menjelang lebaran harus serba ekstra nih.

Salah satu hal yang paling terlihat ketika beres-beres menjelang lebaran yaitu ketika menyusun ruang tamu agar bisa menampung anggota keluarga lebih banyak, bisa diakali dengan memasang ambal misalnya. Kalau di rumahmu juga gitu gak sih?

2. Malam Takbiran

Malam Takbiran
Malam Takbiran (indahladya.com)

Momen lebaran paling berkesan berikutnya hadir tepat satu hari menjelang lebaran, yaitu ketika malam takbiran. Malam takbiran adalah saat-saat paling emosional di dalam hidupku.

Untuk aku yang memang sangat sensitif ini, ketika mendengar suara takbiran maka bisa dengan mudahnya menangis begitu saja. Entahlah, mungkin ini adalah salah satu wujud syukurku karena telah dipertemukan kembali dengan bulan Ramadan di tahun itu. Sekaligus sebagai pelepas rasa sedih karena ternyata bulan Ramadan akan segera berlalu.

Namun, aku memiliki momen malam takbiran yang paling berkesan di antara malam takbiran lainnya, yaitu ketika aku masih menjadi santriwati di salah satu pondok pesantren.

Aku masih sangat ingat, saat itu para santriwati tidak boleh pulang ke kampung halamannya sebelum menjalankan ibadah sholat Ied di pondok pesantren tersebut. Nah, satu malam sebelumnya, yaitu ketika malam takbiran, para santriwati mengelilingi lingkungan pondok pesantren tersebut sembari membawa obor dan mengucapkan lafadz-lafadz dari kalimat takbiran tersebut.

Wah, rasa haru yang sangat luar biasa bisa aku rasakan di saat itu juga. Dan hingga saat ini, itu adalah malam takbiran yang paling berkesan seumur hidupku.

3. Sholat Ied Bersama

Sholat Ied Bersama
Sholat Ied Bersama (indahladya.com)

Seusai melewati momen malam takbiran, maka keesokan harinya kamu akan dipertemukan dengan momen lebaran paling berkesan yang berikutnya, yaitu sholat ied bersama.

Meskipun lagi-lagi di tahun ini kita harus membatasi jarak antara satu sama lain, namun jujur saja bahwa momen sholat ied bersama ketika dunia masih normal sungguh menjadi momen yang paling aku tunggu-tunggu.

Diikuti dengan lisan yang bertakbir, kita juga dipertemukan dengan orang-orang di sekitar kita yang mungkin selama ini tidak sempat untuk berbicara lebih dekat.

Dan anehnya, siapapun orang yang sholat di sebelah kita bisa menjadi sosok yang seolah sangat dekat dengan kita. Saling bermaafan, berbincang tentang hal-hal lain, seolah memang pernah berbicara sedekat ini sebelumnya. 

Entahlah, apakah ini yang memang disebut sebagai ikatan persaudaraan umat muslim? Yang jelas, ini adalah salah satu momen lebaran paling berkesan dan paling mengharukan setelah malam takbiran tadi.

4. Bersilaturahmi ke Rumah Anggota Keluarga

Bersilaturahmi ke Rumah Keluarga
Bersilaturahmi ke Rumah Keluarga (indahladya.com)

Nah, setelah selesai menunaikan ibadah sholat Ied, maka selanjutnya kamu bisa berkunjung dan bersilaturahmi ke rumah anggota keluarga yang lainnya. Tapi, kalau rumahmu menjadi titik kumpul anggota keluargamu yang lain sih ya tinggal duduk cantik aja di rumah ya, haha.

Berhubung rumahku hanya beranggotakan 3 orang termasuk aku sendiri, jadi biasanya aku bersama papa dan mama akan berkunjung ke rumah anggota keluarga yang lainnya, di awali dengan mengunjungi rumah nenek dan kakekku terlebih dahulu.

Nah, di momen inilah biasanya kita akan saling bersilaturahmi dan saling memaafkan satu sama lain. Wah, pasti kamu juga merasakan momen haru ini di setiap lebaran ya?

5. Bagi-Bagi THR

Bagi-Bagi THR
Bagi-Bagi THR (indahladya.com)

Setelah membahas momen-momen haru sebelumnya, saatnya membahas momen yang bikin bahagia nih. Siapa sih yang gak suka sama THR? Selagi THR artinya Tunjangan Hari Raya, pasti semua pada suka dong? Kecuali kalau THR yang artinya Tugas Hari Raya, hihi, yang masih jadi mahasiswa pasti bakal pada ngeluh nih.

Biasanya THR ini akan diberikan ketika bersilaturahmi ke tempat anggota keluarga kita. Namun, biasanya THR ini punya batasan usia nih. Hayo siapa yang sekarang usianya udah gak masuk persyaratan untuk dapet THR lagi nih? Tos, kita sama!

Ketika masih kecil dulu, pasti semangat banget tuh kan untuk berkunjung ke rumah anggota keluarga / tetangga supaya dapet THR, hihi. Kalau udah gede seperti sekarang udah waktunya ngasih THR, bukan nunggu dapet THR lagi, hihi. Yuk yuk semangat biar bisa segera bagi-bagi THR juga!

Nah, jadi itu dia 5 momen lebaran paling berkesan versi aku dan keluargaku. Kamu punya momen lebaran paling berkesan lainnya? Yuk, sharing sama aku di kolom komentar ya!

Everything About Ladya . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates