Saturday, May 1

Momen di Bulan Ramadan
Momen di Bulan Ramadan (indahladya.com)

Ada begitu banyak momen di bulan Ramadhan yang bisa membuat kita rindu akan hadirnya bulan suci umat islam tersebut. Terkadang sampai suka bingung sih kalau ditanyain “momen di bulan Ramadhan yang mana sih yang paling bikin kamu rindu?”, karena nyatanya hampir semua kegiatan di bulan Ramadhan adalah kegiatan yang sangat indah untuk dikenang

Tidak hanya makanannya yang khas, bulan Ramadhan juga semakin terlihat spesial dengan hadirnya beberapa kegiatan yang hanya bisa kita lakukan saat bulan Ramadhan saja, salah satunya melakukan ibadah sholat tarawih.

Selain untuk meningkatkan keimanan kita kepada Sang Pencipta, bulan Ramadhan juga memberikan kesempatan bagi kita untuk bisa berkumpul bersama keluarga. Yang mungkin awalnya suka makan sendiri-sendiri di kamar, waktu bulan Ramadhan biasanya justru jadi membaur bersama di meja makan, minimal saat berbuka puasa sih. Iya apa iya?

Momen Berpuasa yang Berbeda

Momen Berpuasa yang Berbeda
Momen Berpuasa yang Berbeda (indahladya.com)

Sayangnya, bulan Ramadhan kali ini harus kembali dibaluti dengan suasana pandemi. Yang mana berarti ada beberapa kegiatan yang harus kita batasi selama bulan Ramadhan tahun ini.

Tak terasa sudah dua kali bulan Ramadhan berlangsung di tengah pandemi kali ini. Mungkin yang dulunya sempat berharap bahwa bulan Ramadhan tahun ini akan berbeda dengan bulan Ramadhan tahun lalu harus kembali kecewa karena kita masih dihadapkan dengan permasalahan pandemi yang sama.

Sebelum pandemi berlangsung, tentunya kita masih bisa mendengarkan gelak tawa dari anak-anak kecil yang berkumpul di masjid saat melaksanakan ibadah tarawih. Kalau saat ini, beberapa masjid masih menerapkan aturan agar sebaiknya para jemaah tidak membawa anak-anak. Dan tentunya ini dilakukan demi kebaikan bersama.

Terlebih lagi beberapa aturan-aturan selama pandemi lainnya yang semakin membuat bulan Ramadhan ini terasa berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Namun, tentunya hal ini tidak boleh menurunkan semangat kita dalam berpuasa loh. Setuju kan?

5 Momen di Bulan Ramadhan Versi Anak Kos

5 Momen di Bulan Ramadan
5 Momen di Bulan Ramadan Versi Anak Kos (indahladya.com)

Sebagai seorang mahasiswi yang pernah mengalami masa-masa menjadi anak kos, tentunya aku memiliki momen di bulan Ramadhan tersendiri dengan teman-teman satu kosku yang lainnya. Penasaran? Yuk, simak 5 momen di bulan Ramadhan versi anak kos berikut ini!

1. Mempersiapkan Sahur Bersama

Mempersiapkan Sahur Bersama
Mempersiapkan Sahur Bersama (indahladya.com)

Mempersiapkan sahur bersama adalah momen di bulan Ramadhan yang paling dirindukan saat ini. Meskipun nyatanya aku termasuk jarang untuk mempersiapkan sahur bersama teman-teman yang lain. Maklum, anaknya penyendiri, hehe.

Namun, tentunya aku pernah mengalami momen berharga ini. Biasanya sih beberapa bahan makanan sudah dipersiapkan sejak malam. Jadi, ketika sahur nanti bisa langsung dieksekusi saja beberapa bahan yang telah disiapkan tersebut. Hitung-hitung juga sebagai antisipasi jika kita terlambat untuk bangun sahur, jadi gak perlu gelagapan lagi deh.

2. Mencari Takjil

Mencari Takjil
Mencari Takjil (indahladya.com)

Momen di bulan Ramadhan yang paling memorable berikutnya yaitu saat mencari takjil. Hayo, kegiatan favoritnya siapa nih? Ketika masih menjadi anak kos dulu, kegiatan mencari takjil ini merupakan salah satu kegiatan yang paling aku tunggu-tunggu.

Meskipun nyatanya aku gak pernah beli takjil yang hanya karena sekedar lapar mata sejenak. Tapi, melihat banyaknya variasi takjil yang dijual di sekitar kosku saat itu membuatku ikut senang dengan suasana bulan Ramadhan yang terasa semakin khas dan spesial.

Mulai dari takjil yang berupa goreng-gorengan seperti bakwan, tahu isi, mpek-mpek dan gorengan lainya, hingga beberapa takjil yang populer seperti laksan dan beberapa makanan manis tentunya akan sering kita temui ketika sedang ngabuburit sembari berburu takjil menjelang berbuka puasa saat bulan Ramadhan.

3. Tarawih di Masjid

Tarawih di Masjid
Tarawih di Masjid (indahladya.com)

Tarawih di masjid adalah momen di bulan Ramadan yang paling memorable berikutnya. Ketika aku belum menjadi anak kos, biasanya aku pergi tarawih bersama orang tuaku. Nah, semenjak menjadi anak kos, tentunya aku bisa melakukan hal ini bersama teman-teman kosku yang lain.

Pasti kalian bakal rindu banget deh sama kegiatan-kegiatan seperti mengetuk dari satu pintu kamar ke pintu kamar lainnya untuk saling mengajak pergi ke masjid setelah berbuka puasa. Belum lagi kalau perginya udah mepet adzan Isya’ terkadang langkah kakinya kudu dicepet-cepetin tuh supaya gak ketinggalan jemaah yang lain. Iya apa iya?

4. Buka Puasa Bersama

Buka Puasa Bersama
Buka Puasa Bersama (indahladya.com)

Gak kalah seru dari momen mempersiapkan sahur bersama, momen berbuka puasa bersama ini juga termasuk kegiatan yang ditunggu-tunggu selama bulan Ramadhan loh. Kalau lagi bosen buka puasa di kamar, biasanya sih beberapa anak kos lebih suka untuk berbuka puasa di luar. Sekedar pergi ke tempat makan sekitar kos pun udah berasa mewah banget loh saat itu, haha.

Baca Juga : Yuk, Belajar Masak dari Chanel Youtube Berikut Ini!

Lain ceritanya kalau lagi berada di masa akhir bulan nih. Terkadang sebagian besar anak kos cenderung ngirit kalau udah berada di akhir-akhir bulan. Satu-satunya cara sih beli bahan makanan terus diolah sendiri deh sama temen-temen kos yang lain. Meskipun sederhana, hal ini tentunya bakalan jadi kegiatan yang memorable banget ketika kamu sudah lulus kuliah nanti loh. Jadi, manfaatkan momen ini sebaik mungkin yah!

5. Mudik ke Kampung Halaman

Mudik ke Kampung Halaman
Mudik ke Kampung Halaman (indahladya.com)

Ketika sudah berada di pengujung bulan Ramadhan, biasanya udah banyak mahasiswa yang mulai mudik nih. Sebagaimana anak kos yang berasal dari berbagai macam daerah dan wilayah.

Eits, sebelum kalian bingung meskipun rumah dan kampusku bisa ditempuh dalam jangka waktu kurang lebih 1 sampai 2 jam saja, tapi aku juga merasakan momen mudik ini loh. Meskipun mungkin gak sejauh kampung halaman teman-teman yang lainnya. Percayalah perpisahan dengan teman-teman yang lain ketika menjelang hari raya Idul Fitri merupakan salah satu paling mengharukan loh.

Bagaimana mungkin yang selama ini saling ngingetin sahur, terkadang juga buka puasa bersama, jadi harus tiba-tiba terpisah untuk berkumpul kembali dengan keluarganya masing-masing. Bakal terharu banget pastinya kan?

Nah, itu dia 5 momen di bulan Ramadhan yang membuatku rindu dengan masa-masa ketika menjadi anak kos. Kalau kamu, punya kegiatan paling memorable apa nih selama bulan Ramadhan? Yuk, sharing sama aku di kolom komentar ya!

Everything About Ladya . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates