Sunday, May 2

Tips Berpuasa Saat Pandemi
Tips Berpuasa Saat Pandemi (indahladya.com)

Berpuasa saat pandemi adalah hal yang tak terasa sudah kita lakukan selama dua kali bulan Ramadan ini. Sebagaimana tahun lalu kita dihadapkan dengan pandemi Covid 19, di mana mau tak mau kita harus mengurangi beberapa aktivitas yang mungkin selama ini terbiasa kita lakukan selama bulan Ramadan.

Tak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya, lagi-lagi kita masih menghadapi situasi dan kondisi yang sama di tengah pandemi Covid 19 saat ini. Meskipun nyatanya vaksin sudah mulai digalakkan oleh pemerintah, namun tentunya kita masih perlu untuk menerapkan protokol kesehatan yang ada.

Menyambut bulan Ramadan di Tengah Pandemi Covid 19

Ramadan di Tengah Pandemi
Ramadan di Tengah Pandemi (indahladya.com)

Bulan suci Ramadan adalah hal yang paling ditunggu-tunggu oleh para umat islam di seluruh dunia. Sebagaimana dikenal dengan bulan penuh ampunan, bulan Ramadan ini juga dapat membuat kita kembali berkumpul dengan para anggota keluarga.

Yang mungkin sebelumnya selalu sibuk dengan urusan masing-masing, maka di bulan Ramadan ini biasanya para anggota keluarga akan berkumpul di satu meja makan, minimal ketika berbuka puasa.

Baca Juga : 5 Momen di Bulan Ramadan yang Paling Bikin Rindu Versi Anak Kos

Jangan salah, momen berkumpul di meja makan ini sudah hampir tidak dilakukan oleh sebagian besar keluarga loh, karena perihal kesibukan dan yang lainnya. Jadi, jika kamu masih memiliki kesempatan untuk bisa berkumpul dan bertukar pikiran di meja makan bersama keluarga kecilmu, maka jangan lupa untuk mensyukuri setiap waktu yang ada ya!

Meskipun nyatanya pandemi Covid 19 ini telah menyerang hampir seluruh aspek kehidupan kita saat ini. Namun, momen berkumpul dengan keluarga sepertinya tidak begitu terkena dampaknya. Justru menurut pandanganku, pandemi ini bisa lebih mendekatkan kita yang mungkin selama ini malah sibuk bukber di sana sini sampai melupakan momen kebersamaan dengan keluarga kita sendiri. Iya apa iya?

Perbedaan Ketika Berpuasa Saat Pandemi

Berpuasa Saat Pandemi
Berpuasa Saat Pandemi (indahladya.com)

Namun, jika ditanya mengenai perbedaan dalam berpuasa saat pandemi dibandingkan sebelum pandemi kali ini, tentunya pasti ada yang berbeda dong. Salah satunya kebiasaan tarawih yang mungkin selama ini biasa kita lakukan di masjid, bahkan hingga membawa anak dan keponakan kita kesana.

Sayangnya, ketika pandemi Covid 19 kali ini jika pun ingin melakukan tarawih di masjid, maka harus tetap menerapkan protokol kesehatan yang ada. Dan menurut sepengetahuanku, beberapa masjid memberlakukan aturan agar tidak membawa anak-anak ke masjid. Yang tentunya hal ini dilakukan demi kebaikan kita bersama.

7 Tips Berpuasa Saat Pandemi

7 Tips Berpuasa Saat Pandemi
7 Tips Berpuasa Saat Pandemi (indahladya.com)

Meskipun awalnya cukup kaget untuk menghadapi bulan suci Ramadan dengan suasana yang berbeda kali ini. Namun, hal ini tentunya tidak boleh meluruhkan semangat kita untuk meningkatkan iman dan berusaha tetap produktif di bulan suci Ramadan kali ini. Nah, berikut ini tips berpuasa saat pandemi yang bisa kamu terapkan saat ini loh!

1. Istirahat yang Cukup

Tips berpuasa saat pandemi yang pertama yaitu istirahat yang cukup. Ketika akan melaksanakan ibadah puasa, tentunya kita harus mempersiapkan kesehatan tubuh kita sebaik mungkin. Apalagi kita membutuhkan energi ketika akan mempersiapkan sahur pada waktu di mana kita biasanya masih tertidur lelap tuh.

Nah, hal inilah yang membuatmu harus tidur cukup supaya tidak kesiangan ketika akan sahur kan? Selain itu, kamu juga pastinya membutuhkan konsentrasi ketika akan melakukan aktivitas di pagi dan siang hari selama berpuasa saat pandemi kali ini. Jangan sampai konsentrasimu dalam belajar ataupun bekerja jadi terganggu karena kamu kurang tidur ya!

2. Berolahraga Ringan

Berpuasa saat pandemi tidak boleh untuk dijadikan alasan agar kita men-skip rutinitas yang satu ini. Meskipun berpuasa, tetap perlu berolahraga dong ya? Tapi, kamu bisa meminimalisir aktivitas-aktivitas yang bisa membuatmu gampang lelah, seperti olahraga kardio dan sebagainya.

Selain itu, kamu juga bisa mengatur waktu kapan saat terbaik untuk dirimu bisa berolahraga. Kalau aku sih, biasanya suka berolahraga ketika hari mulai sore. Selain karena dekat dengan waktu berbuka puasa, tentunya berolahraga di sore hari ini juga bisa mengisi waktumu untuk ngabuburit kan? Yang biasanya ngabuburit sambil jalan-jalan kesana-sini bisa nih diganti aktivitas berolahraga yang satu ini. Hitung-hitung untuk meminimalisir aktivitas di luar rumah kan? Haha.

3. Tetap Penuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

Selama berpuasa kita tetap memiliki kebutuhan akan cairan tubuh, sama seperti hari-hari pada umumnya. Jadi, meskipun berpuasa bukan berarti kita harus men-skip kebiasaan minum air putih loh!

Memang nyatanya kita memiliki kebutuhan akan cairan tubuh yang berbeda, tapi rata-rata orang dewasa membutuhkan air sebanyak 2 liter untuk setiap harinya. Jadi, kamu bisa mulai menghitung nih, kira-kira kamu butuh berapa gelas untuk satu harinya.

Kalau aku pribadi sih terbiasa menggunakan gelas berukuran kurang lebih 350 ml untuk sekali minum. Jadi, agar tetap bisa mencapai kebutuhan 2 liter/hari, maka aku membutuhkan setidaknya 6 gelas per hari. Ini minimalnya loh ya.

Nah, kalau sudah tahu berapa gelas per hari yang kamu butuhkan untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuhmu, maka selanjutnya tinggal memilih waktu yang tepat untuk dapat mengonsumsi air dalam beberapa gelas tersebut.

Kalau kamu tanya aku, aku terbiasa mengonsumsi 2 gelas air putih ketika sahur, biasanya sih 1 gelas sebelum makan dan 1 gelas setelah makan, supaya gak sekaligus gitu loh, hehe.

Selanjutnya, karena aku jarang mengonsumsi minuman yang manis-manis, jadi aku bisa menghabiskan 1 sampai 2 gelas air putih ketika berbuka puasa. Untuk sisa kebutuhan air putihnya, biasanya aku menyesuaikan dengan aktivitasku setelah berbuka puasa itu saja. Bisa dibarengi ketika kita makan besar atau bahkan diminum sebelum tidur. Yang penting, kamu memenuhi kebutuhan cairan tubuhmu di hari itu.

Gimana? Jadi gak ada alasan lagi ya untuk skip mengonsumsi air putih dengan  alasan “emangnya bisa diminum kapan lagi? Kan puasa?”. Hayoloh, capcus perbaiki pola minum air putihnya ya!

4. Menyetok Bahan Makanan

Tips berpuasa saat pandemi yang selanjutnya yaitu dengan mempersiapkan stok bahan makanan. Sebagaimana yang kita tahu, pandemi kali ini membuat kita harus membatasi aktivitas di luar rumah. Nah, salah satunya bisa diakali dengan menyetok bahan makanan ini loh.

Kamu pernah dengar food preparation? Nah, itu dia yang aku maksud! Supaya gak capek untuk keluar rumah terus-terusan, lebih baik kita menyetok bahan makanan yang akan kita olah selama kurang lebih 2 minggu, tergantung ketahanan setiap bahan makanannya ya!

Untuk tips food preparation ini udah banyak banget loh yang mempraktekannya, kamu bisa langsung browsing di google aja nih. Dijamin akan mendapatkan pencerahan sejelas-jelasnya! Hehe.

5. Menjaga Pola Makan Saat Sahur dan Berbuka Puasa

Sama seperti menjaga kebutuhan cairan tubuh kita selama berpuasa saat pandemi, menjaga pola makan pun juga harus kita perhatikan ya! Biasakan untuk tetap melakukan makan saat sahur meskipun mungkin ada beberapa orang yang terbiasa untuk bangun hanya untuk niat sahur lalu minum beberapa teguk air dan tertidur kembali.

Selain dengan alasan berkah ketika kita melakukan sahur, sahur ini juga bisa menambah energi kita agar tetap bisa berkonsentrasi ketika beraktivitas selama berpuasa saat pandemi kali ini loh. Jadi, usahakan jangan skip sahur ya!

Selain itu, pola makan ketika berbuka puasa juga perlu kita perhatikan dengan baik. Hindari mengonsumsi makanan terlalu banyak ketika berbuka puasa. Karena hal ini bisa menimbulkan rasa tidak nyaman pada saluran pencernaan kita.

Kamu pernah merasakan begah dan mual ketika terlalu banyak mengonsumsi makanan saat berbuka? Nah, itu adalah salah satu dampak buruknya! Jadi, usahakan untuk mengonsumsi makanan yang cukup dan bergizi seimbang ya! Ingat, segala sesuatu yang berlebihan itu gak baik loh!

6. Mengurangi Aktivitas di Tengah Kerumunan

Tips berpuasa saat pandemi selanjutnya yaitu mengurangi aktivitas di tengah kerumuman. Nah, yang biasanya suka ngabuburit sambil jalan-jalan kesana-sini mungkin bisa diganti dulu nih rutinitiasnya dengan hal yang lain. Karena membuat kerumunan ini justru bisa memberikan risiko untuk banyak orang kan? Yuk, patuhi aturan selama pandemi Covid 19 saat ini!

7. Terapkan Protokol Kesehatan

Masih berhubungan dengan poin sebelumnya, tetap patuhi dan terapkan protokol kesehatan selama pandemi kali ini ya! Aku pun mengerti pasti ada beberapa waktu di mana seseorang harus melakukan aktivitasnya di luar rumah. Namun, ketika melakukan hal tersebut, pastikan untuk tidak lupa menjaga kebersihan tangan, apalagi kalau kamu harus berbuka puasa di luar rumah. Jangan lupa di bawa pandemi starter pack-nya ya!

Nah, itu dia 7 tips berpuasa saat pandemi yang bisa kamu terapkan selama menjalankan ibadah berpuasa di bulan Ramadan tahun ini. Kalau kamu punya tips yang lainnya, sharing sama aku di kolom komentar ya!

Everything About Ladya . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates