Tuesday, May 4

Tips Berolahraga Saat Puasa
Tips Berolahraga Saat Puasa (indahladya.com)

Kata siapa bahwa puasa bisa menjadi penghalangmu untuk berolahraga? Kamu harus mencoba 5 tips berolahraga saat puasa berikut ini terlebih dulu loh!

Meskipun banyak di antara kita yang mengeluhkan rasa lelah, haus, dan lapar ketika berpuasa, namun berpuasa tetaplah tidak bisa dijadikan alasanmu untuk bermalas-malasan. Karena sayang banget gak sih waktu selama bulan Ramadan ini kalau cuma dipakai buat rebahan doang? Hehe.

Baca Juga : 5 Momen di Bulan Ramadan yang Paling Bikin Rindu Versi Anak Kos

Nah, salah satu aktivitas yang bisa tetap kamu lakukan selama berpuasa yaitu berolahraga. “Loh, emangnya gak takut kehausan?”. Eits, tunggu dulu, berpuasa juga punya tips dan trik nya tersendiri loh. Penasaran? Yuk, simak penjelasannya sampai habis ya!

Kenapa Harus Tetap Berolahraga Saat Puasa?

Alasan Berolahraga Saat Puasa
Alasan Berolahraga Saat Puasa (indahladya.com)

Bulan Ramadan adalah waktu di mana para umat muslim melakukan ibadah puasa mulai dari terbit Fajar hingga terbenamnya matahari. Nah, selama waktu kurang lebih 13 jam tersebut bisa kamu manfaat untuk kegiatan-kegiatan produktif lainnya, sama halnya ketika kamu menjalankan rutinitasmu seperti biasa. Hanya saja, mungkin ada beberapa kegiatan yang butuh diporsir kembali terkait pengaturan waktunya.

Baca Juga : 5 Kegiatan Favorit Saat Ramadan, Kamu Lebih Suka yang Mana nih?

Salah satu jenis kegiatan produktif yang bisa tetap kamu lakukan tersebut adalah berolahraga. Tapi, kira-kira kamu tahu gak sih kenapa kita harus tetap berolahraga selama bulan puasa?

Nah, salah satu alasannya yaitu untuk tetap menjaga kebugaran tubuh. Percaya deh, pasti rasanya beda banget ketika kamu lagi rajin olahraga sama kamu yang udah jarang banget buat olahraga. Iya apa iya?

Karena nyatanya gak ada salahnya loh meluangkan sedikit waktumu untuk berolahraga, yang mungkin akan memakan waktu sekitar 10-20 menit saja per harinya.

Selain itu, berolahraga secara rutin saat berpuasa juga bisa mengusir rasa kantukmu loh. Hayoloh, siapa di sini yang suka mengantuk kalau lagi beraktivitas ketika berpuasa? Bisa dicoba dulu nih untuk membiasakan diri berolahraga saat puasa, hehe.

Tips Berolahraga Saat Puasa

5 Tips Berolahraga Saat Puasa
5 Tips Berolahraga Saat Puasa (indahladya.com)

Nah, setelah mengetahui manfaat apa saja yang bisa kamu dapatkan ketika berolahraga saat puasa, udah saatnya kamu mengetahui tips berolahraga saat puasa berikut ini. Yuk, di simak dengan baik ya!

1. Penuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

Penuhi Kebutuhan Cairan Tubuh
Penuhi Kebutuhan Cairan Tubuh (indahladya.com)

Tips berolahraga saat puasa yang pertama yaitu dengan memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Seperti yang sudah kita ketahui sebelumnya, ketika berolahraga maka tubuh kita akan mengeluarkan cairan berupa keringat. Jadi, agar tetap optimal, kamu perlu memenuhi kebutuhan cairan tubuhmu terlebih dulu sebelum memutuskan diri untuk berolahraga saat berpuasa.

Sebagaimana yang telah dianjurkan, orang dewasa membutuhkan setidaknya 2 liter air per hari. Dan aturan ini tetap tidak berubah meskipun kamu tengah berpuasa loh. Kamu hanya perlu mengatur jadwal konsumsi air putihmu agar tetap dapat memenuhi kebutuhan 2 liter per hari tersebut. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa klik di sini ya!

2. Perhatikan Asupan Makanan Saat Sahur dan Berbuka

Asupan Makanan dan Minuman
Asupan Makanan dan Minuman (indahladya.com)

Asupan makanan dan minuman yang bergizi adalah salah satu kunci dari kesiapan seseorang untuk berolahraga saat puasa. Usahakan untuk sahur terlebih dulu apabila kamu memiliki rencana untuk berolahraga di hari itu.

Kenapa aku bilang “usahakan untuk sahur”? Karena pada kenyataannya tidak sedikit orang yang memilih bangun di waktu sahur hanya untuk melafadzkan niat sahur di hari itu lalu meminum beberapa tegukan air kemudian tertidur kembali. Hayo, jangan-jangan kamu salah satunya ya?

Mungkin memang sebagian orang sudah terbiasa dalam melakukan hal ini. Namun, menurut saranku sih sebaiknya kamu sahur terlebih dulu ya! Jangan lupa untuk memperhatikan asupan makanan dan minumanmu saat sahur. Karena sahur ini juga akan berpengaruh besar terhadap energi dan konsentrasimu dalam menjalankan aktivitas di hari itu.

Pada gak mau ngantuk atau lemes sepanjangan kan karena kelupaan sahur? Apalagi kalau kamu pengin berolahraga rutin nih, hehe.

3. Pilih Jenis Olahraga yang Tepat

Memilih Jenis Olahraga
Memilih Jenis Olahraga (indahladya.com)

Salah satu jenis olahraga yang disukai oleh banyak orang yaitu latihan-latihan kardio seperti lari dan sebagainya. Namun, latihan kardio ini tidak disarankan untuk dilakukan ketika berpuasa loh!

Seperti yang telah kita ketahui sebelumnya, olahraga lari ini pastinya akan membutuhkan energi yang lebih besar sehingga kamu cenderung akan mengeluarkan cairan tubuh yang lebih banyak. Jadi berisiko kelelahan deh, hehe.

Eits, tapi jangan khawatir. Masih banyak kok pilihan olahraga yang lain, salah satunya olahraga kekuatan. Meskipun tidak se-intens olahraga kardio, olahraga kekuatan ini cukup bisa membuat tubuhmu menjadi lebih segar namun tidak gampang kelelahan tentunya.

Namun, jika kamu memang kekeh ingin melakukan olahraga kardio ini, sebainya dilakukan menjelang berbuka puasa saja ya, untuk lebih jelasnya akan aku bahas di poin setelah ini ya!

4. Pilih Waktu Berolahraga Terbaik

Memilih Waktu Berolahraga
Memilih Waktu Berolahraga (indahladya.com)

Pemilihan waktu untuk berolahraga saat puasa adalah salah satu tips berolahraga saat puasa yang cukup penting. Meskipun banyak yang mengungkapkan perbedaan pendapatnya dalam memutuskan waktu berolahraga terbaik ini. Namun, hal ini bisa kamu kembalikan ke dirimu sendiri. Karena dirimulah yang paling bisa mengukur kemampuanmu.

Sebagian orang mungkin merasa lebih berenergi ketika melakukan olahraga di pagi hari. Katanya sih kalau udah menjelang berbuka puasa biasanya udah mulai lemes tuh, jadi gak fokus untuk melakukan olahraganya.

Namun, di sisi lain ada banyak juga yang lebih memilih untuk melakukan olahraga menjelang berbuka puasa, at least 1-2 jam sebelum berbuka. Nah, kelompok orang yang memilih waktu berolahraga menjelang berbuka puasa ini memiliki alasan bahwa ia bisa lebih leluasa dalam berolahraga, tanpa harus memikirkan “kira-kira kalau setelah ini aku merasa haus, gimana ya?”. Karena kan udah deket waktu buka puasa tuh! Haha.

Nah, jadi sebenarnya hal ini kembali ke pilihan dan respon tubuh kita masing-masing. Apabila kamu lebih memilih untuk melakukan olahraga ringan di pagi hari agar merasa lebih bugar, it’s okay then. Tapi, kalau lebih memilih olahraga di sore hari karena ingin melakukan olahraga yang cukup berat, seperti latihan kardio, it’s okay juga loh, yang penting kamu harus tetap memperhatikan kondisi tubuhmu dan mengganti cairan tubuh yang hilang saat berolahraga ketika berbuka puasa nantinya.

5. Perhatikan Waktu Tidur

Perhatikan Waktu Tidur
Perhatikan Waktu Tidur (indahladya.com)

Hal yang mungkin terlihat sepela namun ternyata cukup penting dalam tips berolahraga saat puasa ini yaitu memperhatikan waktu tidur. Ketika tubuh kita kekurangan waktu tidur, maka kita akan menjadi mudah lesu dan lelah saat akan melakukan aktivitas di keesokan harinya.

Namun, dengan kualitas tidur yang baik, maka gak akan ada masalah nih misalkan kamu mau berolahraga meskipun saat berpuasa sekalipun. Karena tubuhmu akan menjadi lebih siap saat melakukan jenis latihan olahraga yang kamu pilih nantinya. Jadi, gak boleh lagi ya yang suka nungguin waktu sahur sampai gak tidur! Ingatlah bahwa tubuhmu pun perlu beristirahat, jadi tidak boleh memaksakan diri ya!

Nah, itu dia 5 tips berolahraga saat puasa yang bisa kamu terapkan di bulan Ramadan ini. Kuncinya adalah dengan mempertahankan kesehatan tubuh dan mengukur limit atau batasan kita sendiri. Ingat, berolahraga gak perlu yang berat atau lama-lama kok. Cukup dengan olahraga ringan selama 10 menit, kamu sudah bisa merasakan manfaatnya. Jadi, gimana? Tertarik untuk mencoba juga?

Everything About Ladya . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates