Saturday, May 8

Rutinitas Sebelum Berbuka Puasa
Rutinitas Sebelum Berbuka Puasa (indahladya.com)

Setiap orang memiliki rutinitas sebelum berbuka puasa yang berbeda-beda. Beberapa di antaranya mungkin lebih senang untuk menghabiskan waktu untuk berburu takjil keluar rumah. Namun, tidak jarang yang lebih memilih untuk menunggu waktu berbuka puasa sembari mengerjakan hal lain di dalam rumah. Kalau kamu termasuk tipe yang mana nih?

Rutinitas Sebelum Berbuka Puasa

5 Rutinitas Sebelum Berbuka Puasa
Rutinitas Sebelum Berbuka Puasa (indahladya.com)

Rutinitas sebelum berbuka puasa atau yang biasa lebih dikenal orang sebagai ngabuburit adalah hal yang paling ditunggu-tunggu oleh sebagian besar orang. Apalagi sebelum pandemi ini menyerang dunia. Wah, kebayang ya rame dan serunya seperti apa ketika menunggu waktu menjelang berbuka puasa ini?

Baca Juga : 10+ Tips Meningkatkan Produktivitas Saat Puasa, Gak Boleh Mager Terus ya!

Nah, kira-kira rutinitas sebelum berbuka puasa apa aja sih yang bisa kamu lakukan di bulan Ramadan kali ini. Yuk, simak selengkapnya di bawah ini ya!

1. Olahraga

Olahraga
Olahraga (indahladya.com)

Olahraga adalah aktivitas yang wajib kamu lakukan meskipun tengah berpuasa. Jadi, puasa ini bukan menjadi penghalangmu untuk tetap berolahraga secara rutin ya!

Hanya saja dibutuhkan penyesuaian waktu dan jenis olahraga yang dipilih ketika kamu memutuskan untuk melakukan olahraga saat berpuasa. Salah satu waktu yang bisa kamu pilih yaitu menjelang waktu berbuka puasa.

Nah, oleh karena itu kamu bisa banget nih untuk menjadikan olahraga sebagai rutinitas sebelum berbuka puasa saat Ramadan kali ini. Untuk jenis olahraga bagaimana yang harus dipilih, sudah pernah aku jelaskan sebelumnya di sini ya. Capcus biar gak semakin bingung, langsung klik aja artikelnya!

2. Mempersiapkan Menu Berbuka Puasa

Mempersiapkan Menu Buka Puasa
Mempersiapkan Menu Buka Puasa (indahladya.com)

Rutinitas sebelum berbuka puasa lainnya yang bisa kamu terapkan yaitu mempersiapkan menu berbuka puasa, tentu saja.

Hayo, siapa nih yang suka bantuin mamahnya di dapur? Pasti udah familiar banget ya sama rutinitas yang satu ini. Dengan mempersiapkan menu untuk berbuka puasa, kamu bisa “membunuh” waktu hingga adzan maghrib berkumandang nantinya.

Nah, untuk pemilihan resep makanan apa yang harus dipilih, kamu bisa baca selengkapnya di sini ya! Dijamin bakal disuguhkan sama resep-resep yang simpel namun tetap lezat untuk dihidangkan sebagai menu berbuka puasa loh.

3. Membaca Al Qur’an dan Melakukan Muraj’ah

Membaca Al Quran
Membaca Al Quran (indahladya.com)

Membaca Al Qur’an adalah rutinitas sebelum berbuka puasa yang bisa banget untuk kamu biasakan. Selain untuk mengisi waktu menjelang berbuka puasa, kamu juga bisa menambah pahala dari rutinitas yang satu ini.

Selain membaca Al Qur’an, kamu juga bisa melakukan muraj’ah dari beberapa hapalan yang mungkin sempat terlupa olehmu. Nah, untuk praktik dari hasil muraj’ah mu ini bisa kamu aplikasikan ketika tengah menjadi imam untuk sholat tarawih setelahnya.

Nah, jadi bisa punya pahala double kan? Gimana, kamu tertarik untuk mencoba rutinitas sebelum berbuka puasa satu ini?

4. Membaca Buku dengan Topik Ringan

Membaca Buku
Membaca Buku (indahladya.com)

Membaca buku memang tidak pernah salah untuk menjadi rutinitas sebelum berbuka puasa. Bagi para penggemar buku, pasti akan merasakan hal demikian bukan?

Tidak hanya untuk menambah ilmu, buku juga bisa menjadi salah satu sarana hiburan juga loh. Dan ketika aku menyebutkan “membaca buku”, maka buku yang dimaksud tidak selalu berkutat dengan buku-buku yang serius atau bahkan dengan topik yang berat.

Bacaan buku ringan seperti novel atau bahkan beberapa cerita pendek juga bisa banget untuk kamu jadikan rutinitas sebelum berbuka puasa di tahun ini.

Apalagi untuk seorang blogger sepertiku, membaca buku tentunya adalah hal yang tak terpisahkan dengan kegiatan tulis menulis bukan? Sebagaimana yang telah kita ketahui sebelumnya, bahwa untuk bisa menulis maka kamu harus bisa membaca terlebih dulu.

Jadi, gimana? Tertarik untuk mencoba rutinitas sebelum berbuka puasa yang satu ini?

5. Merapikan Kamar

Merapikan Kamar
Merapikan Kamar (indahladya.com)

Rutinitas sebelum berbuka puasa yang bisa dilakukan selanjutnya yaitu merapikan kamar. Hayo, siapa nih yang lebih suka beres-beres kamar di waktu mepet? Haha.

Dengan rutinitasku saat ini yang menjalankan kuliah secara online, kamar tentunya menjadi satu-satunya tempat ternyaman, di mana aku bisa menghabiskan waktu seharian. Mulai dari belajar via online, mengerjakan tugas-tugasku, bahkan untuk melakukan istirahat setelahnya.

Banyak yang bilang bahwa ketika melakukan pembelajaran secara online, maka waktu yang dibutuhkan justru lebih banyak dibandingkan ketika melakukan pembelajaran secara offline. Alhasil, pasti ada aja tuh tugas-tugas yang bikin kita harus tetap stay di depan laptop meskipun hari telah menjelang sore.

Nah, ketika menjelang adzan maghrib, biasanya aku mulai menyudahi rutinitas kuliah online-ku di hari itu. Entah pembelajarannya, atau bahkan tugas-tugasnya. Aku biasanya memanfaatkan waktu “mepet” sebelum adzan maghrib tersebut untuk melakukan beres-beres kecil terhadap kamarku.

As we know, sebagai seseorang yang tidak punya tempat kerja khusus, kamar adalah tempat tidur sekaligus tempa kerja (belajar) bagiku. Jadi, setelah selesai belajar harus segera dibereskan agar bisa tidur lebih nyaman setelahnya bukan?

Nah, sebagai seseorang yang tidak bisa belajar secara rapi. Pasti ada saja barang-barang seperti kertas atau bahkan beberapa file yang berserakan di kamarku tersebut. Dengan membereskannya sedikit demi sedikit sembari menunggu waktu berbuka puasa, maka hal ini akan memudahkanku untuk bisa istirahat lebih cepat setelahnya nanti.

Kalau kamu juga merupakan salah satu pejuang sistem pembelajaran online, bisa banget nih untuk mencoba rutinitas sebelum berbuka puasa yang satu ini!

Nah, jadi itu dia 5 rutinitas sebelum berbuka puasa yang sering aku lakukan di bulan Ramadan kali ini. Kalau kamu punya lebih suka nungguin buka puasa sambil melakukan aktivitas yang mana nih? Sharing sama aku di kolom komentar ya!

Everything About Ladya . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates