Minggu, April 10

Target Ibadah Puasa Ramadhan
Membuat List Target Ibadah Puasa Ramadhan (indahladya.com)

Meskipun tak jauh berbeda dengan Ramadhan tahun sebelumnya, namun kita tetap harus punya target ibadah puasa Ramadhan tahun ini bukan?

Setelah satu tahun berpisah dengan bulan Ramadhan tahun lalu, kini kita dipertemukan kembali dengan bulan Ramadhan tahun ini. Bulan Ramadhan, sebagai waktu yang paling dinanti-nantikan.

Rasa kantuk ketika harus mempersiapkan sahur, momen berbuka bersama keluarga dan orang-orang terdekat, serta rasa excited untuk pergi ke masjid saat akan menunaikan ibadah sholat tarawih.

Bulan Ramadhan yang Berbeda Tahun ini

Bulan Ramadhan tahun ini memang sedikit berbeda dengan bulan Ramadhan tahun lalu. Di mana saat ini aku harus melewati bulan Ramadhan jauh dari kedua orang tua. Yap, meskipun masa studiku telah selesai, namun memang ada beberapa hal yang mengharuskanku tetap di sini sampai semua kebutuhan administrasi studiku selesai.

Membuat List Target Ibadah Puasa Ramadhan

List Target Puasa Ramadhan
List Target Puasa Ramadhan (indahladya.com)

Untuk mengisi waktu selama berpuasa di bulan Ramadhan, aku memiliki metode yang sedikit berbeda dengan bulan Ramadhan tahun lalu, yaitu dengan membuat list target ibadah puasa Ramadhan.

List target ibadah puasa Ramadhan ini berisi daftar kegiatan yang ingin aku lakukan selama bulan Ramadhan tahun ini.

Kegiatan yang dilakukan pun bisa di isi dengan berbagai hal, mulai dari target puasa, target tilawah al-quran, sholat-sholat sunnah, infaq dan sadaqah, bahkan target hafalan dan muraj’ah al-quran.

Breakdown Target Ibadah Puasa Ramadhan

Mengenai target ibadah puasa Ramadhan ini, biasanya aku pecah menjadi beberapa poin lebih kecil lagi. Misalkan, ketika aku mentargetkan tilawah al-quran 30 juz dalam 1 bulan, maka untuk 1 harinya akan aku targetkan minimal 1 juz.

Breakdown Target Puasa Ramadhan
Breakdown List Target Ibadah Puasa Ramadhan (indahladya.com)

Nah, biasanya sebagai wanita, terkadang kita punya problem nih, di mana akan datang masanya haid sehingga beberapa target yang telah ditentukan sebelumnya jadi tertunda. Untuk mengatasi hal ini, aku akan melebihkan target tilawah 1 hariku bila memang memiliki waktu luang. Pun, ketika setelah masa haidnya berakhir, aku juga akan melebihkan target tilawah 1 hariku untuk tilawah yang tertunda selama masa haid.

Meskipun terlihat sederhana, melakukan breakdown dari target ibadah puasa Ramadhan tahun ini melatih kita untuk menjadi lebih teratur dalam menyelesaikan setiap target ibadah yang telah ditentukan sebelumnya.

Karena apabila target ibadah puasa Ramadhan ini masih tertulis dalam satu hal besar, biasanya kita akan kewalahan di ujung waktu mendekati lebaran apabila list target tersebut belum juga tercapai.

Selain itu, melakukan breakdown dari list target ibadah puasa Ramadhan juga akan membuat kita lebih mengetahui prioritas yang harus didahulukan untuk memenuhi target yang telah ditentukan sebelumnya.

Manfaat List Target Ibadah Puasa Ramadhan

Melakukan list target ibadah puasa Ramadhan memang membuat kita menjadi lebih teratur dalam menjalankan ibadah selama bulan Ramadhan tahun ini, Namun, selain hal tersebut, sebenarnya membuat list target seperti ini akan membuat kita menjadi disiplin dan tentunya terhindar dari hal-hal yang kurang bermanfaat selama bulan suci Ramadhan.

Manfaat-manfaat ini tentunya akan secara tidak langsung kita rasakan sebagai buah yang manis ketika menyelesaikan target ibadah puasa Ramadhan yang telah kita susun sebelumnya. Sebagaimana ketika menyelesaikan to do list di luar bulan Ramadhan, tentunya akan ada kepuasan tersendiri ketika kita berhasil mencentang semua list di dalamnya bukan? Begitu juga dengan list target ibadah puasa Ramadhan tahun ini loh.

Nah, kalau kamu gimana nih, sudah punya target ibadah puasa Ramadhan tahun ini belum? Yuk, sharing di kolom komentar ya!

Everything About Ladya . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates